Bagikan:

Sebaik-baiknya bulan yang ada dalam satu tahun, Ramadan berada di posisi paling atas. Muslim di Indonesia menganggap bulan ini sebagai bulan berkah. Tidak hanya masalah amalan yang dilakukan selama bulan itu saja. Pada bulan ini ada banyak kesempatan untuk menjalani usaha kreatif meski hanya sementara saja.

Kalau Anda memiliki nyali berbisnis yang besar dan ingin mencoba hal baru, kenapa tidak memanfaatkan peluang usaha kreatif saat puasa saja. Pada bulan ini permintaan sangat tinggi dan banyak orang tidak sayang dengan uang asal bisa terpenuhi segala kebutuhan harian dan juga ibadahnya.

Berikut lima peluang usaha kreatif saat bulan puasa yang bisa Anda coba dan perjuangkan agar lebaran punya banyak tambahan uang.

  1. Katering Sahur dan Berbuka
    Kalau Anda kebetulan tinggal di kawasan kampus atau perkantoran, kenapa tidak mencoba peluang untuk membuka katering sahur dan berbuka. Beberapa minggu sebelum berpuasa, coba sebarkan brosur dan cari calon pembeli yang ingin diantarkan sahur dan juga berbukanya dengan cepat, mudah, dan juga enak.
    Saat puasa tiba, beberapa orang sering malas masak karena sudah lemas dan banyak pekerjaan. Untuk itu, coba penuhi semua kebutuhan mereka dengan memanfaatkan peluang usaha kreatif ini. Kalau ke depannya usaha ini terus berjalan, Anda bisa meneruskannya untuk katering makan siang pasca Lebaran.
  2. Bisnis Baju Distro
    Memiliki baju baru saat Lebaran sudah menjadi tradisi di masyarakat. Jadi, selesu apa pun pergerakan ekonomi sekarang, baju baru tetap dicari oleh masyarakat. Anda bisa memanfaatkan momen ini dengan menjual aneka baju model terbaru yang sekiranya akan disukai oleh masyarakat dan diburu untuk lebaran.
    Anda bisa menjual aneka pakaian ini secara langsung door-to-door, melalui media sosial, atau menaruhnya di toko online. Manfaatkan momen ini dengan baik karena dalam satu bulan saja permintaan baju baru meningkat dengan tajam. Kalau tren ini terus berlanjut, Anda bisa melanjutkan usaha kreatif ini sampai setelah lebaran.
  3. Usaha Kreatif Aneka Kue
    Apalagi yang dicari oleh masyarakat saat mulai puasa dan akhirnya Lebaran tiba kalau bukan kue. Tradisi menyajikan kue di ruang tamu telah menjadi peluang bisnis besar di kalangan masyarakat. Anda bisa menjual aneka kue kering atau kue kemasan lain yang menarik dan diminati oleh banyak masyarakat.
    Jangan berpatokan pada satu jenis kue atau makanan saja. Lebih baik menjual apa yang dibutuhkan masyarakat. Carilah supplier sebanyak-banyaknya sehingga kalau ada pesanan, Anda bisa segera mengirimnya kepada pembeli.
    Coba cari peruntungan sebanyak-banyaknya dari usaha ini. Siapa tahu, keuntungannya bisa digunakan untuk membuat usaha baru pasca lebaran.
  4. Parsel yang Menarik
    Parsel adalah hal yang paling dicari oleh beberapa lapisan masyarakat pun perusahaan. Parsel yang dijual di pasaran ada berbagai jenis. Ada parsel dengan isi aneka kue kering dan beberapa perlengkapan salat. Selain itu ada juga parsel yang isinya aneka jenis pakaian yang bisa digunakan saat nanti Lebaran.
    Anda bisa membuka usaha kreatif dengan menyediakan parsel dengan aneka tema yang bisa dipilih. Kalau ada pelanggan yang ingin parsel dengan tema tertentu, Anda bisa membuatkannya secara khusus agar apa yang diberikan sesuai dengan harapan.
  5. Menjual Kurma
    Buah yang harus ada saat puasa tiba adalah kurma. Buah ini dikonsumsi saat sahur atau saat berbuka puasa. Masyarakat akan mencari kurma apa pun jenisnya untuk melengkapi kegiatan ibadahnya atau untuk disajikan kalau ada tamu yang datang ke rumah. Lebih lanjut, kurma kerap dibeli untuk acara-acara seperti buka puasa bersama atau dibagikan sebagai takjil di masjid.
    Naiknya permintaan kurma di pasaran bisa Anda manfaatkan dengan baik. Carilah supplier kurma terbaik. Beli kurma yang diminati oleh masyarakat dan susah dicari. Misal kurma impor yang memiliki rasa manis dan masih segar.
Baca juga  3 Jenis Wirausaha Beserta Contohnya yang Perlu Anda Ketahui

Berbagai momen yang ada memang tidak boleh kita lewati, apalagi hal tersebut sebenarnya bisa membawa keuntungan bagi Anda. Melihat sebentar lagi datangnya bulan Ramadan, ada banyak peluang usaha kreatif yang bisa Anda lakukan untuk mengais rezeki di bulan yang penuh berkah ini. Salah satunya Anda dapat melihat peluang tersebut dari bisnis kreatif yang ada di atas pada saat bulan suci Ramadan.

Bagi Anda yang membutuhkan dana awal untuk pembiayaan bisnis kreatif yang ingin Anda jalankan tidak perlu khawatir karena di Pegadaian melalui produk Kredit, Cepat dan Aman (KCA), Anda bisa mendapatkan dana pinjaman mulai dari 50 ribu rupiah dengan barang jaminan berupa emas perhiasan, logam mulia, kendaraan bermotor dan mobil. Proses pengajuan yang cepat, aman, dan juga pelunasan pinjaman dapat dilakukan sewaktu-waktu tanpa Anda harus menunggu setiap bulannya. Perhitungan sewa modal juga dilakukan selama masa pinjaman dan jangan khawatir pinjaman dapat diterima dalam bentuk tunai atau bisa langsung di transfer ke rekening Anda.
Lakukan usaha kreatif apa pun yang serinya bisa mendatangkan keuntungan saat bulan puasa. Jangan memikirkan ini dan itu, kalau belum mencoba. Seperti kata Jim Rohn,

If you really want to do something, you’ll find a way. If you don’t, you’ll find an excuse.

Kalau niat pasti ada jalannya kok, tenang saja!