Bagikan:

Pertumbuhan minat berwirausaha di Indonesia yang semakin meningkat dari waktu ke waktu menjadikan jenis pekerjaan ini sebagai salah satu profesi impian favorit para anak-anak muda. Jika dahulu banyak yang bermimpi menjadi seorang dokter atau pilot, jangan heran jika kini mimpi-mimpi tersebut telah berubah menjadi seorang pengusaha.

Dari sekian banyak keuntungan menjadi wirausaha, besarnya angka penghasilan merupakan daya tarik utama dari profesi yang satu ini. Akan tetapi, hal tersebut tentu tidak bisa terwujud begitu saja. Diperlukan kegigihan, semangat juang, serta sifat tidak pantang menyerah untuk bisa menjadi seorang pengusaha sukses dengan omzet berlimpah.

Tak hanya itu, memilih model usaha yang cocok bagi Anda juga dapat berpengaruh pada kesuksesan bisnis Anda di kemudian hari lho. Banyaknya jenis usaha yang bisa dijalankan dengan modal pas-pasan kerap kali membuat para wirausaha pemula terkesan “asal” dalam memilih model bisnis yang digeluti.

Untuk menambah wawasan Anda, berikut adalah 3 jenis wirausaha yang populer di Indonesia beserta contohnya:

  1. Usaha Ritel; Tulang Punggung Ekonomi yang Tidak Ada Matinya

Berbicara soal wirausaha selamanya tidak akan pernah lepas dari persoalan industri ritel. Secara harfiah, ritel dapat disebut sebagai bisnis penjualan eceran yang dilakukan secara langsung dari distributor kepada konsumen. Model bisnis ini cenderung aman untuk dilakukan karena risiko kerugian hanya berasal dari persaingan antar peritel saja.

Salah satu contoh kesuksesan di bidang ritel adalah jaringan minimarket. Dengan ribuan gerai yang tersebar di antero Indonesia, ritel jaringan minimarket kini mampu mengantongi pendapatan lebih dari 50 triliun rupiah setiap tahunnya.

  1. Bermain di Sektor Bisnis Digital dengan Model Usaha Startup

Seperti yang kita ketahui, saat ini penggunaan internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari yang tak hanya dapat dipakai sebagai sumber hiburan, tapi juga sarana mencari uang. Bagi Anda yang memiliki keterampilan serta minat dalam industri bisnis digital, usaha startup merupakan opsi yang paling cocok untuk Anda.

Jenis usaha yang sedang booming dalam satu dekade terakhir ini pada dasarnya dapat diartikan sebagai suatu bentuk wirausaha yang memanfaatkan dunia digital sebagai pusat kegiatan bisnis. Hal ini mencakup proses jual-beli atau transaksi antarindividu baik berupa barang maupun jasa.

Salah satu pelaku model usaha ini yang telah mendulang kesuksesan di Indonesia adalah situs Kaskus. Berawal dari sebuah forum digital, Kaskus kini telah menjelma menjadi sebuah platform yang turut menyediakan beragam jasa dan memfasilitasi kegiatan jual-beli antar penggunanya. Dengan jasa tersebut, situs ini mampu meraih omzet miliaran rupiah setiap tahunnya.

  1. Industri Kreatif; Tempat Meraih Untung dengan Modal Kreativitas

Setiap tahunnya, pemerintah selalu mendorong para kawula muda untuk berpartisipasi dalam meningkatkan pertumbuhan industri kreatif di Indonesia. Industri kreatif adalah jenis usaha yang mengandalkan kreativitas sebagai senjata utama. Industri ini sangat cocok bagi Anda yang masih berusia muda yang sangat paham akan perkembangan tren dan keinginan pasar.

Kelebihan utama dari industri ini adalah jumlah modalnya yang relatif lebih kecil daripada jenis bisnis lainnya. Selain itu, bisnis ini juga tidak memiliki pakem tertentu sehingga Anda bebas mengembangkan kreativitas Anda melalui produk yang dihasilkan.

Salah satu contoh kesuksesan pelaku bisnis ini dapat Anda lihat pada diri seorang David Yuwono. Dengan bermodalkan uang sebesar 800 ribu rupiah serta kreativitas yang tinggi dalam mengolah bahan kain denim menjadi tas, bisnis pria berusia 26 tahun itu kini dapat meraup omzet hingga lebih dari 100 juta per bulan. Luar biasa bukan?

Pada era sekarang, untuk urusan bisnis memang sudah tidak pandang bulu. Nyatanya sudah banyak pengusaha muda yang sukses di bidang usaha dan datang dari berbagai kalangan. Banyaknya peluang bisnis membuat orang-orang berlomba-lomba membangun usaha baru yang dinilai bisa mendatangkan keuntungan yang berlimpah. Anda sudah tidak perlu takut untuk urusan modal karena melalui Pegadaian dengan produk Krasida Anda bisa mendapatkan pinjaman untuk keperluan konsumtif dan produktif dengan jaminan emas. Untuk mendapatkan pinjaman sampai dengan 250 juta rupiah, persyaratannya hanya menyerahkan fotokopi KTP dan kartu keluarga serta barang jaminan emas. Pelunasan bisa Anda lakukan seaktu-waktu dengan pemberian diskon sewa modal.

Itu dia 3 jenis wirausaha berserta contoh-contohnya yang perlu Anda ketahui dan bagaimana mendapatkan modal yang mudah dengan cara yang cepat, mudah, dan aman. Sebagai tambahan, berbisnis atau berwirausaha sejatinya merupakan sebuah profesi yang menuntut kesabaran serta keuletan dalam jangka panjang. Karena sama seperti profesi lainnya, kesuksesan Anda dalam berwirausaha tidak akan dapat diraih dalam semalam, oleh karena itu menikmati setiap proses yang terjadi dalam perjalanan menuju puncak kesuksesan adalah sebuah keharusan.

Sifat mudah menyerah dan putus asa adalah dua hal yang harus dijauhi oleh Anda para calon wirausaha sukses, seperti yang dikatakan oleh Bong Chandra;

Salah bisa diperbaiki, gagal bisa diulangi, tapi menyerah berarti selesai. Kita boleh gagal tapi jangan sampai menyerah”.

So, tegakkan kepala Anda dan raihlah kesuksesan berbisnis yang selalu Anda impi-impikan, selamat berjuang!