Bagikan:

Menyandang status sebagai mahasiswa bukan berarti mustahil bagi Anda untuk terjun ke dunia bisnis. Justru dengan status dan waktu luang yang dimiliki, ada berbagai macam peluang yang terbuka lebar. Telah terbukti, tidak sedikit mahasiswa yang sukses mengembangkan bisnis saat masih kuliah dan memperoleh keuntungan yang jauh di luar dugaan. Nah, sebagai inspirasi bagi Anda, berikut 4 bisnis anak kuliahan yang mudah untuk dilakukan:

1. Bisnis Jual Beli Online

Saat ini, berjualan secara online bukan lagi hal yang aneh. Anda bisa mendapati aneka barang dijual di internet, mulai dari pakaian, makanan, kosmetik, bahkan mobil. Cara baru ini menawarkan kenyamanan dan kepraktisan bagi calon pembeli maupun penjual.

Sebagai pembeli, Anda tidak perlu membuang waktu dan tenaga untuk mencari kebutuhan di toko. Cukup dengan menggunakan smartphone yang dilengkapi dengan jaringan internet, semua proses rumit itu bisa dilewati. Dengan layanan pengiriman, beberapa hari kemudian barang tiba di rumah Anda.

Sementara itu, bagi penjual, sistem seperti ini sangat menguntungkan karena Anda dapat memangkas biaya operasional seperti sewa tempat. Nah, bagi kalangan mahasiswa yang berdompet cekak, menggeluti bisnis ini tentu sangat masuk akal.

Salah satu contoh mahasiswa yang berhasil meraih kesuksesan dari bisnis jual beli online adalah Nicholas Kurniawan. Bermodalkan situs, Nicholas menjalankan usaha jual beli ikan hias. Kini, pelanggannya berasal dari berbagai negara dan omzetnya mencapai ratusan juta rupiah per bulan. Sangat menggiurkan, bukan?

2. Bisnis Kursus Privat

Bersentuhan langsung dengan dunia akademis membuat seorang mahasiswa memiliki modal yang sangat besar untuk memulai bisnis kursus privat. Apalagi ditambah dengan tuntutan pendidikan zaman sekarang yang membuat para siswa harus belajar ekstra keras mengejar nilai di sekolah.

Baca juga  4 Peluang Usaha Ternak yang Menjanjikan

Nah, bagi Anda yang memiliki bakat mengajar, peluang ini bisa dimanfaatkan. Mulailah dengan menawarkan jasa kursus privat kepada satu dua murid. Lalu, jika jasa Anda sudah mulai dikenal, bukalah lembaga kursus sendiri dan ajaklah beberapa mahasiswa lain untuk bekerja sama.

Tidak dibutuhkan modal yang banyak untuk menjalankan bisnis semacam ini. Anda hanya perlu membangkitkan kepercayaan calon pengguna jasa dengan menunjukkan kemampuan serta prestasi yang nyata.

3. Bisnis Jasa Printing

Apakah Anda termasuk orang kreatif dan menyukai seni? Jangan sia-siakan bakat tersebut. Gunakanlah talenta Anda untuk menghasilkan uang. Salah satu caranya dengan membuka usaha jasa printing. Lingkup bisnis ini sangat luas, mulai dari mencetak undangan, brosur, hingga kaos.

Lantas, berapa modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis printing? Tidak terlalu besar, kok. Mulailah dengan mengerjakan proyek-proyek dalam partai kecil terlebih dahulu. Selanjutnya, Anda bisa menabung dan dana tersebut bisa digunakan untuk mengerjakan proyek yang lebih besar.

Untuk menjalankan salah satu jenis bisnis anak kuliahan ini, Anda tentu harus mampu memuaskan konsumen dengan berbagai inovasi yang tak biasa. Nah, apakah Anda siap?

4. Bisnis Jasa Event Organizer (EO)

Sebagai mahasiswa, Anda tentu sudah biasa menjadi panitia dalam berbagai event yang diselenggarakan di kampus. Mulai dari pertunjukkan musik, seminar, hingga acara olahraga. Pengalaman ini bisa Anda pergunakan untuk membuka jasa Event Organizer (EO).

Untuk langkah awal, Anda bisa menangani kegiatan-kegiatan dalam lingkup kecil. Selanjutnya, seiring dengan semakin banyaknya pengalaman Anda di bidang ini, mulailah menangani event yang lebih besar.

Tentu saja, Anda tidak bisa menjalankan bisnis ini sendiri. Ajaklah beberapa teman yang tepercaya dan memiliki kemampuan di bidang yang sama dan bentuklah tim yang solid. Jadi, selain menghasilkan uang, Anda pun bisa sekaligus bersenang-senang dan menambah pengalaman.

Baca juga  Pandangan Pebisnis Sukses Jack Ma tentang Hidup

Ingatlah apa yang dikatakan oleh Richard Branson, salah seorang pengusaha sukses:

Setiap risiko layak diambil selama ditujukan untuk sesuatu yang baik dan memberikan kontribusi yang lebih baik bagi kehidupan.

Jadi, pergunakanlah waktu yang Anda miliki pada masa kuliah secara bijak dengan mengerjakan hal-hal yang bermanfaat sekaligus menghasilkan.