Bagikan:

Memiliki usaha rumahan saat ini sudah semakin populer karena bisa membantu menopang ekonomi seseorang. Sulitnya mencari pekerjaan, gaji yang rendah, atau bahkan kebutuhan yang semakin banyak menjadi latar belakang mengapa memiliki usaha rumahan adalah sebuah solusi. Karena beberapa di antaranya merupakan usaha rumahan yang menjanjikan.

Banyak juga yang memiliki usaha rumahan bukan semata-mata untuk mencari uang tambahan, tetapi untuk menyalurkan hobi yang dimilikinya. Ibarat sekali mendayung dua sampai tiga pulau terlalui, sama halnya dengan usaha yang berdasarkan hobi ini. Selain mendapat kesenangan, tetapi juga mendapatkan untung.

Usaha rumahan ini juga tidak bisa diremehkan karena walaupun hanya dijalankan secara kecil-kecilan tetapi bisa menjadi usaha besar. Banyak perusahaan-perusahaan besar saat ini yang diawali dengan usaha rumahan.

Jenis-Jenis Usaha Rumahan yang Menjanjikan

 Tanpa mengganggu pekerjaan utama, berikut ini merupakan jenis-jenis usaha rumahan menjanjikan yang bisa Anda tiru:

  1. Usaha Makanan atau Minuman

Makanan dan minuman masih menjadi usaha yang populer dan tidak pernah surut, karena manusia pasti membutuhkan makanan dan minuman. Walaupun bisnis ini memiliki persaingan yang sangat ketat, tapi sebanding dengan jenis makanan atau minuman yang akan Anda jual.

Kita juga tahu bahwa hampir di setiap penjuru tempat pasti ditemukan penjual makanan ataupun minuman. Mulai dari makanan ringan hingga berat dengan mudah anda temui. Untuk bisnis rumahan, Anda bisa membuka catering, kue, roti, gorengan, atau Anda juga bisa membuka rumah makan.

Usaha catering dan rumah makan bisa anda pertimbangkan karena jaman sekarang sudah banyak ibu rumah tangga yang bekerja dan tidak sempat memasak sehingga untuk memenuhi kebutuhan, mereka harus membelinya.

Berbagai acara seperti arisan, acara kantor, pernikahan atau acara lainnya juga lebih sering memesan catering dibandingkan dengan memasak sendiri, sehingga peluang anda lebih besar terutama jika Anda banyak menjalin relasi. Jika Anda cukup kreatif dan berani berinovasi, maka peluang untuk menghasilkan produk makanan atau minuman yang berbeda pun besar.

Baca juga  4 Syarat Mendirikan Usaha Kecil Mikro (UKM) yang Wajib Anda Ketahui

Bisnis makanan ringan seperti gorengan, kue, ataupun roti juga bisa Anda pilih karena mayoritas masyarakat menyukainya, terutama gorengan. Untuk menambah penghasilan, Anda bisa menjualnya dengan menitipkan di kantin sekolah-sekolah. 

  1. Usaha Isi Ulang Pulsa dan Listrik

Saat ini, hampir di semua kalangan baik remaja dan dewasa pasti memiliki telepon genggam, bahkan anak-anak zaman sekarang juga banyak yang telah memilikinya sehingga bisnis isi ulang pulsa menjadi salah satu bisnis rumahan yang menjanjikan. Ya, handphone memang sudah menjadi sebuah kebutuhan utama terutama untuk kelancaran komunikasi.

Jika di sekitar rumah Anda masih jarang ditemui counter pulsa, maka peluang Anda sangat terbuka lebar. Anda juga bisa mempromosikannya kepada rekan-rekan Anda. Selain isi ulang pulsa, Anda juga bisa menjual aksesoris handphone sehingga keuntungan yang anda dapat tidak hanya dari penjualan isi ulang pulsa. 

  1. Usaha Laundry

Kebanyakan masyarakat, terutama yang tinggal di wilayah perkotaan, menjadikan laundry sebagai tempat pencucian pakaian mereka karena kesibukan yang tidak memungkinkan mereka untuk mencuci pakaiannya sendiri. Bisnis laundry akan lebih menguntungkan apabila musim hujan telah tiba. Selain itu, peluang kesuskesan bisnis laundry akan lebih besar jika Anda tinggal di dekat area kampus dan perumahan padat penduduk. Modal utama untuk membangun bisnis ini yaitu sebuah ruangan, mesin cuci, pewangi, dan setrika. 

  1. Air Minum Kemasan Ulang

Air minum sebagai kebutuhan pokok manusia pasti sangat dibutuhkan. Bagi masyarakat perkotaan, mengkonsumsi air minum kemasan ulang dinilai lebih praktis ketimbang harus memasaknya yang membutuhkan waktu tidak sebentar.

Selain itu, di kota-kota besar, air minum bersih semakin sulit didapat sehingga mereka lebih memilih air minum isi ulang. Air minum isi ulang ini pun dijual dengan harga yang terjangkau dengan kebersihan yang terjaga. Untuk memulai bisnis ini, anda bisa memanfaatkan depan rumah anda. Untuk servis yang lebih baik anda bisa memberika  layanan antar jemput cepat kepada pelanggan. 

  1. Steam Motor/Mobil
Baca juga  Perjuangan Inspiratif dari Pebisnis Pisang Ijo Riezka Rahmatiana

Saat ini, sangat sulit menemukan orang yang tidak memiliki kendaraan terutama motor. Di Ibu Kota sendiri, salah satu faktor yang menyebabkan kemacetan adalah banyaknya volume kendaraan pribadi yang melintas. Fenomena ini bisa Anda manfaatkan dengan membuka bisnis steam kendaraan baik motor atau pun mobil.

Sebagian orang cenderung malas untuk mencuci motor karena sudah lelah bekerja, sehingga mereka mengandalkan jasa steam kendaraan sebagai solusinya. Untuk membangun bisnis ini, akan lebih mudah jika dilakukan di pinggir jalan karena banyak kendaraan yang melintas. Usaha ini akan lebih menguntungkan bila musim hujan tiba.

Eksistensi bisnis rumahan saat ini sudah tidak bisa diragukan lagi. Selain bisa memberi pendapatan tambahan, bisnis ini juga berpotensi membuka lapangan kerja bagi orang-orang sekitar.

 

Bagi Anda yang berniat untuk membangun bisnis rumahan, langkah pertama yang harus anda persiapkan adalah jenis bisnis apa yang akan Anda rintis. Selain itu anda juga harus membuat perkiraan modal yang dibutuhkan. Anda bisa membangun bisnis rumahan yang disesuaikan dengan dana yang anda miliki. Namun, jika anda masih belum memiliki cukup dana sementara peluang untuk berbisnis sangat besar, Anda bisa mengajukan sejumlah pinjaman melalui Pegadaian. Berbagai pinjaman yang bisa Anda ajukan di Pegadaian, yaitu:

 

Kredit Cepat & Aman (KCA)

Melalui produk Kredit Cepat & Aman (KCA) Anda bisa mendapat pinjaman mulai dari Rp 50.000, dana yang Anda ajukan langsung ada dalam genggaman dan cari dalam waktu hanya 15 menit saja.

Untuk mempermudah proses pinjaman, Anda juga harus menyerahkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Adapun persyaratan untuk bisa mendapatkan dana melalui KCA ini, Anda harus membawa fotokopi kartu identitas resmi yang masih berlaku (KTP, SIM, atau paspor) dan menyerahkan agunan atau barang jaminan berupa emas (emas perhiasan/batangan), kendaraan, handphone, laptop, dan barang elektronik lainnya. Bagi Anda yang menjadikan kendaraan bermotor sebagai jaminannya, maka wajib membawa BPKP dan STNK yang asli. Kemudian, nasabah akan menandatangai Surat Bukti Kredit (SBK).

Baca juga  Macam-Macam Ide Bisnis Bagi Mahasiswa di Musim Liburan

KRASIDA

Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi, melalui produk KRASIDA(Kredit Gadai Sistem Angsuran), Anda bisa mengajukan pinjaman untuk keperluan tertentu baik, itu yang bersifat produktif atau konsumtif, dengan barang jaminan atau agunan berupa emas.

Untuk mengajukan pinjaman dana melalui KRASIDA ini, Anda bisa mendatangi outlet Pegadaian dengan membawa fotokopi KTP, kartu keluarga, dokumen sah lainnya serta agunan berupa emas. Yang spesial dari produk KRASIDA adalah Anda bisa mendapatkan pinjaman mencapai 95% dari nilai taksiran agunan dengan jangka waktu pinjaman dengan mulai dari 6, 12, 24, hingga 36 bulan.Pelunasan pun dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan pemberian diskon untuk sewa modal.

KREASI

Bagi Anda yang memiliki usaha kecil, Anda bisa mengembangkannya melalui produk Pegadaian yaitu, Kreasi. Produk Kreasi ini memberikan pinjaman pada Anda dengan sistem Fidusia, yang mana barang yang dijadikan jaminan atau agunan hanya surat-surat kendaraan bermotor, yang meliputi BPKB asli, fotokopi STNK, dan faktur pembelian, sehingga kendaraan masih bisa digunakan untuk menunjang usaha Anda.

Untuk mengajukan pinjaman Kreasi, Anda harus memiliki usaha yang memenuhi kriteria kelayakan serta telah berjalan minimal selama satu tahun. Berkas atau dokumen yang harus Anda serahkan meliputi fotokopi KTP, kartu keluarga, dan surat nikah bagi Anda yang telah menikah, serta persyaratan utama yaitu agunan berupa dokumen kepemilikan kendaraan berupa BPKB asli atau Bukti Pemilik Hak Tempat Berjualan (BPHTB).

Dengan proses yang mudah dan cepat, pinjaman mulai dari Rp 1 juta sampai dengan Rp 200 juta bisa dalam genggaman untuk mengembangkan bisnis dan kendaraan tetap bisa Anda gunakan

 

Demikian ulasan mengenai 5 usaha rumahan yang menjanjikan. Semoga bermanfaat!