cara cepat kaya
Bagikan:

Jika ditanya, setiap orang pasti ingin cepat kaya. Sayang–jika Anda bukan keturunan raja/pengusaha, menjadi kaya bisa jadi hal yang mustahil. Bagaimana tidak, selain faktor “luck”, Anda membutuhkan usaha yang besar; bahkan harus bekerja siang dan malam.

Harus dipahami, menjadi kaya dan memiliki banyak uang sendiri bukanlah satu hal yang bisa Anda dapatkan dengan instan. Beberapa miliarder telah membuktikannya. Sebelum ada di tahap sekarang–mereka bahkan harus mengalami banyak penolakan, kegagalan, hingga cibiran orang.

Lalu apa sih rahasia di balik kesuksesan mereka? Terinspirasi dari banyak kisah sukses para pengusaha, yuk, jadi cepat kaya dengan lima prinsip berikut!

  • Jangan Malas!

Seberapa pun sulitnya pekerjaan, jangan pernah berhenti berusaha. Setidaknya, itulah prinsip yang terus dipegang oleh banyak miliarder sukses. Kendati tanda-tanda keberhasilan masih tampak amat jauh, etos kerja yang baik akan membuat Anda dipercaya orang. Buktinya, mereka berhasil tuh, melewati banyak cibiran, kegagalan, hingga penolakan dari orang lain. Kuncinya: kerja keras!

  • Penghasilan Besar Bukan Alasan Hidup Boros

Penghasilan Anda memang besar, namun jangan jadikan itu alasan untuk hidup mewah dan boros, ya. Toh, Anda tetap tidak tahu apa yang terjadi di masa depan. Bisa jadi, beberapa tahun mendatang Anda terkena PHK, atau justru mengidap penyakit yang membutuhkan biaya besar!

Habiskanlah uang dengan bijak. Ini bisa berupa membeli barang atas dasar kebutuhan dan bukan keinginan. Adapun sebagai “jaminan” masa depan, setidaknya sisihkan minimal 30% penghasilan Anda untuk ditabung. Nah, Anda bisa menyimpan uang secara khusus di tabungan berjangka atau deposito.

  • Hindari Pola Hidup Konsumtif

Membeli barang dengan kartu kredit memang menyenangkan. Bagaimana pun, kartu kredit memberikan kemudahan dalam proses transaksi, mulai dari banyak diskon sampai memberikan kesan mewah. Sayang, penggunaan kartu kredit juga akan “memancing” Anda ke dalam risiko yang lebih besar, yakni konsumtif.

Baca juga  Cerdas Mengatur Dana THR untuk Modal Usaha dan Hari Raya

Nah, meski terkesan kuno, ada baiknya untuk membeli barang dengan uang tunai. Lalu, bagaimana jika uang Anda belum mencukupi? Tenang, barang incaran Anda tidak akan lari, kok. Tundalah hingga uang Anda benar-benar-benar terkumpul. Setidaknya, itulah prinsip kaya a la miliarder, lho!

  • Carilah Kerja Sampingan

Mumpung masih muda dan banyak tenaga, tidak ada salahnya Anda menambah penghasilan dengan mencari kerja sambilan. Toh, tidak sedikit lho para miliarder yang sempat nyambi jadi pebisnis online, developer, hingga penulis lepas–selagi mereka menjadi karyawan.

  • Berinvestasilah

Setelah punya cukup uang, gunakanlah uang itu untuk berinvestasi. Dewasa ini, ada banyak kok instrumen investasi yang dapat Anda coba. Ini bisa meliputi properti, emas, saham, hingga asuransi. Adapun sebelum memulainya, disarankan untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya, ya. Jangan ragu pula berkonsultasi dengan pakar investasi!

Memang, ada begitu banyak definisi “kaya”. Entah itu berupa gaya hidup glamor, jaminan finansial masa tua, hingga sekadar hidup yang tidak kekurangan, yuk segera jadi cepat kaya dengan lima prinsip berikut!