Cara Mengatur Gaji Bulanan
Bagikan:
Aplikasi Sahabat Pegadaian

Bagi sebagian orang, mengatur keuangan dengan baik adalah hal yang cukup sulit dilakukan. Ketidakseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran biasanya sering dijadikan alasan. Gaji saja sedikit, jangankan menabung, untuk menutup kebutuhan sehari-hari pun rasanya masih kurang.

Padahal asal tahu triknya, mengatur gaji bulanan sebenarnya bukan hal yang susah, lho. Nah, buat yang masih belum tahu bagaimana cara mengelola gaji dengan baik, Anda wajib menyimak tips berikut sampai selesai.

Belajar Mengendalikan Diri

Salah satu penyebab kenapa gaji selalu habis sebelum waktunya adalah ketidakmampuan kita untuk mengendalikan diri. Oleh karenanya, cobalah menahan diri tidak membelanjakan uang untuk sesuatu yang tidak diperlukan, mengurangi kebiasaan makan di luar, dan sebagainya.

Dengan begini, Anda bisa menghemat pengeluaran dan mengalokasikannya untuk pos lain, salah satunya menabung.

Buat Skala Prioritas kebutuhan

Sebelum membelanjakan uang untuk ini itu, buatlah skala prioritas kebutuhan terlebih dulu. Tentukan mana kebutuhan yang sifatnya mendesak, bisa ditunda, dan yang tidak terlalu perlu.

Ingat, patuhi daftar yang sudah Anda buat. Hal ini akan ikut membantu menekan pengeluaran untuk sesuatu yang tidak terlalu dibutuhkan. Sisanya bisa Anda masukkan tabungan.

Buat Target Pengeluaran

Selain skala prioritas, Anda juga harus membuat target pengeluaran; berapa jumlah maksimal uang yang boleh Anda keluarkan untuk berbagai keperluan. Buat target ini berdasarkan skala prioritas dan patuhi.

Sekiranya jumlah pengeluaran sudah mendekati angka maksimal sementara masih banyak hal penting lain yang belum Anda beli, Anda bisa menyiasatinya dengan cara Anda sendiri. Berhemat, misalnya.

Beli Barang secara Kontan

Biasanya karena ketiadaan dana orang terpaksa berutang demi memiliki barang yang diinginkannya. Sayangnya, kebiasaan berutang ini justru akan memberatkan Anda sendiri di kemudian hari.

Karenanya, belilah barang secara tunai. Jika belum ada uang, menabunglah sedikit demi sedikit. Selain lebih puas karena tidak dibebani utang, menabung juga membuat kita belajar mengendalikan diri.

Punya Rekening Khusus Tabungan

Orang cenderung menyimpan uangnya di ATM karena alasan kepraktisan; bisa diambil kapan pun ketika butuh. Sebetulnya hal ini punya efek yang kurang baik, sebab kita akan dengan mudah menariknya karena merasa punya uang.

Lebih baik buatlah rekening khusus tabungan yang hanya bisa diambil dengan syarat-syarat tertentu. Dengan begitu, angka pengeluaran bisa ditekan.

Ingin coba tabungan yang beda dan membuat Anda tidak boros? Tabungan Emas bisa menjadi solusi utama. Dengan Tabungan Emas, Anda akan termotivasi untuk terus menambah tabungan Anda tanpa khawatir akan pemborosan akibat mesin ATM.

Pilih-Pilih Teman

Lingkungan sekitar juga sangat memengaruhi apakah kita konsumtif atau tidak. Berteman dengan orang-orang yang konsumtif akan membuat kita ikut terpengaruh kebiasannya. Oleh karena itu, pilih dan bergaullah dengan teman yang banyak menghabiskan waktunya untuk hal-hal yang lebih bermanfaat dari sekadar belanja, jalan-jalan, dan makan di luar.

Nah, itu saja tips mengatur gaji bulanan yang bisa Anda terapkan. Memang Anda tidak bisa melihat hasilnya secara instan, tapi Anda ingat dengan pepatah “sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit”, bukan?