Bagikan:

Wah, sebentar lagi event Piala Dunia akan berlangsung! Meskipun diselenggarakan di Rusia pada pertengahan 2018 ini, gaungnya sudah terasa dari sekarang. Negara-negara yang memiliki banyak penggemar sepakbola pun mulai bersiap, termasuk Indonesia.

Event olahraga yang diadakan tiap 4 tahun ini biasanya memang berlangsung meriah. Ada banyak acara yang digelar untuk untuk turut menikmati pertandingan menarik antara tim sepakbola dari negara-negara terpilih. Apalagi jika pertandingan sudah mencapai final, kemeriahan akan semakin terasa.

Namun, bukan hanya untuk seru-seruan, event Piala Dunia 2018 juga bisa mendatangkan keuntungan, lho. Hal ini berlaku bagi Anda yang ingin menggeluti bisnis musiman yang penuh euforia. Nah, apa saja peluang bisnis yang potensial?

  1. Berjualan Suvenir

Negara mana yang menjadi favorit Anda tahun ini? Apa pun tim yang Anda senangi, itu tidak menjadi masalah. Untuk menjalankan bisnis ini, Anda hanya perlu mempersiapkan suvenir yang berisi label dan ciri khas negara-negara yang  ikut bertanding tahun ini. Contohnya, stiker, pin, syal, topi, dan sebagainya.

Berjualan suvenir atau aksesori pada momen ini cukup menguntungkan, apalagi jika Anda menawarkannya  kepada orang-orang yang termasuk penggemar berat tim tertentu. Anda pun bisa menjual secara langsung atau melalui toko online. Sebaiknya, mulailah mempersiapkan material dari sekarang sehingga Anda memiliki banyak waktu untuk melakukan penjualan.

  1. Berbisnis Kafe

Apakah Anda memiliki dana yang agak besar? Cobalah untuk mempertimbangkan bisnis kafe. Dengan bisnis ini, Anda bisa meraup keuntungan yang lebih menggiurkan, khususnya saat event Piala Dunia 2018 tengah berlangsung. Biasanya, pada momen ini, ada banyak kegiatan nonton bareng yang akan digelar.

Lalu, dari mana sumber penghasilan Anda? Pertama, Anda bisa menyewakan tempat atau ruang untuk komunitas atau kelompok tertentu yang akan menggelar event nonton bareng. Kedua, Anda bisa berjualan makanan dan minuman. Keuntungan dari bisnis ini bisa digunakan untuk mengembangkan usaha tersebut. Jadi, meskipun event piala dunia selesai digelar, bisnis kafe akan tetap berjalan lancar.

  1. Berjualan Kaos Bola
Baca juga  5 Tips Jitu Membuka Toko Roti untuk Pemula

Seperti halnya aksesori atau suvenir, kaos bola juga merupakan barang wajib yang biasanya banyak diburu pada saat pagelaran Piala Dunia berlangsung. Rasanya, menonton pertandingan akan lebih seru dan meriah jika mengenakan kaos tim favorit. Supaya Anda memperoleh keuntungan lebih banyak, kenalilah target penjualan Anda, khususnya tim favorit mereka.

Untuk menjalankan bisnis ini, manfaatkan dukungan media sosial, baik untuk promosi maupun penjualan. Anda juga bisa melakukan penjualan langsung. Jika bisa mendesain, tawarkan juga jasa custom desain untuk kaos bola yang bersifat limited edition. Harganya? Tentu lebih mahal.

  1. Menjual Makanan Ringan

Biasanya, orang-orang menonton bola sambil ngemil. Makanan ringan pun menjadi favorit. Nah, ini bisa menjadi salah satu peluang  bisnis pada 2018. Apalagi jika Anda bisa membuat sendiri makanan ringan yang enak dan sehat. Namun, Anda juga bisa memilih untuk menjadi reseller supaya lebih praktis.

Keuntungan yang didapatkan mungkin tidak besar. Namun, jika Anda memasok stok untuk banyak kelompok dan pesanan berdatangan setiap hari, bukan tidak mungkin keuntungan akan meningkat drastis. Untuk menjalankan bisnis ini, Anda harus siap dengan risiko kebanjiran order. Anda tidak mau mengecewakan pelanggan karena stok habis, bukan?

  1. Bisnis EO

Banyak orang menjadikan momen Piala Dunia sebagai ajang dan kesempatan untuk kumpul bareng. Meskipun awalnya tidak begitu menyukai olahraga ini, acara kumpul-kumpul biasanya tetap jalan. Nah, Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk menjalankan bisnis EO, yaitu mempersiapkan event nonton bareng. Sasaran Anda adalah orang-orang yang terlalu sibuk mengurus persiapan acara dan memiliki bujet untuk menyewa EO.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan antara lain mencari tempat yang sesuai dengan karakteristik kelompok yang akan nonton bareng, memilih makanan yang enak, mempersiapkan acara pembuka atau acara jeda, menyediakan suvenir, dan sebagainya. Keuntungan yang didapatkan berasal dari tarif layanan yang diberikan.

Baca juga  Inilah Tiga Kiat Sukses Berbisnis Franchise

Banyak yang mengatakan, bisnis musiman tidak akan bertahan lama. Namun, jika ditekuni dan dilakukan sepenuh hati, bisnis seperti ini sebenarnya bisa diandalkan.  Seperti halnya 5 bisnis yang cocok untuk menyambut Piala Dunia 2018 di atas, bisa menjadi solusi tepat  bagi Anda untuk memulai bisnis musiman.

Jika Anda ingin memanfaatkan momen tersebut tapi terbentur modal, Pegadaian memberikan solusi melalui produk Krasida yang mana Anda bisa mendapatkan kredit angsuran bulanan dengan agunan emas. Anda bisa mendapatkan pinjaman mulai dari 1 juta rupiah sampai dengan 250 juta rupiah dengan jangka waktu yang fleksibel (6 sampai dengan 36 bulan) dan persyaratan yang mudah (cukup membawa kartu identitas yang masih berlaku serta emas yang ingin digadaikan).

Samuel Johnson, seorang penulis Inggris, mengatakan, “Karya besar dilakukan bukan dengan kekuatan, tetapi dengan ketekunan.” Jadi, jadikanlah momen Piala Dunia sebagai pijakan untuk memperoleh keuntungan jangka panjang.