Merintis usaha baru membutuhkan strategi yang matang agar tidak kehilangan arah.
Bagikan:

Apakah Anda bosan kerja di kantor dan punya keinginan memulai sebuah usaha? Namun, Anda bingung harus mulai dari mana? Merintis usaha baru tentu membutuhkan persiapan yang matang agar Anda tidak kehilangan arah di tengah jalan. Selain modal finansial dan mental yang kuat, strategi mengarungi persaingan di dunia usaha juga harus dipikirkan.

Belajar dari pihak yang sudah berpengalaman dapat menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan. Tak melulu tentang bagaimana meraih omzet yang menguntungkan, seorang pengusaha juga perlu mengetahui strategi bertahan di dunia wirausaha. Nah, ada baiknya Anda menyimak dahulu tips sukses membuka usaha berikut.

  • Pilih Bidang yang Anda Suka untuk Merintis Usaha
    Diperlukan niat awal yang kuat untuk memulai sebuah usaha. Meninggalkan kenyamanan kerja di kantor bergaji tetap demi merintis usaha, tentu butuh dorongan kuat untuk melakukannya. Cara yang paling mudah adalah mencari ide usaha dari hal yang paling Anda sukai. Coba gali hobi atau passion yang biasanya Anda lakukan dengan hati gembira.
    Misalnya saja Anda memiliki hobi menjelajah alam. Anda bisa mencoba membuka usaha berjualan atau persewaan alat-alat hiking. Nah, apabila menjelajah alam sudah mendarah daging dalam diri, tentu tidak akan kesulitan mencari ide segar untuk merintis usaha. Dari hobi yang sehari-hari ditekuni, tentu Anda lebih mengetahui seluk-beluk dunia tersebut. Hal ini juga sangat efektif untuk mendongkrak kepercayaan diri Anda saat pertama kali menjalankan usaha mandiri.
  • Pelajari Segala Ilmu yang Relevan dalam Merintis Usaha
    Setelah mengetahui bidang usaha yang akan dijalankan, selanjutnya Anda perlu membekali diri dengan ilmu dan riset yang berkaitan dengan dunia usaha. Apa? Belajar lagi? Tidak bisa sambil jalan saja?Nah, terkadang seorang wirausahawan pemula merasa malas membekali diri dengan ilmu. Katanya yang penting adalah menjalankan usahanya dulu meski hanya modal nekat. Memang ada benarnya. Namun bila Anda mengetahui ilmunya, ibarat Anda memegang peta untuk menjelajah rimba raya. Anda tak perlu tersesat dan memutar jauh karena sudah tahu ke mana harus melangkah.
    Beberapa ilmu penting yang terkait untuk berwirausaha antara lain ilmu marketing, akuntansi, strategi bisnis, komunikasi dan cara membaca pasar. Anda juga perlu memiliki data riset tentang bidang usaha yang dipilih. Misalnya saja apa produk yang sedang tren, rentang usia sasaran pembeli, peta persaingan usaha, juga antisipasi kendala yang mungkin muncul dari usaha tersebut.
  • Memiliki Mental Tahan Banting
    Saat usaha sudah mulai berjalan, tentu akan banyak kendala yang dihadapi. Diperlukan mental setangguh baja untuk menghadapi segala situasi yang mungkin muncul. Mendapat customer yang menyebalkan, ditipu orang, atau mungkin mengalami kerugian adalah hal-hal yang sangat mungkin terjadi saat memilih untuk merintis usaha. Namun, Anda tak harus menjadikannya sumber kesedihan berkepanjangan. Justru jadikanlah hal tersebut sebagai tantangan dan sarana belajar untuk menciptakan strategi dan inovasi baru untuk bertahan di dunia usaha.
  • Menciptakan Koneksi Seluas Mungkin
    Saat sudah memasuki dunia usaha, semua keuntungan dan risiko akan Anda tanggung sendiri. Segala keputusan ada di tangan Anda, apakah akan mempertahankan keadaan atau mungkin akan membuka cabang baru. Nah untuk memperluas wawasan, Anda perlu menciptakan koneksi yang luas dengan orang-orang yang mungkin berpengaruh. Ikutilah pameran-pameran, gathering atau komunitas pengusaha untuk saling bertukar pikiran. Siapa tahu dari sana akan ada peluang untuk menjalin kerja sama dan memperluas usaha Anda.
  • Kerahkan Energi Kreatif Setiap Saat
    Untuk bertahan menjadi enterpreneur sukses, Anda perlu selalu berpikir kreatif dan inovatif. Kini persaingan semakin kuat. Bila usaha Anda jalan di tempat, bisa jadi pelanggan akan beralih ke kompetitor. Sering-seringlah menjadi pengamat dan belajar dari pengalaman orang lain untuk mendapat ide segar. Sesekali refreshing juga akan menyegarkan kembali pikiran Anda. Jangan takut untuk mencoba hal baru dan selalu optimis.
Baca juga  5 Bisnis Online Terbaru yang Dapat Anda Coba

Nah dengan membaca tips di atas, sudahkah Anda terpikir usaha apa yang akan Anda buat? Atau malah semakin membuat bingung? Namun percayalah—mengutip kata-kata pengusaha sukses Bob Sadino,

“Bisnis yang bagus adalah bisnis yang dijalankan, bukan ditanyakan terus.”

Maka mulailah merintis usaha Anda sejak sekarang!

Merintis usaha dapat dimulai dari sekarang namun untuk memulainya dibutuhkan strategi agar menemui kesuksesan.

Download Free “Ebook Segera Memulai Bisnis Sekarang Juga (Part 2)” Di Sini!