Bagikan:

Dewasa ini, investasi sebagai penanaman modal untuk mendapatkan keuntungan menjadi sangat penting mengingat kondisi keuangan di masa mendatang yang belum tentu stabil. Sehingga, berbagai jenis investasi yang ada saat ini menjadi pilihan bagi masyarakat untuk mempersiapkan dana di masa depan.

Investasi yang biasa digunakan pun terdapat beberapa jenis, yaitu investasi deposito, emas, dan properti. Jenis investasi yang ada ini tentunya memiliki berbagai kelemahan dan kelebihannya masing-masing sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan.

Investasi jenis apapun yang dimiliki akan sangat berguna ketika kondisi keuangan seseorang sedang berada di ujung tanduk. Seperti investasi properti yang bisa menjadi solusi untuk memenuhi berbagai keperluan yang membutuhkan dana tidak sedikit.

Investasi properti banyak memberikan keuntungan bagi investornya, seperti investasinya yang bersifat jangka panjang, mendapatkan pendapatan tetap perbulannya hingga passive income. Namun, bagaimana jika tidak memiliki investasi properti sementara anda membutuhkan dana yang tidak sedikit?

Jangan khawatir, karena jika Anda memiliki rumah pribadi, rumah tersebutlah sebagai aset Anda. Rumah dan lebih tepatnya sertifikat rumah bisa Anda jadikan agunan/jaminan untuk mendapatkan pinjaman dana yang tidak sedikit. Membutuhkan dana yang cukup besar bukan hal yang mudah, sehingga banyak mereka yang berani gadai sertifikat rumah untuk mendapatkan dana yang besar dalam waktu yang singkat.

Bisakah Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian?

Untuk menggadaikan sertifikat rumah, Anda pasti tahu bank atau lembaga keuangan lainnya merupakan tempat yang bisa Anda datangi untuk mengajukan sejumlah pinjaman. Meminjam uang di bank telah menjadi solusi yang sering dilakukan dengan menggadaikan sertifikat rumah.

Pegadaian sebagai lembaga keuangan yang melayani pembiayaan dengan agunan, telah menjadi alternatif bagi mereka yang membutuhkan dana dengan proses yang cepat, mudah, dan aman. Namun, saat ini Pegadaian belum melayani pembiayaan dengan menyerahkan agunan berupa sertifikat rumah. Adapun barang yang bisa digadaikan di pegadaian yaitu barang bergerak yang memiliki nilai, seperti emas, kendaraan, barang elektronik dan lain sebagainya.

Baca juga  6 Tips Mempersiapkan Keuangan Masa Depan untuk Anak Muda

Bagi Anda yang membutuhkan dana dengan jumlah banyak dan dengan proses pengajuan yang cepat, Anda bisa mengajukannya di Pegadaian namun dengan agunan selain sertifikat rumah. Berikut ini merupakan barang apa saja yang bisa anda gadaikan di Pegadaian untuk mengajukan pinjaman dana:

1. Emas

Membutuhkan dana darurat bukan lagi masalah besar jika Anda memiliki emas, baik berupa perhiasan maupun emas batangan. Menjual emas ataupun menggadaikan emas telah menjadi alternatif bagi mereka dengan kondisi keuangan yang sedang merosot. Pasalnya, emas menjadi barang yang sangat mudah dicairkan dan mempunyai nilai jual yang tinggi di pasaran. Menggadaikan emas juga dinilai tidak rumit dan mudah dibawa-bawa dibandingkan barang lainnya. Di Pegadaian, proses gadai emas sendiri cukup mudah. Anda hanya perlu membawa emas yang akan anda gadai beserta surat-suratnya, menyerahkan identitas diri dan pengajuan anda pun akan segera di proses. Selain emas, Anda juga bisa menggadaikan berlian yang Anda miliki dengan persyaratan yang serupa.

2. Kendaraan

Kendaraan pribadi seperti motor dan mobil telah menjadi transportasi utama bagi masyarakat Indonesia untuk menempuh perjalanan. Jika kita perhatikan, sangat jarang orang-orang di sekitar kita yang tidak memiliki kendaraan pribadi baik motor atau pun mobil. Nah, kendaraan yang menjadi aset itu bisa menjadi agunan jika Anda sedang membutuhkan dana darurat. Untuk mengajukan pinjaman dengan agunan kendaraan di pegadaian, syarat dan prosesnya sangat mudah. Anda hanya perlu menyerahkan fotokopi identitas diri dan surat-surat kendaraan anda. Setelah itu, pinjaman Anda akan segera diproses dalam waktu 15 menit saya. Sangat mudah, bukan? Tapi, sebelum anda menggadaikan kendaraan, alangkah baiknya Anda harus mengetahui berbagai persyaratan lainnya terkait kriteria kendaraan yang akan Anda gadaikan. Pegadaian memiliki kriteria apakah suatu kendaraan layak atau tidak untuk dijadikan agunan. Untuk kendaraan bermotor, Anda harus pahami bahwa motor yang bisa Anda gadai adalah motor dengan masa produksi minimal 5 tahun terakhir. Selain itu, merek motor yang bisa digadaikan merupakan semua merek yang telah beredar di pasaran, seperti Yamaha, Honda, dan yang lainnya kecuali motor dengan pabrikan Tiongkok. Sedangkan untuk kendaraan mobil, yang bisa Anda gadaikan yaitu mobil dengan masa produksi minimal 10 tahun terakhir.

Baca juga  Solusi Mengatasi Masalah Keuangan Menjelang Lebaran

3. BPKB Kendaraan

Anda ingin menggadaikan motor untuk menambah modal usaha? Tapi ternyata Anda ragu karena motor tersebut merupakan aset untuk menunjang bisnis Anda seperti membeli bahan baku, mengantar pesanan, dan lain sebagainya. Mulai sekarang, Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa sekali mendapatkan dana dengan proses yang mudah dan cepat melalui produk Pegadaian Kreasi dan Arrum BPKB. Anda bisa mengajukan pinjaman melalui produk Pegadaian tersebut untuk membantu mengembangkan usaha Anda sehingga kendaraan Anda masih bisa digunakan untuk membantu menjalankan usaha.

4. Barang Elektronik

Bila Anda membutuhkan dana cepat tetapi bingung harus menggadaikan barang apa, Anda bisa memanfaatkan barang elektronik yang ada di dalam rumah baik itu televisi, radio, kulkas, dan barang elektronik lainnya. Tetapi ada beberpa hal yang harus anda perhatikan disini yaitu, pastikan barang elektronik yang akan Anda gadaikan dengan masa produksi 1 tahun terakhir. Jika Anda ingin menggadaikan televisi, pastikan juga televisi yang Anda miliki bertipe LCD, karena saat ini televisi berbentuk tabung sudah tidak lagi diminati pasar.

5. Gadget

Kita hidup di zaman serba digital. Hampir semua orang di sekeliling kita menggunakan teknologi digital berupa gadget di kesehariannya. Gadget seperti laptop dan smartphone bisa Anda gadaikan untuk melakukan pinjaman di Pegadaian. Sama halnya dengan barang-barang sebelumnya, tidak semua jenis gadget bisa dijadikan barang gadaian, akan jauh lebih baik apabila smartphone yang Anda gadaikan tidak berusia terlalu lama. Karena semakin baru produksi smartphone tersebut, purna jualnya pun tinggi. Pastikan juga gadget yang Anda miliki masih utuh dan tidak mengalami kerusakan apa pun.

6. Kamera

Anda penyuka fotografi yang memiliki kamera dan sedang membutuhkan dana? Anda bisa menggadaikan kamera yang anda miliki untuk mengajukan pinjaman. Pastikan juga kamera yang Anda gadaikan ini berupa kamera DSLR yang masih berfungsi dengan baik dan tidak mengalami cacat sedikit pun. Jangan lupa juga untuk membawa kuitansi pembelian kamera ketika hendak mengajukan pinjaman.

Baca juga  Begini 6 Cara Mengatur Gaji Bulanan yang Efektif

Menghadapi berbagai macam keperluan memang membuat kepala pusing, belum lagi jika keperluan yang harus dipenuhi tidak sesuai dengan uang yang anda miliki. Sehingga hal ini membuat anda harus rela menggadaikan barang berharga seperti sertifikat rumah guna mendapatkan dana.

Namun, mendapatkan dana tidak hanya melalui gadai sertifikat rumah. Di Pegadaian, Anda bisa menggadaikan barang berharga milik Anda dengan agunan yang telah dijelaskan di atas. Semoga bermanfaat!