Bagikan:

Setelah sekian lama, akhirnya keberanian untuk memulai bisnis muncul juga. Selamat, ya! Meskipun ada banyak tantangan yang akan dihadapi, langkah ini adalah keputusan yang hebat. Tidak banyak orang memiliki kesempatan untuk membuka bisnis karena berbagai alasan.

Nah, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menjalankan serangkaian promosi supaya produk tersebut mulai dikenal. Ada beberapa cara promosi yang bisa dilakukan untuk itu.

  1. Promosi Langsung

Salah satu strategi promosi konvensional adalah dari mulut ke mulut. Biasanya, hal ini terjadi ketika ada pembeli atau pelanggan yang puas dengan produk tersebut. Meskipun sederhana, strategi ini sangat efektif. Sebagian orang tertarik untuk membeli karena pengalaman teman atau kenalan yang pernah menggunakan produk tersebut.

Namun, strategi promosi langsung seperti ini biasanya terbatas. Bahkan, ada pula orang yang tidak mau membagikan pengalamannya meskipun merasa puas dengan sebuah produk. Untuk itu, Anda juga perlu memadukannya dengan beberapa cara promosi lainnya.

  1. Promosi di Media Sosial

Pada zaman modern ini, ada banyak sekali peluang yang terbuka, termasuk untuk melakukan promosi melalui media sosial. Anda bisa melakukannya secara softselling maupun hardselling. Salah satu contohnya, mengunggah testimoni orang-orang yang telah menggunakan produk ke laman Facebook. Dengan cara ini, teman Facebook Anda akan membacanya.

Tujuan melakukan promosi di media sosial antara lain adalah untuk menggaet lebih banyak pembeli. Bayangkan saja jika Anda memiliki 1.000 teman. Ini berarti, promosi tersebut akan menyebar ke seluruh orang tersebut. Bukan tidak mungkin, beberapa di antaranya akan menghubungi Anda untuk melakukan pembelian.

Keuntungan melakukan promosi di media sosial adalah lebih murah dan terjangkau. Memang ada yang gratis, tetapi layanan yang tersedia biasanya terbatas. Jadi, Anda sebaiknya menggunakan fitur promosi khusus yang lebih praktis dan menguntungkan dari segi layanan.

  1. Promosi Iklan di Baliho
Baca juga  Usaha Sampingan yang Patut Dicoba di 2017

Untuk memperkenalkan usaha baru tersebut kepada khalayak, Anda juga bisa melakukan promosi dengan menyewa baliho. Biasanya, baliho disewakan dengan jangka waktu tertentu. Namun, perlu diketahui bahwa biaya sewa ini cukup tinggi, tergantung pada lokasinya. Jika bujet promosi Anda masih rendah, sebaiknya tangguhkan dahulu niat tersebut.

Sebaliknya, jika Anda memang benar-benar ingin all out dalam memperkenalkan produk, tak ada salahnya mengiklankannya di baliho. Keuntungan menggunakan iklan baliho adalah ada banyak orang yang akan mengenal produk Anda. Nah, setelah dikenal, penjualan akan meningkat sedikit demi sedikit.

Agar iklan di baliho lebih optimal, Anda juga perlu menyediakan desain iklan yang bagus. Jangan sampai, ada informasi yang salah atau kurang jelas terbaca.

  1. Promosi dengan Bantuan Blogger

Selain ketiga cara tersebut, Anda juga bisa melakukan promosi usaha baru dengan bantuan para blogger. Anda bisa meminta blogger secara personal untuk mereview produk atau jasa yang dijalankan. Pilihan lainnya adalah mengadakan perjanjian dengan komunitas blogger untuk melancarkan campaign melalui media sosial.

Biayanya tentu cukup besar. Namun, dampaknya pun tak bisa diabaikan. Apalagi saat ini masyarakat modern sebagian besar merupakan masyarakat digital. Artinya, mereka aktif berselancar dan mencari informasi di dunia maya.

  1. Menjadi Sponsor Event

Cara promosi lainnya adalah menjadi sponsor pada event-event yang rutin diselenggarakan di berbagai daerah. Misalnya, event olahraga, event kuliner, event musik, dan sebagainya. Dengan menyumbang produk atau sejumlah dana, Anda berhak untuk memperoleh keistimewaan tertentu. Nama produk pun semakin dikenal sehingga bisa mendorong penjualan.

Untuk menikmati promosi ini, Anda perlu menyediakan anggaran yang cukup besar. Namun, jangan khawatir, hasilnya akan sebanding dengan dana yang dikeluarkan. Meskipun tidak langsung terlihat saat itu juga, promosi semacam ini akan membuat brand usaha Anda lebih kuat dan semakin dikenal.

Baca juga  Tips Siap Finansial Sebelum Memulai Bisnis

Kami ingatkan kembali, bahwa promosi itu merupakan sebuah hal yang tak terpisahkan dalam usaha yang Anda buat. Dengan promosi, sesuatu yang Anda jual menjadi populer di mata calon konsumen Anda. Tentunya Anda membutuhkan dana untuk kegiatan promosi tersebut bukan? Melalui produk  Kredit Cepat dan Aman (KCA)  dari Pegadaian Anda dapat memulai promosi  dengan cepat, mudah dan aman. Hanya dengan jaminan berupa emas batangan, emas perhiasan, sepeda motor, handphone, laptop dan barang elektronik lainnya Anda sudah bisa mendapatkan modal untuk kebutuhan promosi Anda. Dengan prosedur pengajuan yang mudah serta pinjaman dengan jangka waktu 4 (empat) bulan, pinjaman Anda dapat diperpanjang berkali-kali sesuai dengan keinginan.

Colin Powell mengatakan, “Tidak ada rahasia untuk sukses. Kesuksesan adalah hasil dari persiapan, kerja keras, dan belajar dari kegagalan.” Hal ini juga berlaku bagi usaha yang baru saja Anda rintis. Awalnya mungkin tidak terlihat menguntungkan, tetapi jika dijalankan dengan ketekunan, lama-kelamaan pasti akan sukses. Nah, selamat menjalankan usaha baru!