Bagikan:

Lebaran merupakan tanda kemenangan umat Islam yang menjalankan ibadah puasa selama satu bulan. Di masa-masa sekarang ini, Anda melakukan berbagai hal untuk merayakannya, mulai dari membuat kue, memasak ketupat dan opor, serta mengirim parsel. Karena itu pengeluaran menjelang Lebaran lebih banyak dibandingkan dari hari biasa. Jika kondisi keuangan tidak disiapkan secara terperinci, Anda bisa kehabisan uang. Kalau sudah begini, kebutuhan lainnya pasti diabaikan. Tenang saja, karena beberapa cara di bawah ini akan membantu Anda untuk mengatasi masalah keuangan menjelang Lebaran:

Membuat Perincian Pengeluaran dan Anggaran Biayanya
Langkah pertama yang harus diambil adalah mendata kebutuhan di hari raya Idul Fitri. Susunlah daftar belanja berdasarkan prioritas. Utamakan keperluan pokok, seperti bahan makanan, parsel Lebaran, dan zakat fitrah. Setelah itu, tetapkan anggaran biayanya. Pastikan disesuaikan dengan budget atau pendapatan bulanan. Jika ada kebutuhan yang tidak bisa dipenuhi, sebaiknya jangan memaksakan diri dengan utang. Hal ini hanya akan memberatkan Anda seusai Lebaran.

Namun, apabila kondisi tersebut sudah sangat mendesak, ada baiknya Anda mengatasi masalah tanpa masalah dengan melakukan gadai. Pegadaian menawarkan KCA (Kredit Cepat & Aman) yang memberikan solusi untuk mendapatkan pinjaman secara mudah, cepat, dan aman dengan agunan berupa perhiasan emas, emas batangan, berlian, mobil, sepeda motor, dan barang-barang elektronik. Dengan begitu, mengatasi masalah keuangan menjelang Lebaran menjadi lebih mudah.

Mengontrol Keinginan
Menjelang Lebaran, banyak toko atau mal yang mengobral barang dagangan dengan harga murah. Tentu ini sangat menggiurkan. Apalagi Anda baru saja mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR). Kalau tak dikendalikan, uang THR pasti habis dalam sekejap. Akibatnya, Anda tak punya dana setelah lebaran berakhir. Jadi, boleh saja berbelanja, asalkan bijak dalam memilih barang yang ingin dibeli.

Baca juga  Butuh Uang Banyak? Berikut Lima Cara Kreatif yang Bisa Jadi Solusi Anda!

Membuat Jadwal Belanja
Belanja dan wanita merupakan dua hal identik. Menjelang Lebaran, mereka memenuhi sebagian besar ruangan di dalam toko, mal, atau pasar. Untuk mencegah pemborosan dalam belanja, tidak ada salahnya Anda membuat jadwal. Pastikan di jadwal tersebut, tersedia barang-barang yang dibutuhkan.

Menyiapkan Biaya Tak Terduga
Anda tidak pernah tahu, apa yang terjadi saat Lebaran nanti. Uang tak hanya dibutuhkan untuk keperluan kuliner atau fashion Idul Fitri, tetapi juga untuk kesehatan. Karena itu, sisihkan THR dan gaji ke dalam tabungan. Jika suatu ketika memerlukan, Anda bisa mengambilnya.

Mencari Penghasilan Tambahan di Bulan Puasa
Bulan Ramadan membuka peluang usaha lebih banyak. Anda bisa berjualan beragam kudapan untuk berbuka, layanan katering, atau berdagang pakaian Muslimah. Barang-barang tersebut semakin laris manis menjelang Lebaran. Dengan demikian, Anda bisa memperoleh pendapatan tambahan di luar THR. Namun ingat, uangnya jangan langsung dihabiskan. Hal ini karena kebutuhan seusai lebaran justru lebih besar.

Selektif Memilih Undangan Berbuka Puasa
Aktivitas buka bersama sering kali diadakan menjelang Idul Fitri. Mungkin, Anda adalah salah satu orang yang menerima banyak undangan tersebut. Nah, supaya tidak mudah tergoda, pilih yang paling berpengaruh. Hindari menghadiri semua acara itu agar keuangan tetap stabil sampai lebaran tiba.

Itulah berbagai solusi mengatasi masalah keuangan menjelang Lebaran. Jangan merasa terbebani dengan keinginan belanja yang tidak penting saat itu. Tujuannya supaya Anda tetap memiliki simpanan dana hingga Idul Fitri usai.