Bagikan:

Setiap harinya, kita pasti mengeluarkan sejumlah uang untuk berbagai keperluan. Mulai dari keperluan rumah tangga seperti membeli sayuran, memberi uang saku anak hingga keperluan atau kebutuhan yang nilainya lebih besar, seperti uang pendidikan anak, cicilan kendaraan, dan berbagai cicilan lainnya.

Kita pun dituntut agar pandai dalam mengelola keuangan agar berbagai kebutuhan tersebut terpenuhi. Tentunya selain menyiapkan dana untuk memenuhi berbagai kebutuhan pokok, Anda juga harus sadar untuk mempersiapkan dana di masa depan, misalnya untuk melanjutkan pendidikan anak ke jenjang yang lebih tinggi.

Tapi terkadang kebutuhan manusia datang bisa kapan saja dalam berbagai bentuk. Misalnya kendaraan rusak, kondisi rumah yang rusak dan butuh direnovasi, hingga hal-hal lain yang tidak diinginkan seperti kecelakaan atau sanak keluarga ada yang sakit. Jika ada hal tidak terduga seperti itu mungkin satu-satunya pilhan yaitu memakai dana simpanan Anda. Akan lebih bagus jika Anda memiliki dana darurat, jika tidak mau tidak mau Anda harus memakai dana yang sudah dipersiapkan untuk pendidikan anak, misalnya.

Namun bagaimana jika dana yang Anda miliki tidak cukup untuk menutup kebutuhan darurat tersebut? Anda pasti pusing bukan kepalang memikirkannya. Hal pertama yang Anda lakukan mungkin mendatangi sanak saudara atau kerabat terdekat untuk meminta bantuannya. Tapi, bagaimana jika hasilnya nihil mengingat mereka yang juga memiliki kebutuhannya masing-masing? Pikiran Anda mungkin terlintas ke lembaga keuangan seperti bank atau Pegadaian sebagai alternatif yang bisa membantu Anda.

Apakah Bisa Pinjam Uang di Pegadaian Tanpa Jaminan?

Untuk meminjam uang kepada pihak lain memang memiliki persyaratan karena biasanya setiap lembaga memberikan syarat berupa adanya jaminan ketika Anda ingin meminjam uang. Anda mungkin pernah berada di satu titik di mana untuk meminjam uang saja tidak ada barang berharga yang harus Anda gadaikan. Kalaupun tidak mengharuskan jaminan, Anda pasti dibebankan dengan bunga yang lebih besar, terutama jika Anda meminjamnya kepada rentenir.

Baca juga  Manajemen Keuangan yang Cocok untuk Anak Muda

Pegadaian memang menjadi tempat yang dikenal sebagai layanan pembiayaannya. Mungkin Anda pernah bertanya, bisakah pinjam uang di Pegadaian tanpa jaminan?

Sampai saat ini, Pegadaian sebagai BUMN tidak melayani pembiayaan tanpa jaminan. Anda mungkin bisa saja melakukan pinjaman uang kepada lembaga lain, seperi bank. Tetapi biasanya Anda harus melewati persyaratan yang rumit dan pastinya dikenakan bunga yang tidak sedikit.

Pegadaian memang mengharuskan nasabahnya memberi jaminan ketika ingin meminjam uang, namun Anda perlu tahu bahwa jaminan yang disyaratkan oleh Pegadaian tidak serumit yang Anda kira. Berikut ini barang apa saja yang bisa Anda jadikan jaminan untuk mendapatkan pinjaman uang di Pegadaian:

  1. Kendaraan

Zaman sekarang rasanya sulit sekali menemukan orang yang tidak memiliki kendaraan, terutama kendaraan bermotor. Di kota-kota besar seperti Jakarta misalnya, pemilik kendaraan bermotor lebih banyak volumenya dibanding dengan kendaraan lain. Anda mungkin hanya memiliki satu kendaraan bermotor yang menjadi andalan Anda untuk melakukan aktivitas sehari hari seperti bekerja. Namun, untuk membayar kebutuhan darurat Anda, tidak ada salahnya untuk menggadaikan motor untuk sementara. Anda juga bisa beralih menggunakan sarana transportasi umum ke tempat kerja atau ke tempat lainnya.

Untik menjadikan kendaraan Anda sebaga jaminan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu untuk kendaraan bermotor, Anda harus pahami bahwa motor yang bisa Anda gadai adalah motor dengan masa produksi minimal 5 tahun terakhir. Selain itu, merek motor yang bisa digadaikan merupakan semua merek yang telah beredar di pasaran, kecuali motor dengan pabrikan Tiongkok. Sedangkan untuk kendaraan mobil, yang bisa Anda gadaikan yaitu mobil dengan masa produksi minimal 10 tahun terakhir.

  1. BPKB Kendaraan

Anda mungkin masih berat hati menggadaikan kendaraan yang Anda miliki. Namun jangan khawatir karena Pegadaian memiliki solusi lainnya yaitu dengan menggadaikan BPKB kendaraan.

Baca juga  Inklusi Keuangan untuk Pertumbuhan Ekonomi Bangsa

Untuk bisa menggadaikan BPKB kendaraan, hanya bisa melalui produk Pegadaian yaitu Kreasi dan Arrum. Artinya, jaminan berupa BPKB ini hanya ditujukan bagi mereka yang membutuhkan dana untuk mengembangkan usahanya.

Jika Anda memiliki usaha dan ingin membangun kembali usaha anda, anda bisa mengajukan pinjaman melalui produk Pegadaian ini sehingga kendaraan anda masih bisa anda gunakan untuk membantu menjalankan bisnis.

  1. Emas

Jika Anda memiliki simpanan emas baik berupa emas batangan maupun perhiasan, Anda bisa menggadaikannya untuk sementara. Mendapatkan uang pinjaman juga jauh lebih mudah dengan menggunakan emas. Emas juga dikenal memiliki nilai jual yang tinggi dibandingkan barang lainnya.

Di Pegadaian, proses gadai emas sendiri cukup mudah. Anda hanya perlu membawa emas yang akan Anda gadai beserta fotokopi KTP atau identitas diri lainnya, pengajuan Anda pun akan segera diproses. Selain emas, Anda juga bisa menggadaikan berlian yang Anda punya dengan persyaratan yang sama.

  1. Barang Elektronik

Sama halnya dengan kendaraan bermotor, Anda mungkin berat hati untuk menggadaikan barang elektronik, terlebih jika barang itu merupakan barang satu-satunya seperti televisi. Tetapi jangan cemas, karena selain televisi Anda bisa menggadaikan barang elektronik lainnya seperti radio dan kulkas.

Untuk menggadaikan barang elektronik ada beberpa hal yang harus anda perhatikan disini yaitu, pastikan barang elektronik yang akan anda gadaikan dengan masa produksi 1 tahun terakhir. Jika anda ingin menggadaikan Televisi, pastikan juga televisi yang anda miliki bertipe LED, karena saat ini televisi tabung sudah tidak diminati pasar.

  1. Gadget

Sama halnya dengan kendaraan bermotor, hampir sulit ditemukan orang yang tidak memiliki perangkat digital seperti handphone terlebih setelah memasuki era digital, dimana telepon genggam menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki.

Baca juga  Pasangan Muda, Inilah Lima Cara Mengatur Keuangan Keluarga!

Gadget seperti laptop dan handphone atau smartphone bisa Anda gadaikan untuk melakukan pinjaman di Pegadaian. Perlu diperhatikan seperti barang-barang sebelumnya, tidak semua jenis gadget bisa dijadikan barang jaminan, akan jauh lebih baik apabila smartphone yang Anda gadaikan tidak berusia terlalu lama. Karena semakin baru produksi smartphone tersebut, purna jualnya pun tinggi. Pastikan juga gadget yang Anda miliki masih utuh dan tidak mengalami kerusakan apa pun.

  1. Kamera

Bagi Anda pecinta fotografi atau bekerja dibidang yang berkaitan dengan fotografi besar kemungkinan pasti memiliki kamera. Guna menutup kebutuhan darurat, Anda bisa menggadaikan kamera yang anda miliki untuk mengajukan pinjaman. Pastikan juga kamera yang anda gadaikan ini berupa kamera DSLR yang masih berfungsi dengan baik dan tidak mengalami cacat sedikitpun. Sebelum datang ke Pegadaian, pastikan kuitansi pembelian kamera juga telah Anda siapkan.

Tidak ada yang bisa menduga kapan datangnya suatu musibah. Musibah yang menimpa tak jarang membuat seseorang stres dan akhirnya memilih jalan yang salah demi mendapatkan apa yang diinginkan. Tetap tenang dan yakin bahwa semua ada solusinya adalah kuncinya. Demikian ulasan yang kami sampaikan. Tetap semangat!