Bagikan:

Kendaraan rusak, rumah butuh direnovasi, bisnis Anda yang berkembang cukup lamban, dan berbagai masalah lainnya merupakan hal-hal yang membuat Anda perlu untuk memutar agar bertemu jalan keluarnya. Langkah awal yang mungkin dilakukan adalah dengan meminjam sejumlah uang dari kerabat terdekat, keluarga, atau bahkan lembaga keuangan. Meminjam uang dengan orang terdekat mungkin tidak ada beban bunga yang harus dibayarkan, namun berbeda saat Anda melakukan pinjaman di lembaga keuangan profesional karena ada bunganya.

Hidup di zaman yang semakin maju ini memberikan banyak sekali penawaran yang bisa membantu kita dalam menyelesaikan persoalan keuangan. Misalnya di Pegadaian, Anda bisa mengajukan pinjaman dengan menggadaikan barang berharga Anda sebagai jaminan. Sama seperti lembaga keuangan lainnya, Pegadaian juga membebankan biaya tertentu pada nasabahnya seperti biaya administrasi dan bunga. Namun, biaya yang dibebankan seperti sistem pembayaran dan bunga di Pegadaian berbeda dengan lembaga keuangan lainnya.

Sistem Pembayaran dan Bunga di Pegadaian pada Masing-Masing Produk

Pegadaian memiliki banyak sekali layanan pembiayaan yang ditawarkan kepada masyarakat dan setiap produk yang ditawarkan memiliki sistem pembayaran yang belum tentu sama, berikut juga bunga yang dibebankan pun berbeda di setiap produknya. Selain itu, berbeda agunan yang diserahkan juga memiliki tarif bunga yang berbeda. Berikut ini merupakan sistem pembayaran dan bunga di Pegadaian:

Pembiayaan KCA (Kredit Cepat dan Aman)

Mendapatkan dana dengan cepat, kini begitu mudah didapat. Sesuai dengan namanya yaitu, Kredit Cepat dan Aman (KCA), di Pegadaian kini Anda bisa mengajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan dengan proses yang mudah, cepat, dan tentunya aman. Mendapatkan dana untuk renovasi rumah, biaya pendidikan, atau biaya pengobatan jika sewaktu-waktu anda atau pun sanak keluarga anda mengalami kecelakaan tidak lagi sulit.

Baca juga  Pasangan Muda, Inilah Lima Cara Mengatur Keuangan Keluarga!

Melalui produk KCA, Anda bisa mendapatkan pinjaman dengan sistem gadai mulai dari Rp 50.000,- hingga Rp 500.000.000,- atau lebih dengan tarif bunga yang berlaku yaitu selama 15 hari. Sistem pembayaran pada pinjaman KCA ini dilakukan secara angsuran dalam jangka waktu maksimal 4 bulan dan Anda dapat memperpanjangnya.
Adapun bunga yang ditetapkan berbeda, tergantung pada besarnya jumlah pinjaman dan jaminan yang Anda serahkan:

  • Pinjaman mulai dari Rp. 50.000 hingga Rp. 500.000, bunga yang ditetapkan untuk jaminan berupa emas maupun non emas yaitu sebesar 0.750% dari uang pinjaman selama 15 hari dan maksimal 6.00%.
  • Untuk pinjaman sebesar Rp. 550.000 hingga Rp. 20.000.000, tarif sewa modal atau bunga untuk jaminan berupa emas maupun non emas sebesar 1.150 % per 15 hari dengan maksimal 9.20%.
  • Sedangkan untuk pinjaman Rp. 20.100.000 hingga Rp 2 milyar, terdapat dua pilihan sewa modal yang disesuaikan dengan golongan peminjam. Untuk golongan DK yaitu sebesar 1.00% maksimal 8.00% dan untuk golongan DG sebesar 1.15% dengan maksimal 9.20%.

Pembiayaan RAHN

Selain KCA yang merupakan sistem gadai konvensioanal, Pegadaian juga menyediakan pembiayaan RAHN. Perlu Anda ketahui, sistem berbasis syariah ini berbeda dengan gadai konvensional. Jika pada gadai konvensional pihak Pegadaian menetapkan sistem bunga, di Pegadaian Syariah hanya membebankan biaya untuk upah jasa pemeliharaan barang jaminan (ijaroh).

Pegadaian menentukan besarnya pinjaman dan biaya pemeliharaan berdasarkan taksiran emas yang digadaikan. Taksiran emas yang diperhitungkan ini dapat dilihat dari karatase emas, volume, serta berat emas yang digadaikan.
Untuk layanan RAHN, jangka waktu pinjaman yang diberikan selama 4 bulan dan tidak prlu khawatir karena anda bisa memperpanjangnya hingga berkali-kali. Menariknya, pelunasan dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan perhitungan ijaroh selama masa pinjaman.

Baca juga  Bisakah Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian?

Adapun penerimaan marhun bih/pinjaman pada produk ini bisa dalam bentuk tunai atau ditransfer ke rekening nasabah:

  • Untuk peminjaman mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 500.000, tarif ijaroh dengan agunan emas maupun non emas yaitu sebesar 0.45% dari nilai taksiran.
  • Untuk pinjaman Rp 500.001 hingga Rp 20.000.000, tarif ijaroh-nya sebesar 0.710% dari nilai taksiran untuk emas dan untuk non emas sebesar 0.72%.
  • Sedangkan untuk pinjaman di atas Rp 20 juta, tarif ijaroh dengan agunan emas yaitu 0.62% dan untuk non emas 0.65% dari nilai taksiran.

Arrum

Anda seorang wirausaha yang ingin mengembangkan bisnis? Pegadaian Arrum memberikan pinjaman pada Anda dengan jaminan BPKB. Dengan BPKB yang dijadikan jaminan, kendaraan Anda masih bisa digunakan sehingga bisa membantu Anda dalam menunjang usaha sehari-hari.

Untuk bisa mengajukan pinjaman melalui produk Arrum ini, Anda bisa memilih jangka waktu pinjaman yang bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda. Anda pun bisa melunasi pinjaman dalam jangka waktu 12, 18, 24 atau 36 bulan.

Besarnya uang pinjaman yang bisa Anda ajukan di layanan Arrum mulai dari Rp 20.000.000 hingga Rp. 150.000.000. Ijaroh yang harus Anda bayarkan melalui kalkulasi Rp 950.00 x (taksiran Rp 100.000).

KRASIDA (Kredit Gadai Sistem Angsuran)

Anda ingin mengajukan pinjaman dengan agunan berupa emas? Jangan khawatir, Anda bisa melakukannya di Pegadaian melalui produk KRASIDA. Layanan ini menyediakan pinjaman uang kepada Anda hanya dengan agunan berupa emas. Menariknya, Anda bisa mendapatkan pinjaman sebesar 95% dari nilai taksiran agunan.
Anda bisa mengajukan pinjaman melalui KRASIDA mulai dari Rp 1.000.000 hingga Rp 250.000.000 dengan jangka waktu pembayaran mulai dari 6 bulan hingga maksimal 36 bulan. Tarif bunga atau sewa modal pada KRASIDA ditentukan dari lamanya jangka waktu peminjaman:

  • Untuk tarif sewa modal yang harus Anda bayar dengan jangka waktu peminjaman 6-12 bulan, yaitu sebesar 1.25% x UP (uang pinjaman).
  • Untuk jangka waktu 13-24 bulan, sewa modal yang harus Anda bayar sebesar 1.30% x UP.
  • Untuk jangka waktu 25-36 bulan, Anda harus membayar sewa modal sebesar 1.40% x UP.
Baca juga  Kesalahan Generasi Milenial dalam Mengelola Keuangan

KREASI

Anda memiliki usaha kecil dan ingin mengembangkannya, tapi Anda ragu karena tidak memiliki cukup modal? Mungkin Anda pernah ragu untuk mengajukan pinjaman dana ke Pegadaian karena tidak memiliki barang berharga yang bisa dijadikan agunan? Anda tidak perlu cemas lagi karena di Pegadaian, Anda bisa mengajukan pinjaman hanya dengan agunan berupa BPKB kendaraan.

Mengapa BPKB kendaraan? Karena saat ini, hampir sulit ditemui orang yang tidak memiliki kendaraan, terutama motor. Di layanan KREASI, Anda bisa mengajukan pinjaman untuk membangun usaha kecil dan kendaraan yang Anda miliki masih tetap bisa digunakan untuk menunjang bisnis Anda. Istilahnya, cara ini dinamakan sistem Fidusia yang memberikan pinjaman cukup dengan BPKB kendaraan.

Besarnya sewa modal di layanan KREASI sebesar 1% dari uang pinjaman. Anda juga harus mengetahui bahwa jika Anda terlambat membayar, Anda akan dikenakan denda dengan maksimal sebesar 4 % dari angsuran.

Seperti layanan sebelumnya, KREASI memberikan jangka waktu peminjaman yang fleksibel. Lagi-lagi Anda bebas memilih waktu pelunasan pembayaran dengan jangka waktu 6, 12, 24, hingga 36 bulan.

Mendapatkan dana dengan proses yang mudah, cepat, dan murah bisa Anda dapatkan di Pegadaian. Namun, Anda juga harus tetap perhatikan jenis pinjaman apa yang akan anda ajukan, dan jangan lupa sesuaikan dengan kebutuhan anda. Kini, mendapatkan dana dengan cepat lagi mimpi. Semoga bermanfaat!