Bagikan:

Mendirikan bisnis sendiri membutuhkan keberanian dan kepercayaan diri yang besar, terutama dengan persaingan bisnis yang ketat di era digital. Jika Anda mengetahui cara meningkatkan percaya diri dan menerapkannya, hambatan apa pun akan bisa dilalui. Banyak orang mungkin perlu berlatih untuk mendapat kepercayaan diri, tetapi bukan berarti tidak bisa dilakukan!

Berikut yang harus Anda ketahui tentang membangun kepercayaan diri sebelum membuka usaha sendiri.

Cara Meningkatkan Percaya Diri dengan Latihan

Motivator Barrie Davenport menganggap bahwa kepercayaan diri “…sama seperti keahlian lainnya, bisa dipelajari, dilatih, dan dikuasai. Jika Anda sudah ahli, segalanya dalam hidup akan menjadi lebih lancar”. Jika Anda selalu merasa takut dan ragu, jangan tenggelam di dalamnya! Cobalah beberapa latihan ini untuk belajar meningkatkan kepercayaan diri;

  1. Lakukan hal-hal yang membuat Anda takut

Orang yang tidak percaya diri sering takut membuat keputusan-keputusan kecil yang terlihat sepele, misalnya menegur orang yang menyela antrean, atau meminta diskon jika membeli barang dalam jumlah banyak. Latih kepercayaan diri dengan melakukan paling tidak satu hal yang membuat Anda ragu setiap hari.

Jika rasa takut masih membayangi, cobalah membaca atau menonton video tokoh-tokoh inspiratif. Simak kisah mereka tentang menerjang hambatan dan rasa takut dalam memulai bisnis. Dengan mendengar kisah mereka serta melihat hasil yang diperoleh, Anda akan terdorong untuk menirunya.

  1. Terapkan pernyataan positif pada diri sendiri

Kepercayaan diri yang rendah biasanya datang dari kurangnya pandangan positif terhadap diri sendiri. Untuk mengatasinya, Anda harus belajar mengubah sudut pandang dan menerapkan pemikiran positif. Jika Anda minder ketika ingin mulai berbisnis, buat daftar tentang hal-hal positif dalam diri yang bisa mendukung kesuksesan.

Misalnya, ketika Anda merasa tidak memiliki kemampuan berstrategi ala pengusaha sukses, coba tulis kualitas terbaik Anda di kertas, seperti “Saya tidak mudah menyerah, saya menghargai orang lain dan menganggap mereka penting, saya menguasai program komputer yang penting untuk bisnis”, dan sebagainya. Buat skenario di dalam kepala tentang bagaimana hal-hal tersebut bisa mendukung bisnis.

  1. Renungkan kritik terhadap diri sendiri

Pernah dengar istilah “Diri sendiri adalah kritikus terkeras kita?” Banyak orang yang sebenarnya sudah siap memulai langkah baru, tetapi justru dihentikan oleh keraguan diri sendiri. Introspeksi memang penting, tetapi pikiran Anda juga bisa tenggelam dalam hal-hal negatif, sehingga justru menghalangi potensi diri sendiri.

Mulailah mempertanyakan kritik terhadap diri sendiri. Misalnya, ketika Anda berpikir “Aku pasti akan gagal, aku tidak cocok untuk bisnis jenis ini”, segera ikuti dengan pertanyaan “Memangnya ada bukti nyata kalau aku akan gagal?” Selalu ikuti setiap keraguan dengan pertanyaan kritis seperti itu.

  1. Selalu belajar dan bertanya

Ketidaktahuan dan kurangnya pengalaman bisa menjadi akar keraguan. Jika Anda berminat membuka bisnis di suatu bidang, pastikan untuk banyak belajar dan bertanya. Beli buku-buku terkait bisnis yang Anda jalankan, dan cari kesempatan untuk mengikuti seminar atau lokakarya umum (yang biasanya gratis atau murah).

Ingin selangkah lebih maju dalam mendidik diri sendiri? Jangan ragu mengeluarkan sedikit modal untuk mengikuti kelas, kursus, atau program pelatihan yang ada hubungannya dengan bidang tersebut. Walau Anda mungkin masih ragu, pengetahuan dan pengalaman bisa menjadi bekal untuk memulai bisnis baru dengan lebih percaya diri.

Coba lakukan semua hal ini secara bertahap setiap hari, dan Anda akan mulai melihat perubahan pada tingkat kepercayaan diri, bahkan setelah beberapa bulan saja.

Cara Meningkatkan Percaya Diri Secara Tidak Langsung

Percaya atau tidak, hidup secara positif ternyata bisa bepengaruh pada kepercayaan diri untuk membuka usaha. Meluangkan waktu untuk tindakan amal atau program mengajar bisa mendongkrak kepercayaan diri calon wirausahawan. Dengan membantu orang, kepercayaan diri akan meningkat karena adanya rasa berarti. Anda juga bisa bertemu calon teman, rekan, bahkan pelanggan bisnis di masa depan.

Orang yang tidak percaya diri biasanya sulit berkata “tidak”, dan sering kelelahan atau stres karena terpaksa melakukan hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan menerapkan batasan pribadi dan belajar berkata “tidak”, Anda akan menumbuhkan rasa hormat kepada diri sendiri, sehingga merasa semakin percaya diri.

Akhirnya, Anda harus mulai belajar menyeimbangkan kehidupan, terutama jika terbiasa memboroskan waktu atau bermalas-malasan. Belajar hidup secara seimbang tidak hanya bermanfaat untuk manajemen waktu, tetapi juga mampu menumbuhkan kepercayaan diri. Makan seimbang, olahraga secara teratur, istirahat cukup, serta meluangkan waktu untuk menambah wawasan akan menambah energi dan menciptakan cara berpikir positif.

Kepercayaan diri adalah salah satu kualitas penting dalam memulai bisnis, dan Anda bisa memupuknya dari sekarang. Mulai dari melatih mental hingga menerapkan gaya hidup positif, kepercayaan diri dapat tumbuh bahkan dalam diri orang paling pemalu.

Lakukan cara meningkatkan percaya diri di atas, dan gunakan perubahan positif yang Anda rasakan untuk mulai merencanakan bisnis mandiri.