Bagikan:

Anak sekolah adalah salah satu target empuk untuk memasarkan usaha kuliner, karena meski sudah dibekali dari rumah, sebagian besar dari mereka masih mengeluarkan uang jajan untuk menambah porsi camilannya. Nah, bagi yang tertarik membuat jajanan sekolahan, alangkah baiknya jika Anda membuat camilan spesial dan berbeda dengan kebanyakan jajanan sekolah yang sudah ada. Pastikan jajanan tersebut sehat sehingga tidak membuat khawatir para orangtua di rumah.

“Good food choices is a good investments” seperti kata Bethenny Frankel, pilihan makanan yang baik adalah investasi yang baik. Meski mahal, orangtua pasti ingin jajanan yang menyehatkan bagi anaknya, terlebih kalau murah? Berikut 5 ide jajanan sekolah sehat dan murah untuk usaha kuliner:

  1. Es Pop Buah, Alternatif Jajanan Sekolah yang Segar untuk Anak-Anak

Bahasa kerennya popsicle tapi bisa juga disebut es loli, es krim stik, atau es pop. Tidak perlu buah mahal dan langka, Anda bisa memanfaatkan buah musiman sebagai bahan bakunya. Harga buah tertentu, yang semakin musim semakin murah, tentu dapat memperkecil modal usaha jajanan ini. Anda pun bisa menjualnya sekitar Rp 3.000-Rp 5.000.

Manfaat buah juga tidak usah diragukan lagi, banyak vitamin, serat, dan antioksidan terkandung di dalam buah yang bermanfaat bagi tubuh.

Untuk membuat es pop buah, bahan pokok yang dibutuhkan adalah: air, buah segar, soda, dan gula. Ditambah cetakan dan stik es krim. Sangat sederhana bukan? Namun, jika Anda ingin lebih berinovasi dan menyajikan rasa yang kaya, bisa ditambah yoghurt atau susu.

Ada dua pilihan cara membuat es pop buah yang sama-sama menghasilkan tampilan cantik dan menarik, yaitu melumatkan atau memotongnya. Untuk melumatkan buah, Anda hanya perlu membuat jus dengan semua bahan yang ada lalu masukan ke cetakan dan tunggu hingga beku. Sementara jika ingin memotong buah, masukkan soda terlebih dahulu. Lalu, masukan potongan buah ke dalam cetakan, tunggu hingga beku.

  1. Sushi, Jajanan Sekolah yang Sehat dan Mengenyangkan
Baca juga  Inspirasi Usaha Rumahan di Tahun 2018

Siapa yang tak kenal sushi? Makanan asal Jepang ini sudah sering kita dengar dan nikmati—meski tidak setiap hari. Sushi bisa jadi pilihan jajanan anak sekolah yang sehat sekaligus mengenyangkan.

Jika harga sushi yang disajikan di restoran bisa mencapai puluhan hingga ratusan ribu, Anda bisa membuat sushi untuk jajanan dengan harga sekitar Rp5.000-Rp7.000 per buah, yaitu dengan cara memodifikasi bahan-bahannya.

Untuk menghemat modal, dengan tetap memilih bahan-bahan yang segar dan sehat, Anda bisa mengganti beras Jepang dengan beras ketan—sama-sama sehat dan lebih murah. Lalu untuk isiannya, bisa pakai telur dadar, ayam suwir, timun, dan wortel. Agar tetap menciptakan rasa sushi, Anda masih memerlukan rumput laut dan wijen. Sebagai penambah cita rasa bisa ditambah mayones dan saus cabai.

  1. Segar dan Murah Meriah, Rujak Buah Bisa Dicoba!

Setelah pusing dengan pelajaran di sekolah, biasanya anak-anak mencari sesuatu yang segar. Jualan rujak buah juga bisa menjadi pilihan menguntungkan. Cukup dengan satu atau dua varian buah saja. Misalnya mangga muda serut atau nanas potong. Tinggal ditambah bubuk cabai atau sambal ulek sudah pasti menggoda. Siapkan es batu jika ingin lebih segar.

Agar lebih praktis, pilih gelas plastik dua ukuran untuk menyajikannya. Rujak buah segar pun dapat Anda jual seharga Rp 3.000-Rp 5.000 saja. Menyegarkan sekaligus menyehatkan, karena bahan utamanya adalah buah.

  1. Telur Gulung, Kenyang, Sehat, dan Tidak Mahal.

Yang satu ini tentu selalu jadi favorit di setiap sekolah. Telur merupakan sumber protein yang dibutuhkan tubuh. Satu tusuk telur gulung biasanya dijual Rp 1.000. Bahannya pun sederhana. Telur, air, garam dan merica. Ditambah tusuk sate untuk menggulung.

Baca juga  Macam-Macam Ide Bisnis Bagi Mahasiswa di Musim Liburan

Dengan bahan utama yang menyehatkan, Anda perlu menyiapkan saus sebagai pelengkap. Tetap gunakan saus dengan merek tepercaya. Jika ingin hemat bukan mengganti sausnya tapi tambahkan air dan garam agar saus menjadi lebih encer dan banyak.

  1. Padat & Mampu Mengganjal Rasa Lapar, Kentang Goreng Bisa Jadi Pilihan

Kentang adalah sumber pati, vitamin dan serat. Anda dapat membuat jajanan sehat dari kentang yang  digoreng dan sedikit inovasi dengan menambah taburan bumbu bubuk berbagai rasa ke dalamnya. Seperti: bubuk cabai, keju, jagung, dan barbeque.

Wadah dari karton bisa jadi pilihan tepat untuk menyajikannya. Kentang goreng berbagai rasa pun siap dijajakan dengan harga sekitar Rp 5.000.

Setelah mendapat ide tersebut, jangan ragu untuk memulai usaha kuliner jajanan sekolahan versi Anda. Modal yang diperlukan untuk usaha jajanan sekolahan ini pun bisa dikatakan sedikit. Anda bisa memanfaatkan plafon kredit untuk solusi pendaan yang mudah, cepat, dan aman melalui Pegadaian Kredit Cepat Aman (KCA) dengan pinjaman mulai dari 50 ribu rupiah. Ditujukan untuk keperluan produktif dan konsumtif, barang jaminan yang diperlukan untuk pinjaman ini beragam macam, mulai dari kendaraan bermotor, emas perhiasan dan emas batangan, barang-barang eletronik, dan lain sebagainya. Bila terus dikembangkan, lama-lama bisnis Anda pun semakin besar. Selamat mencoba!