Bagikan:

Berbisnis menjadi profesi yang banyak diminati oleh masyarakat. Bisnis jenis apapun memiliki peluang kesuksesan jika dikelola dengan benar, salah satunya peluang usaha ternak. Hewan ternak memiliki nilai ekonomis yang terbilang tinggi karena hasil panennya bisa digunakan untuk konsumsi sehari-hari, bahan baku produksi, dan lain sebagainya.

Indonesia dianugerahi dengan ketersediaan sumber daya alam yang melimpah dan letak geografis yang sangat mendukung untuk usaha ternak ini. Selain itu, Indonesia juga memiliki iklim dengan banyak rumput dan aneka tumbuhan yang menjadi sumber pangan hewan ternak.

Peluang usaha ternak yang menguntungkan dalam waktu singkat merupakan jenis usaha yang banyak digemari oleh pengusaha dalam negeri. Untuk berbisnis hewan ternak ini memang lebih cocok dijalankan di wilayah pedesaan yang masih asri, memiliki udara yang sejuk serta bahan pangan hewan yang melimpah. Selain itu, masih banyaknya ketersediaan ruang atau lahan untuk bisnis ini menjadi salah satu pertimbangan karena wilayah perkotaan yang umumnya sangat padat. 

Ternak Paling Mudah dan Menghasilkan

 Menjalankan bisnis ternak ini sebenarnya tidak sulit asalkan dikelola dengan serius, memiliki manajemen yang baik, dan tentunya pengetahuan tentang bagaimana mengelola hewan ternak yang menjadi bisnis Anda. Untuk Anda yang berminat untuk berbisnis hewan ternak, berikut ini merupakan 5 ternak paling mudah dan menghasilkan:

Ternak Ayam

Permintaan telur dan daging ayam yang besar menjadikan bisnis ternak ayam tergolong menjanjikan. Hal ini dikarenakan daging dan telur ayam menjadi salah satu kebutuhan utama bagi masyarakat karena kandungan protein yang tinggi. Ada banyak jenis ayam yang bisa diternakkan, antara lain ayam pedaging, ayam petelur, maupun ayam kampung. Ayam pedaging atau ayam boiler memiliki peluang keuntungan yang besar menjelang hari besar terutama Idul Fitri karena permintaan yang cukup banyak.

Baca juga  Strategi Pemasaran Untuk UKM

Ternak Ikan Lele

Bisnis ternak ikan lele merupakan salah satu favorit para pebisnis karena masa panen ikan lele yang relatif singkat. Dalam waktu kurang dari tiga bulan saja para peternak sudah bisa merauk keuntungan yang besar. Kelebihan lain dari ternak ikan lele adalah dapat dilakukan di lahan yang sempit sehingga bisa menggunakan kolam yang terbuat dari terpal. Seperti diketahui ikan lele merupakan ikan yang banyak dikonsumsi masyarakat. Ikan lele ini banyak dijadikan menu hidangan di beberapa rumah makan ataupun warung pecel lele.

Ternak Kambing

Peluang usaha ternak lainnya yang menguntungkan dalam waktu singkat yaitu ternak kambing. Kambing merupakan hewan yang mudah dipelihara. Hewan pemakan rumput ini bisa dipelihara dengan sistem kandang maupun dibiarkan menggembala di alam bebas. Ternak hewan ini memiliki nilai ekonomis yang besar karena banyak dicari orang untuk dijadikan hewan kurban, untuk hidangan berbagai acara seperti khitanan, pernikahan dan dapat dijadikan bahan baku untuk usaha sate, soto atau pun gulai kambing. Selain itu, menjelang hari raya Idul Adha kambing banyak dicari sehingga keuntungan yang didapat bisa berlipat-lipat.

 Ternak Bebek

Seperti halnya ternak ayam, ternak bebek juga menjadi salah satu ternak hewan yang menguntungkan. Selain daging bebek yang dikenal memiliki cita rasa tinggi, telur bebek juga bisa diambil manfaatnya. Harga telur bebek di pasaran pun lebih tinggi dibandingkan dengan telur ayam sehingga keuntungan yang didapat juga lebih besar.

 Ternak Belut

Ternak belut menjadi salah satu bisnis yang patut dipertimbangkan karena mudah dijalankan dengan modal yang tidak terlalu besar. Daging belut juga dikenal memiliki cita rasa yang tinggi. Di pasaran, daging belut bisa dijual sekitar Rp 30.000/kg. Kelebihan lain dari bisnis ternak belut ini yaitu tidak memerlukan lahan yang besar. Sama seperti ternak lele, ternak belut bisa dilakukan di lahan terbatas menggunakan drum ataupun kolam kecil.

Baca juga  Rio Haryanto Berniat Meneruskan Bisnis Keluarga

Memiliki bisnis apapun memiliki keuntungan berhasil jika dikelola dengan benar, termasuk bisnis ternak hewan. Selain memiliki manajemen yang baik seperti yang telah disinggung sebelumnya, pengetahuan mengenai hewan ternak yang Anda pilih dan bagaimana cara merawatnya pun harus Anda kuasai. Karena jika salah merawat hewan, akan menyebabkan hewan tersebut sakit yang berpengaruh pada usaha Anda.

Memiliki bisnis ternak hewan merupakan dambaan, baik sebagai pendapatan utama atau sekedar menjadi usaha sampingan mengingat potensi keuntungan yang diperoleh cukup tinggi. Ada beberapa jenis hewan yang tidak memerlukan modal besar untuk memulainya, dan adapula yang membutuhkan dana yang besar. Selain modal usaha, Anda juga harus memikirkan biaya perawatan hewan tersebut. Maka dari itu, untuk memulai usaha ini harus disesuaikan dengan kondisi financial Anda.

Jika Anda merasa ragu untuk membangun bisnis ternak hewan karena terkendala modal usaha, Pegadaian bisa menjadi pertimbangan Anda sebagai solusi. Melalui berbagai jenis produk yang ditawarkan, Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Adapun produk-produk pembiayan Pegadaian, yaitu:

 Kredit Cepat & Aman (KCA)

Produk KCA dari Pegadaian merupakan solusi bagi Anda untuk mendapat pinjaman dengan mudah, cepat dan tentunya aman. Untuk mendapat pinjaman dana, agunan/jaminan yang bisa diserahkan yaitu perhiasan emas, emas batangan, berlian, kendaraan, barang elektronik, dan gadget. Anda bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp 50.000 dengan jangka waktu 120 hari dan dapat diperpanjang. Syarat untuk mendapatkan pinjaman ini yaitu menyerahkan fotokopi kartu identitas resmi yang masih berlaku, dan menyerahkan barang jaminan.

KRASIDA (Kredit Gadai Sistem Angsuran)

Bagi Anda yang ingin mendapatkan pinjaman untuk modal usaha ternak hewan dengan agunan berupa emas, Anda bisa mengajukannya melalui produk KRASIDA. Keunggulan dari produk ini Anda bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp 1.000.000 sampai dengan Rp 250.000.000 dengan pinjaman maksimal 95% dari nilai transaksi agunan. Pinjaman ini memiliki pilihan jangka waktu yang bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda, yaitu 6, 12, 24, dan 36 bulan. Untuk mengajukan pinjaman, Anda hanya perlu menyerahkan fotokopi identitas pribadi dan emas sebagai barang jaminan.

Baca juga  5 Ide Bisnis Makanan Ringan dengan Margin Keuntungan Besar

Gadai Bisnis

Gadai Bisnis merupakan fitur dari KCA sebagai solusi untuk pendanaan bisnis Anda. Prosedur pinjaman dari produk ini mulai dari Rp 100.000.000 hingga lebih dari Rp 1 milyar dengan sewa modal mulai dari 0.65% per 15 hari. Persyaratan untuk mengajukan pinjaman ini Anda harus membayar biaya administrasi sebesar Rp 100.000 dengan barang jaminan berupa emas perhiasan atau emas batangan.

Kreasi

Bagi Anda yang telah memiliki usaha ternak hewan namun masih dengan skala kecil, Anda bisa mengembangkannya melalui produk Pegadaian yaitu, Kreasi. Dengan proses yang mudah dan cepat, pinjaman mulai dari Rp 1 juta sampai dengan Rp 200 juta bisa dalam genggaman untuk mengembangkan bisnis dan kendaraan tetap bisa Anda gunakan, karena menggunakan sistem fidusia. Untuk mengajukan pinjaman Kreasi, Anda harus memiliki usaha yang memenuhi kriteria kelayakan serta telah berjalan minimal selama satu tahun. Berkas atau dokumen yang harus Anda serahkan meliputi fotokopi KTP, kartu keluarga, serta persyaratan utama yaitu agunan berupa dokumen kepemilikan kendaraan berupa BPKB asli atau Bukti Pemilik Hak Tempat Berjualan (BPHTB).

Demikianlah ulasan mengenai 5 peluang usaha ternak yang menguntungkan dalam waktu singkat. Permintaan yang tinggi untuk hewan ternak ini menjadikan bisnis ternak hewan menjanjikan. Semoga bermanfaat!