Bagikan:

“Bisnis yang bagus itu dijalankan, bukan ditanyakan terus.” (Bob Sadino)

Benar apa kata Bob Sadino, pemilik jaringan Kemfood dan Kemchick tersebut. Usaha jangan hanya dipikirkan dan ditanyakan, tetapi harus direalisasikan menjadi nyata. Dijalankan dengan perencanaan yang matang sekalipun hanya bermodalkan kecil. Bukankah tidak semua usaha harus memakai modal besar?

Seperti lima contoh usaha kecil di tahun 2018 ini yang memakai modal kecil, tetapi menghasilkan keuntungan besar. Ingin tahu apa saja kelima contoh usaha tersebut? Simak ulasan berikut.

  1. Katering Ramadan Penyedia Menu Sahur

Hal yang paling malas saat bulan Ramadan tiba adalah menjalani waktu sahur. Hampir semua orang akan malas bangun untuk menyiapkan hidangan sahur.

Kesempatan itu bisa Anda manfaatkan untuk membuka bisnis baru yang belum pernah ada sebelumnya. Tahun 2018 ini bisa jadi milik Anda dengan memberanikan diri membuka usaha katering khusus bulan Ramadan sebagai penyedia menu sahur. Cukup rancang menu-menu yang cocok untuk kesehatan dan siap menemani waktu puasa selama sehari penuh. Lalu tawarkan pada orang-orang. Mereka pasti akan dengan senang menjadi langganan, lantaran terlalu berat untuk memasak menu sahur sendiri.

Usaha kecil dengan modal tidak terlalu besar ini juga cocok jika menyasar anak-anak kos. Pasalnya, merekalah yang paling malas keluar di jam tiga dini hari.

  1. Usaha Kecil Laundry Kiloan

Usaha laundry kiloan masih menjadi incaran banyak orang. Pasalnya, usaha rumahan ini memberi peluang untuk mendapatkan keuntungan berlebih. Sekali pelanggan datang saja, yang didapat bisa berkali lipat.

Memang, untuk memulai bisnis laundry, dibutuhkan modal sedikit lebih besar agar bisa membeli mesin cuci dan setrika. Namun, modal tersebut masih terjangkau bagi para pelaku UKM.

Baca juga  Peluang Cerah Bisnis Batik

Usaha ini cocok untuk Anda yang tinggal di perkotaan yang dekat dengan daerah perkantoran maupun kampus. Pasalnya, mereka pasti akan lebih memilih memasukkan pakaian kotor ke laundry dibanding mencuci sendiri lantaran sudah lelah beraktivitas.

Untuk mulai merintis bisnis laundry hingga mencapai sukses, Anda hanya harus memastikan pelayanan yang baik untuk pelanggan, serta tepat waktu dengan hasil cucian bersih dan setrikaan rapi.

  1. Jasa Pembuatan Website

Di era digital sekarang ini, internet marketing begitu marak dan dibutuhkan para pelaku bisnis. Salah satu faktor dalam pemasaran digital adalah adanya website perusahaan yang dapat menginformasikan produk-produk, pelayanan, serta testimoni dari klien.

Tidak semua pelaku bisnis memiliki tenaga IT andal yang mampu menghasilkan web profesional. Maka, tidak ada salahnya Anda mengambil peluang ini dengan membuka jasa pembuatan website.

Usaha jasa ini bahkan tidak memerlukan modal sama sekali. Cukup bermain strategi di pemasaran, maka klien akan berdatangan dengan sendirinya. Keuntungan pun didapat seiring berjalannya waktu.

  1. Jualan Bubur Bayi

Selain ASI, bayi juga membutuhkan makanan pendamping untuk membantu pertumbuhan. Salah satu makanan pendamping yang biasa diberikan pada bayi berusia 6 bulan adalah bubur. Makanan lunak ini bisa dibuat dari bahan apa saja, seperti susu, buah, maupun sayur.

Di tahun 2018 ini, jualan bubur bayi menjadi tren untuk membantu ibu-ibu pekerja yang tidak mempunyai waktu untuk membuatkan bubur bagi anak. Para ibu hanya perlu membeli atau berlangganan, maka bubur sudah datang dan tinggal disuapkan ke si kecil.

Sudah membantu orang, menghasilkan keuntungan lagi.

  1. Bisnis E-Commerce

Bisnis ini mulai dikenal pada tahun 2005. Saat itu, belum banyak orang merambah dunia digital untuk memasarkan dagangan mereka. Namun, seiring berjalannya waktu, bisnis E-Commerce mulai menampakkan hasil. Bahkan, pemerintah menetapkannya sebagai program nasional, lantaran mampu memberikan keuntungan berlebih. Tidak hanya bagi pemilik, tetapi juga bagi pemerintah.

Baca juga  Apa Saja Usaha yang Masih Jarang tapi Menguntungkan?

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis dengan modal kecil di tahun 2018 ini, bisa mulai merambah ke bisnis e-commerce. Anda bisa memulai dengan menjadi reseller atau dropshiper suatu produk terlebih dahulu. Pelan-pelan meniti usaha.

Seperti kata Peter F. Drucker, “seorang pengusaha itu harus selalu mencari perubahan, merespons perubahan tersebut dan memanfaatkannya sebagai sebuah kesempatan.”

Nah, dengan sedikit demi sedikit merambah bisnis online sebagai reseller, lama-lama Anda bisa tahu seperti apa jalannya bisnis tersebut. Ke depannya, Anda pun bisa membangun sendiri bisnis dengan brand karya pribadi.

Untuk memulai usaha, tidak melulu diawali dengan modal yang besar. Lima usaha di atas sejatinya bisa dilaksanakan dengan modal jutaan rupiah yang nantinya bisa ditambah jika usaha sudah besar nanti. Pegadaian menawarkan produk Krasida yang merupakan kredit angsuran bulanan mulai dari 1 juta rupiah untuk keperluan produktif dan konsumtif dengan jaminan emas. Anda sendiri bisa memilih jangka waktu pinjaman, dengan pilihan 6, 12, 24, dan 36 bulan. Selain itu, pelunasan bisa Anda lakukan sewaktu-waktu dengan pemberian diskon untuk sewa modal.

Tertarik mencoba peruntungan dengan membuka usaha kecil bermodal sedikit tersebut? Jika iya, mulai buat perencanaan sejak dini. Pikirkan strategi yang tepat dan jalankan. Semoga sukses!