Bagikan:

“Be willing to get fired for a good idea” – Spike Jonze

Jangan takut melangkah jika ingin berhasil. Itulah maksud dari quote milik sutradara kondang Spike Jonze. Jika Anda ingin mengubah masa depan, cobalah untuk berpikir yang berbeda dari orang pada umumnya. Di saat mereka mulai merambah bisnis online, properti, atau fashion, maka jangan ikut-ikutan. Cobalah lihat sekitar dan ambil yang bisa dijadikan lahan bisnis. Jika jeli, ada banyak hal yang bisa jadi ide kreatif untuk bisnis yang sedang Anda bangun. Seperti lima ide bisnis kreatif berikut yang sifatnya out of the box:

1. Banyak Koleksi Drum Bekas? Jadikan Meja dan Kursi Saja

Anda mungkin sering menganggap drum bekas tidak berguna selain untuk tempat sampah atau penampung air. Namun, siapa yang menduga jika anak-anak putus sekolah binaan Rumah Kreatif di Banjarmasin mampu mengubah barang bekas tersebut menjadi barang bernilai ratusan ribu rupiah.

Mereka mampu mendaur ulang drum bekas untuk dijadikan meja maupun kursi. Bentuknya pun unik-unik dan layak untuk dipajang di ruang tamu. Maka tidak heran jika orang-orang yang melihatnya di galeri akan langsung tertarik untuk membawa pulang.

Anda pun bisa mengikuti jejak bisnis kreatif yang satu ini. Coba ambil barang-barang bekas di sekeliling dan ubah menjadi sesuatu yang layak dijual. Tidak hanya drum, masih banyak barang bekas lain yang bisa didaur ulang, seperti botol air mineral maupun kardus.

2. Lagi Musim Kondangan? Coba Buka Penyewaan Perlengkapan Kondangan

Sering dengar kan, orang mengeluh tidak punya baju bagus untuk kondangan, tas itu-itu saja, apalagi sepatu. Tapi jika harus membeli, dana tidak mencukupi. Alhasil, mereka pun memutuskan untuk tidak datang. Padahal, menghadiri undangan nikah itu wajib hukumnya.

Baca juga  Inilah Empat Ide Bisnis Kopi Bermodal Kecil yang Dapat Anda Coba!

Nah, buat Anda yang punya banyak koleksi tas maupun sepatu-sepatu bagus yang masih layak pakai, Anda bisa menyewakannya untuk kondangan. Pasti banyak orang yang tertarik menggunakan jasa penyewaan Anda. Pasalnya, tiap orang akan berusaha tampil sebaik mungkin untuk menghadiri resepsi pernikahan—yah, karena bisa jadi mereka menemukan jodoh di sana. Jadi, manfaatkan peluang satu ini sebagai ladang bisnis Anda.

3. Daripada Kulit Pisang Jadi Sampah, Lebih Baik Jadikan Es Krim untuk Dijual

Pisang menjadi buah kesukaan semua orang. Rasanya yang manis dan kandungan banyak vitamin di dalamnya, membuat orang lebih memilih mengonsumsi buah ini. Alhasil, banyak sampah kulit pisang yang terbuang percuma di tong sampah.

Padahal, tidak hanya buahnya, kulitnya juga baik untuk kesehatan. Kulit pisang mengandung zat besi, serta vitamin B dan C yang baik untuk mengurangi kerusakan oksidatif pada penderita diabetes mellitus.

Anda bisa memanfaatkan kulit pisang untuk diolah jadi makanan. Contohnya es krim yang menjadi kesukaan banyak orang. Adonan es krim dicampur dengan olahan kulit pisang, maka jadilah kudapan lezat nan bergizi.

4. Banyak Orang Mudah Galau Karena Sesuatu Hal. Manfaatkan Itu untuk Membuka Bisnis Rental Curhat

Anda mungkin sering menemui orang-orang yang mengalami masalah dan membutuhkan teman curhat. Terkadang siapa pun bisa dijadikan tempat untuk mengeluarkan unek-unek dan keluh kesah.

Nah, Anda bisa memanfaatkan peluang itu untuk membuka bisnis rental curhat. Anda cukup duduk dan mendengarkan klien yang datang bercerita. Setelah itu, jika memang diperlukan, berikan saran yang bisa membantu mereka keluar dari masalah.

Mudah, bukan? Tidak perlu modal banyak, tetapi keuntungan didapat. Cukup jadi orang yang peka dengan keadaan sekitar dan pendengar yang baik.

Baca juga  Kunci Sukses Bisnis Ternyata Ada Pada Kebiasaan Kecil Berikut Ini

5. Fasilitasi Mereka yang Tidak Bisa Menahan Amarah dengan Membuka Penyewaan Ruang Amarah

Semua orang pasti pernah menahan amarah yang memuncak. Ingin melampiaskan dengan barang-barang sekitar, tetapi tidak bisa. Bukannya menyelesaikan masalah dan meredam emosi, yang ada malah muncul masalah baru. Padahal jika amarah tidak dikeluarkan, sakitlah yang akan diderita si pemilik nantinya.

Nah, untuk Anda yang ingin membuka bisnis, bisa memanfaatkan peluang ini. Fasilitasi orang-orang yang sedang dalam emosi tinggi dengan membuka penyewaan ruang amarah. Di dalam ruangan tersebut, sediakan alat pemukul dan barang-barang pecah belah yang dapat mereka pukul semaunya. Amarah mereka sudah reda, keuntungan didapat.

Jika sudah memiliki ide yang mantap untuk memulai bisnis, langkah selanjutnya yang harus diperhatikan adalah darimana Anda mendapatkan modal? Salah satu cara termudah adalah dengan menggadaikan barang-barang berharga yang Anda miliki untuk mendapatkan modal bisnis. Jika kebetulan Anda memiliki emas yang bisa digadaikan, Pegadaian menawarkan modal usaha lewat produk Krasida. Di sini, Pegadaian memberikan kredit angsuran bulanan untuk keperluan konsumtif dan produktif yang menjadi solusi tepat mendapatkan fasilitas kredit dengan cara cepat, mudah, dan murah. Anda akan mendapatkan pinjaman sampai dengan 250 juta dengan sewa modal relatif murah dengan angsuran tetap per bulannya. Selain itu, jangka pinjamannya pun bervariasi, mulai dari 6 bulan sampai dengan 36 bulan.

Itulah lima ide bisnis kreatif yang out of the box dan sedikit cara mendapatkan modal usaha dengan cara yang mudah dan fleksibel. Anda bisa memilih salah satu untuk dijadikan lahan bisnis. Selain menguntungkan, juga bisa membantu banyak orang. Selamat mencoba!