permodalan usaha
Bagikan:

Mencari tambahan permodalan usaha dengan cara berutang ke rentenir harus dihindari oleh seorang pengusaha. Bukannya menyelesaikan masalah, berutang ke rentenir malah akan memberikan masalah baru untuk Anda. Terutama karena bunga yang mencekik. Walhasil, hidup Anda tidak akan tenang karena terus dihantui utang yang tidak ada habisnya.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa memperoleh tambahan modal meski tanpa harus menggunakan ‘jasa’ seorang rentenir. Berikut ini empat cara alternatif mencari permodalan usaha tanpa harus terjebak rentenir:

  1. Gadaikan barang

Cara pertama dalam memperoleh permodalan usaha tanpa harus meminjam uang ke rentenir adalah dengan menggadaikan barang. Cara ini cukup efektif sebagai solusi untuk bisa mendapatkan uang tunai dalam waktu dekat. Terlebih, barang yang digadaikan juga bisa ditebus kembali. Barang yang bisa digadaikan juga beragam. Mulai dari perhiasan, kendaraan bermotor, tanah, rumah, dan lain-lain.

Saat menggadaikan barang, Anda juga perlu hati-hati. Pilih tempat penggadaian barang yang aman dengan reputasi jelas. Untuk hal yang satu ini, Pegadaian tentu jadi pilihan yang aman. Terlebih, Pegadaian merupakan perusahaan milik negara. Jadi, Anda bisa tenang dan tidak perlu khawatir barang yang digadaikan hilang dengan tiba-tiba.

  1. Cari investor

Opsi berikutnya, Anda bisa juga mempertimbangkan untuk mencari investor. Tentunya, investor yang dicari adalah seorang investor yang bisa membuat bisnis Anda semakin berkembang. Sosok investor yang bisa dipertimbangkan antara lain adalah investor dengan jaringan bisnis yang kuat, investor dengan pengalaman yang banyak, serta investor yang bisa membantu saat Anda mengalami permasalahan dalam menjalankan bisnis.

  1. Berpartisipasi dalam program kemitraan BUMN

Badan usaha milik negara (BUMN) juga menyediakan program kemitraan yang bisa diikuti oleh para pemilik usaha kecil dan menengah. Mereka yang berpartisipasi dalam program ini, tidak hanya bisa memperoleh tambahan pinjaman permodalan usaha, tapi juga dapat berpartisipasi dalam program pengembangan yang mereka berikan.

Baca juga  Langkah Meraih Kebebasan Finansial

Menariknya lagi, pinjaman yang diberikan oleh BUMN adalah pinjaman yang dengan yang rendah. Jauh lebih meringankan jika dibandingkan bunga dari rentenir. Beberapa BUMN yang memiliki program seperti ini antara lain adalah Petrokimia Gresik, Semen Indonesia, PT Telkom, dan BUMN lainnya.

  1. Ubah gaya hidup

Cara untuk bisa memperoleh tambahan permodalan usaha adalah dengan mengubah gaya hidup. Cara yang satu ini memang sangat sederhana, namun efektif. Dibandingkan menggunakan uang untuk membeli mobil baru yang lebih mahal dan dan mewah, alangkah baiknya dana tersebut dipakai untuk pengembangan usaha. Terlebih, mobil mahal hanya dipakai sekadar memenuhi hasrat gaya hidup mewah.

  1. Pinjaman bank

Cara terakhir adalah dengan mengajukan pinjaman kredit usaha rakyat (KUR) kepada bank. Pinjaman jenis ini secara khusus disediakan untuk pemilik usaha kecil dan menengah (UMKM). Selain cara pengajuannya gampang, bunga yang diterapkan juga ringan.

Ingat, hidup terhimpit utang kepada rentenir itu akan sangat memberatkan. Berharap bisa mengembangkan usaha, malah akhirnya bangkrut dan tutup. Tentu tidak mau seperti itu, kan?