Bagikan:

Travelling menjadi salah satu hobi yang banyak dimiliki masyarakat. Pergi ke suatu tempat yang belum pernah dijamah sebelumnya, mencari pengalaman, dan bertemu dengan orang-orang baru merupakan beberapa hal yang melatarbelakangi mengapa seseorang suka travelling. Dewasa ini, travelling bukan hanya sekedar hobi saja, tetapi sudah menjadi solusi untuk menyegarkan diri (refreshing) setelah diterpa kesibukan sehari-hari.

Kini, travelling seolah sudah menjadi gaya hidup bagi kaum urban, khususnya generasi milenial. Sejalan dengan tingginya minat travelling masyarakat, bisnis travel pun menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan saat ini.

Bisnis travel merupakan bisnis yang bergerak di bidang transportasi, yang meliputi transportasi darat, udara, hingga laut yang memudahkan para pelancong untuk bepergian. Hampir semua orang membutuhkan jasa travel untuk ke luar kota, ke luar negeri, bahkan untuk urusan wisata religi.

Tips Mudah Memulai Bisnis Travel

 Bisnis travel juga menjadi salah satu bisnis yang selalu dibanjiri konsumen, terutama menjelang Hari Raya atau musim liburan. Peluang yang diberikan dari bisnis ini cukup besar mengingat travelling kini telah menjadi gaya hidup. Tapi sayangnya, tidak semua orang bisa meraih peluang ini karena minimnya pemahaman untuk menggeluti bisnis travel, terutama bagi pemula. Bagi Anda yang ingin memiliki bisnis travel, berikut ini 5 tips mudah memulai bisnis travel yang harus Anda pahami: 

Tentukan Jenis Bisnisnya

Bisnis travel umumnya merupakan bisnis yang melayani konsumen untuk berwisata. Tapi nyatanya, bisnis travel memiliki cakupan yang luas. Tidak hanya untuk liburan dan pergi haji atau umroh, bisnis travel juga menyediakan keperluan lainnya seperti pengurusan visa dan paspor, pemesanan kamar hotel, dan lainnya.  Sebagai pemula, lebih baik memilih satu jenis travel yang akan digeluti. Setelah menentukan jenis travel, maka Anda bisa fokus dan lebih mudah mempelajari apa saja yang diperlukan.

Baca juga  Manisnya Bisnis Sewa Mobil Saat Lebaran

Membangun Brand

Brand (merek) sangat penting bagi kelangsungan dan kesuksesan bisnis apapun, tak terkecuali bisnis travel ini. Bisa dikatakan bahwa bisnis yang sukses ialah bisnis dengan brand yang dikenal masyarakat dengan baik. Memiliki brand yang unik memiliki peluang besar untuk menarik lebih banyak konsumen. Buatlah brand yang mudah diingat, mudah didengar dan enak dilihat. Jangan membuat brand yang sulit pengucapannya sehingga akan sulit diingat pula.

Promosi

Tidak ada bisnis yang tidak membutuhkan promosi. Promosi ini digunakan agar bisnis berjalan sukses dan dikenal banyak orang. Untuk promosi bisnis travel ini, Anda bisa memilih dengan cara online maupun offline. Berbeda dengan promosi online, promosi offline merupakan jenis promosi yang menggunakan media konvensional seperti koran, majalah, memasang pamflet, atau membagi-bagikan brosur.

Jika Anda ingin beriklan dengan biaya yang tidak terlalu besar, Anda bisa memanfaatkan pemasaran online yang juga bisa menjangkau banyak orang. Untuk pemasaran online ini Anda bisa memanfaatkan internet dengan membuat website bisnis, hingga beriklan dengan menggunakan sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan jenis media sosial lainnya.

Perluas Relasi  Bisnis

Bisa dikatakan, orang yang sukses adalah orang yang memiliki jaringan yang sangat luas. Begitupun dengan bisnis. Untuk mengembangkan kemampuan berbisnis, memperluas relasi atau jaringan adalah jawabannya, karena semakin luas jaringan bisnis Anda, peluang untuk sukses juga semakin besar. Terutama untuk bisnis travel ini yang akan banyak berinteraksi dengan banyak mitra bisnis. Anda bisa bekerjasama dengan maskapai pesawat, pengusaha restoran, pemilik hotel atau vila, pemerintah, hingga pengelola tempat wisata dan masih banyak mitra bisnis lain yang bisa diajak bekerjasama untuk saling memberikan keuntungan.

Memberikan Pelayanan Terbaik

Memberikan pelayanan terbaik menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan suatu bisnis. Konsumen saat ini juga sangat memperhatikan pelayanan yang kiranya akan mereka dapatkan. Mereka akan suka dan terkesan apabila pelayanan dari bisnis ini memperhatikan kebutuhan mereka. Mengerti kebutuhan konsumen merupakan salah satu jenis pelayanan yang harus Anda berikan. Anda juga bisa memberikan harga yang tidak terlalu mahal dan tentunya bersikap baik dan sopan atas segala pertanyaan konsumen adalah hal yang terpenting. Bila memungkinkan Anda juga bisa memberikan layanan pelanggan 24/7.

Baca juga  5 Peluang Usaha di Tahun 2018

Memiliki bisnis travel memang sangat menggiurkan karena praktis. Sebagai contoh, Anda tidak memerlukan tempat yang megah atau luas untuk menjalankan bisnis ini. Bahkan, rumah Anda sendiri juga bisa dimanfaatkan. Dengan bermodal tempat yang strategis, Anda sudah bisa memulai bisnis ini.

Tapi, apakah cukup dengan bermodal tempat strategis saja? Tentu saja tidak, karena Anda harus mempersiapkan hal-hal lainnya yang tentunya akan memerlukan biaya. Mungkin banyak di antara Anda yang bermimpi untuk memiliki bisnis travel tapi terkendala biaya sehingga memilih untuk mengurungkan niat tersebut. Anda tidak perlu khawatir, kejarlah mimpi Anda hingga ke negeri Tiongkok sekalipun. Untuk beberapa masalah, selalu ada solusi di baliknya. Seperti halnya masalah dana untuk memulai bisnis ini.

Anda bisa mempertimbangkan untuk meminjam sejumlah dana dari lembaga keuangan untuk memulai bisnis travel ini. Salah satunya melalui lembaga keuangan terpercaya milik pemerintah yaitu Pegadaian. Pegadaian memberikan solusi dari masalah keuangan yang sedang Anda hadapi. Beberapa produk Pegadaian yang bisa Anda pertimbangkan untuk membangun bisnis ini, di antaranya:

KCA (Kredit Cepat Aman)

Untuk membantu memulai bisnis travel, Anda bisa melakukan pinjaman melalui produk KCA dengan proses yang mudah, cepat dan tentunya aman. Untuk mendapat pinjaman dana, agunan/jaminan yang disyaratkan oleh Pegadaian pun bervariasi, mulai dari perhiasan emas, emas batangan, berlian, kendaraan, barang elektronik, sampai dengan gadget. KCA bisa memberikan Anda pinjaman hingga Rp 1 miliar atau lebih dengan jangka waktu pinjaman maksimal 120 hari dan dapat diperpanjang. Syarat untuk mendapatkan pinjaman melalui KCA pun cukup mudah, yaitu hanya menyerahkan fotokopi kartu identitas resmi yang masih berlaku, dan menyerahkan barang jaminan.

Gadai Bisnis

Baca juga  Peluang Bisnis Oleh-Oleh Khas Daerah

Gadai Bisnis merupakan fitur dari KCA untuk pendanaan bisnis dengan proses yang juga mudah, cepat, dan tentunya aman. Anda bisa mendapat pinjaman dari Gadai Bisnis mulai dari Rp 100 juta sampai lebih dari 1 milyar dengan sewa modal mulai dari 0,65% per 15 hari. Jangka waktu peminjaman produk ini juga bisa diperpanjang berulang kali. Ada pun persyaratan untuk mengajukan pinjaman ini Anda hanya membayar biaya administrasi sebesar Rp 100.000 dengan barang jaminan berupa emas perhiasan atau emas batangan.

Krasida

Untuk mendapatkan pinjaman dengan agunan berupa emas, Anda bisa mengajukan melalui produk Krasida yang memberikan pinjaman mulai dari Rp 1.000.000 sampai dengan Rp 250.000.000 atau lebih dengan pinjaman maksimal 95% dari nilai transaksi agunan. Pinjaman ini memiliki pilihan jangka waktu yang bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda, yaitu 6, 12, 24, dan 36 bulan. Untuk mengajukan pinjaman, Anda hanya perlu menyerahkan fotokopi identitas pribadi dan emas sebagai barang jaminan.

Banyak jalan ketika Anda memiliki sebuah impian terutama memulai sebuah bisnis travel, termasuk untuk urusan modal. Persiapkan diri dengan bekal pengetahuan mengenai bisnis ini penting Anda lakukan. Jangan takut dengan risiko yang mungkin akan Anda hadapi nantinya, karena setiap bisnis memiliki risikonya masing-masing. Yang terpenting adalah Anda harus siap menyikapinya. Selamat mencoba berbisnis travel!