peluang usaha ternak
Bagikan:

Beternak adalah salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Jika ditekuni dengan sungguh-sungguh, usaha ternak ini tidak mustahil akan menghasilkan keuntungan yang lumayan besar. Namun, tidak semua jenis usaha ternak bisa menguntungkan. Salah satu faktor yang berpengaruh adalah kebutuhan pasar. Nah, agar usaha ternak Anda memperoleh hasil maksimal, simaklah 4 peluang usaha ternak yang menjanjikan berikut ini.

 

  • Beternak Burung Puyuh

 

Bagian yang biasanya banyak dicari dari usaha burung puyuh adalah telurnya. Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memulai beternak burung puyuh adalah lokasi kandang. Anda harus menempatkannya di lokasi yang tenang dan tidak bising. Kebisingan bisa membuat burung puyuh stres dan tidak menghasilkan telur dengan maksimal.

Burung puyuh yang sudah dewasa atau berusia 40 hari sudah bisa bertelur. Untuk mendapatkan telur yang baik, Anda perlu memisahkan kandang burung puyuh betina dan jantan. Sebaliknya, Anda bisa menggabungkan keduanya jika ingin menetaskan telur tersebut menjadi anak burung puyuh. Harga telur puyuh di pasar saat ini bisa mencapai hingga Rp20.000,00 per kilogram.

 

  • Beternak Jangkrik

 

Jangkrik  biasanya digunakan sebagai pakan hewan piaraan lain, seperti burung. Permintaan pasar terhadap jangkrik terbilang cukup besar. Meskipun demikian, pemeliharaannya tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu mempersiapkan kandang dan makanan untuk jangkrik agar bisa berkembang biak dengan baik.

Beberapa keuntungan beternak jangkrik adalah pemasarannya yang mudah. Keuntungan penjualan yang diperoleh juga cukup besar. Selain itu, untuk memelihara jangkrik juga tidak dibutuhkan tempat yang luas.

 

  • Beternak Lele

 

Peluang usaha ternak lain yang bisa Anda jalankan adalah beternak lele. Saat ini konsumsi lele cukup tinggi. Selain konsumsi rumahan, lele juga biasanya dijual di warung-warung makan yang menyediakan lauk pauk. Selain karena rasanya yang enak, lele pun menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat yang ingin mencicipi ikan air tawar.

Baca juga  6 Ide Bisnis Modal 1 Juta

Peternakan lele yang diolah dengan sungguh-sungguh bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan besar. Bahkan, ada peternak yang bisa mendapatkan omzet hingga 10 juta per bulan. Hal ini tentu bergantung pada jumlah lele yang dipelihara dalam satu waktu.

 

  • Beternak Ayam Petelur

 

Telur ayam juga merupakan kebutuhan pokok masyarakat masa kini. Hampir tidak ada orang yang tidak menyukai telur sebagai lauk pauk. Selain praktis, telur juga mengandung protein yang tinggi dan dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Harga telur di pasar terbilang cukup stabil. Artinya, beternak ayam petelur bisa dibilang tidak pernah merugi karena kebutuhan masyarakat juga cenderung stabil. Untuk memelihara ayam petelur, Anda memang dituntut untuk sabar dan mau melakukan yang terbaik.

Peluang usaha ternak apa pun tidak akan pernah maju jika dikerjakan secara asal-asalan. Ini adalah prinsip utama dalam menjalankan bisnis.

Dapatkan dana pembiayaan untuk pengembangan bisnis Anda dari Pegadaian. Informasi lebih lanjut bisa Anda dapat di laman solusi bisnis terpadu.