Bagikan:

Berwirausaha merupakan profesi yang kian banyak diminati oleh banyak orang, baik sebagai pekerjaan utama atau sekedar usaha sampingan. Memiliki usaha sendiri berarti kita sendiri yang mengembangkan konsep, mengontrol urusan keuangan, sampai dengan waktu kerja karena wirausahawan tidak terikat oleh jam kerja seperti layaknya karyawan. Penghasilan yang naik turun juga menjadi warna tersendiri di dunia usaha. Karena apabila ingin mendapatkan pendapatan yang tinggi, maka akan sangat bergantung pada bagaimana pelaku usaha mengelola dan menjalankan usahanya.

Melihat peluang usaha 2018 mendatang, bisa dikatakan bahwa sektor wirausaha mampu menambah hingga mengubah nilai suatu barang atau jasa melalui sebuah inovasi, karena sejatinya seorang wirausahawan adalah mereka yang pandai melihat peluang di sekelilingnya.

 Peluang Usaha di Tahun 2018

Sebagai contoh, berkat adanya inovasi dan kreativitas, jasa transportasi ojek kini berbeda dengan ojek yang dulu. Melalui perangkat teknologi, kita bisa memesan ojek secara online dan dalam beberapa menit kemudian ojek tersebut menjemput kita. Munculnya fenomena ojek online ini merupakan sebuah inovasi yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat saat ini, yaitu praktis.

Jasa ojek online merupakan salah satu contoh dari peluang usaha yang ada. Di era yang sekarang serba canggih, banyak bermunculan usaha-usaha baru. Jenis usaha ini bisa usaha yang benar-benar baru atau modifikasi dari usaha sebelumnya.

Tahun 2018 yang tinggal menghitung minggu tentunya memberikan berbagai peluang usaha bagi mereka yang ingin menggeluti dunia usaha. Jika di tahun 2017 tren usaha didominasi oleh berbagai macam kuliner dan e-commerce, bagaimana dengan peluang usaha 2018? Berikut ini merupakan beberapa peluang usaha di tahun 2018:

1. Bisnis Kuliner Unik

Baca juga  5 Contoh Usaha Kecil di Desa yang Sangat Menjanjikan

Bisnis kuliner sepertinya menjadi bisnis yang tidak akan pernah mati. Selama manusia masih ada, manusia akan terus membutuhkan makanan, maka bisnis kuliner pun akan selalu ada. Bisnis kuliner di tahun 2017 didominasi oleh kuliner unik yang dikemas dengan begitu menarik sehingga mengundang perhatian banyak orang. Bisnis kuliner unik pun sukses menjadi perbincangan banyak orang dan menjadi tren tersendiri di dunia maya. Kuliner unik ini beragam jenisnya, ada yang berupa makanan berat, ada yang berupa makanan ringan atau jajanan, dan ada juga minuman-minuman unik yang ada di pasaran.

Di tahun 2018 sepertinya kuliner unik masih akan menjadi tren di kalangan masyarakat. Jenis kuliner unik yang dijual pun diperkirakan akan terus bertambah. Anda bisa mempertimbangkan untuk membuka usaha makanan unik yang belum terpikirkan sebelumnya atau memodifikasi makanan yang sudah ada menjadi sesuatu yang baru.

2. Startup

Startup nampaknya masih menjadi usaha yang semakin banyak diminati, terlebih setelah adanya dukungan pemerintah dengan mengadakan gerakan seribu startup di tahun 2020. Saat ini kita mengenal beberapa startup besar seperti Gojek, Traveloka, Tokopedia, dan lainnya. Di tahun 2018 dipastikan akan ada beberapa startup lain yang akan bermunculan. Untuk memulai usaha ini, Anda bisa melihat apa yang sedang dibutuhkan oleh banyak orang, dan kemudian Anda bisa membuat aplikasinya.

3. Bisnis Online

Masyarakat saat ini lebih banyak yang memilih belanja online karena kepraktisannya. Bertebarnya online shop saat ini bagaikan surga dunia di tengah berbagai aktivitas yang tidak jarang membuat orang-orang menjadi super sibuk. Tidak perlu keluar rumah untuk mencari apa yang dibutuhkan, mereka hanya perlu membuka gadget dan memilih apa yang mereka cari di online shop. Bagi Anda yang telah memiliki usaha, Anda juga bisa menjualnya dengan memanfaatkan media online, yaitu melalui berbagai platform media sosial yang ada seperti Instagram dan Facebook.

Baca juga  Menyebarkan Inspirasi Investasi Emas Lewat Seminar Kemilau Emas

4. Internet Marketing

Saat ini, jasa internet marketing sudah cukup marak. Namun bisnis ini masih akan menjadi salah satu peluang usaha yang bakal besar di tahun 2018 mendatang. Banyak pengusaha atau produsen yang kini memanfaatkan internet sebagai medium pemasarannya. Pemasaran melalui internet ini lantaran aktivitas manusia yang lebih banyak berselancar di dunia online. Jasa pemasaran online seperti GoogleAdWords, Facebook Ads, hingga SEO menjadi jasa yang paling banyak digunakan.

5. Cleaning Service

Mencari asisten rumah tangga saat ini terbilang sulit karena tarifnya yang semakin mahal. Belakangan ini, tren usaha cleaning service tengah menjadi tren di kota-kota besar seperti Jakarta atau Surabaya. Tahun berikutnya, usaha ini diperkirakan memiliki permintaan yang semakin besar terutama ketika menjelang Hari Raya, di mana akan banyak yang membutuhkan cleaning service untuk membersihkan rumah karena banyak pemilik rumah yang pulang ke kampung halaman.

 

Tahun baru akan segera tiba. Segera buat resolusi yang ingin Anda capai di tahun 2018, termasuk impian yang selama ini Anda dambakan seperti memiliki sebuah usaha. Membangun sebuah usaha memang terlihat mudah bagi mereka yang memiliki modal usaha. Seperti pepatah, banyak jalan menuju Roma. Begitu pun dengan membangun bisnis, ada berbagai cara yang bisa ditempuh untuk mewujudkannya, termasuk untuk modal.

Karena kita hidup di zaman yang serba mudah, Anda juga bisa dengan mudah membangun usaha. Jika Anda memiliki aset berharga, mengapa tidak Anda gadaikan untuk modal usaha? Anda bisa mengajukan pinjaman dengan menggadaikan barang melalui berbagai produk yang ditawarkan oleh Pegadaian. Beberapa produk Pegadaian yang cocok untuk mengembangkan bisnis di antaranya:

KRASIDA (Kredit Gadai Sistem Angsuran)

Baca juga  4 Peluang Usaha Ternak yang Menjanjikan

KRASIDA bisa menjadi solusi terpercaya untuk mendapatkan fasilitas kredit secara cepat dengan agunan berupa emas.  Sewa modal pada KRASIDA relatif murah dengan angsuran tetap per bulan dan perlunasan yang dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan pemberian diskon untuk sewa modal. Adapun pinjaman uang yang bisa Anda ajukan mulai dari Rp 1.000.000 hingga Rp 250.000.000,- atau lebih dengan jangka waktu mulai dari 6, 12, 24, dan 36 bulan.

Gadai Bisnis

Gadai Bisnis merupakan salah satu perluasan dari produk Kredit Cepat dan Aman (KCA) sebagai solusi untuk pendanaan bisnis Anda. Prosedur pinjaman dari produk ini mulai dari Rp 100.000.000 hingga lebih dari Rp 1 milyar dengan sewa modal mulai dari 0.65% s.d 0.95% per 15 hari. Persyaratan untuk mengajukan pinjaman ini Anda hanya membayar biaya administrasi sebesar Rp 100.000 dengan barang jaminan berupa emas perhiasan atau emas batangan.

Salah satu peluang usaha 2018 di atas barangkali bisa menjadi inspirasi Anda yang ingin membangun usaha. Atau Anda ingin membuka usaha lain yang belum ada sebelumnya? Tentu saja bisa! Tapi dalam membangun usaha apapun, diperlukan kreativitas dan inovasi dari pemiliknya. Dengan adanya kreativitas dan inovasi juga menjadi penentu dari kesuksesan sebuah usaha. Selamat berbisnis!