Bagikan:

Kita semua tahu bahwa tidak semua orang memiliki kondisi ekonomi yang stabil. Terkadang, keperluan sehari-hari memang tidak bisa diprediksi karena tidak ada yang tahu kapan datangnya musibah, seperti kecelakaan, kendaraan rusak, atau usaha Anda yang kian menyusut karena butuh suntikan modal. Kebutuhan mendesak yang terjadi secara tidak terduga itu pun terpaksa membuat Anda harus mengeluarkan biaya lebih.

Jika biaya yang harus dikeluarkan tidak banyak, Anda mungkin masih bisa menutupnya dengan menggunakan dana darurat maupun tabungan yang Anda miliki. Tetapi bagaimana jika keadaannya tidak demikian? Ketika Anda harus mengeluarkan banyak uang sementara tabungan Anda tidak mencukupi untuk menutup itu semua, padahal Anda masih harus memenuhi kebutuhan lainnya.

Mungkin salah satu pilihan terakhir yang akan Anda lakukan adalah meminjam uang dari Pegadaian. Ya, meminjam sejumlah uang dari Pegadaian telah menjadi alternatif bagi kebanyakan masyarakat ketika mereka sedang membutuhkan dana dengan segera. Proses yang cepat serta minimnya risiko dan beban berat selama masa peminjaman menjadi beberapa alasan mereka berlabuh ke Pegadaian.

Ketika kita hendak mengajukan pinjaman, kita wajib menyerahkan barang berharga sebagai jaminan, yang mana barang jaminan tersebut yang akan membayar pinjaman ketika mereka tidak bisa membayarnya. Lantas, kita pasti pernah bertanya, “Barang apa saja yang bisa digadaikan di Pegadaian?”

Pertanyaan di atas mungkin pernah terlintas dalam benak Anda ketika hendak mengajukan pinjaman ke Pegadaian. Anda perlu tahu, bahwa tidak semua barang atau aset yang Anda miliki bisa Anda gadaikan untuk memperoleh sejumlah pinjaman. Selain itu, barang yang bisa digadaikan pun tidak selamanya bisa Anda gadaikan karena ada beberapa kriteria yang menjadi pertimbangan pihak Pegadaian.

Inilah Barang Apa Saja yang Bisa Digadaikan di Pegadaian

Sampai di sini, Anda pasti sudah tahu bahwa tidak semua barang yang Anda miliki bisa dijadikan jaminan ketika hendak mengajukan pinjaman dari Pegadaian. Selain memiliki kriteria dan model barang, tahun pembuatannya juga menjadi bahan pertimbangan ketika Anda ingin mengajukan pinjaman. Berikut ini merupakan barang apa saja yang bisa digadaikan di Pegadaian:

Baca juga  Bisakah Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian?

Kendaraan
Di Indonesia, kita bisa melihat bahwa sebagian besar masyarakatnya memiliki kendaraan pribadi. Hal ini bisa dibuktikan dengan tingginya angka kemacetan, khususnya di Ibu Kota yang didominasi oleh kendaraan pribadi, terutama kendaraan bermotor. Kendaraan pribadi seperti motor dan mobil yang menjadi aset ternyata bisa Anda gadaikan ketika hendak mengajukan pinjaman dari Pegadaian.

Mungkin Anda mengira bahwa jika kita memiliki kendaraan, kita bisa dengan mudah menggadaikannya. Namun, Anda perlu tahu bahwa tidak semudah itu dalam menggadaikan kendaraan. Ada beberapa kriteria yang menjadi pertimbangan Pegadaian terkait kendaraan apa yang bisa Anda gadaikan dan tidak bisa digadaikan.

Untuk kendaraan bermotor, Anda harus pahami terlebih dulu bahwa motor yang bisa Anda gadai adalah motor dengan masa produksi minimal 5 tahun terakhir. Selain itu, merek motor yang bisa digadaikan merupakan semua merek yang telah beredar di pasaran, kecuali motor dengan pabrikan Tiongkok. Sedangkan untuk kendaraan mobil, yang bisa Anda gadaikan yaitu mobil dengan masa produksi minimal 10 tahun terakhir.

Ketika hendak menggadaikan kendaraan Anda, baik itu berupa mobil atau motor ke Pegadaian, Anda juga harus menyertakan surat-surat kendaraan seperti, faktur pembelian, BPKB dan STNK. Perlu Anda ketahui juga bahwa untuk jenis pinjaman tertentu, Anda bisa menggadaikan surat-surat kendaraan, sementara kendaraan tersebut masih bisa Anda gunakan. Seperti produk KREASI dari Pegadaian yang hanya mensyaratkan surat-surat kendaraan seperti BPKB dan STNK untuk dijadikan barang gadaian.

Barang Elektronik
Meminjam uang menjadi lebih mudah karena barang elektronik yang ada di dalam rumah bisa Anda jadikan barang gadaian. Adapun barang elektronik yang bisa Anda gadaikan yaitu televisi, kulkas, radio, dan alat rumah tangga lainnya. Elektronik yang bisa digadaikan ini minimal harus dengan masa produksi 1 tahun terakhir. Televisi yang Anda gadaikan juga bukan televisi sembarangan, melainkan televisi berbentuk LCD karena tren televisi yang beredar di pasaran saat ini didominasi bentuk LCD.

Untuk menggadaikan barang elektronik, Anda perlu menyertakan kuitansi pembelian dan kartu garansi bila ada. Perlu diperhatikan, bahwa barang elektronik yang bisa digadai merupakan barang yang masih dalam keadaan baik, utuh, dan tidak cacat atau mengalami kerusakan. Semakin baru barang elektronik yang Anda gadaikan, maka peluang mendapatkan dana yang tinggi juga semakin besar.

Baca juga  Sistem Pembayaran dan Bunga di Pegadaian

Seperti produk Kredit Cepat & Aman (KCA) dari Pegadaian yang menjadikan barang-barang elektronik sebagai salah satu pilihan barang jaminan saat nasabah ingin mengajukan pinjaman. Tersedia di lebih dari 4.400 outlet Pegadaian di seluruh Indonesia, Anda bisa mengajukan pinjaman dengan prosedur yang mudah dan cepat mulai dari Rp 50.000. Pinjaman dengan jangka waktu 4 bulan bisa Anda perpanjang berkali-kali. Dan jika kebetulan Anda memiliki rezeki lebih dan ingin melakukan pelunasan, maka bisa dilakukan sewaktu-waktu.

Emas
Siapa yang tidak menyukai emas? Emas berupa perhiasan maupun batangan menjadi barang yang sama-sama menguntungkan. Emas sendiri merupakan barang yang cukup umum digadaikan karena harga emas yang cenderung stabil, bahkan memiliki nilai tinggi membuat barang ini menjadi andalan untuk mandapatkan dana. Menggadaikan emas juga dinilai tidak rumit dan mudah dibawa dibandingkan barang lainnya. Di Pegadaian, proses gadai emas sendiri cukup mudah. Selain membawa emas yang akan digadai, Anda juga harus mempersiapkan dokumen pribadi lainnya seperti KTP, dan juga sertifikat atau surat-surat emas tersebut.

Hampir semua produk Pegadaian menjadikan emas sebagai salah satu barang jaminannya, mulai dari Kreasi Fleksi, Kredit Cepat & Aman (KCA) dan KCA Non Tunai, Gadai Bisnis, Gadai Fleksi, Krasida, Rahn, dan Arrum Haji, dengan masing-masing persyaratan yang berlaku.

Gadget
Perkembangan teknologi yang semakin pesat memungkinkan setiap orang dari berbagai kalangan memiliki gadget. Mulai dari anak-anak hingga orang tua, gadget seakan menjadi barang penting yang tidak bisa dengan mudah dilepaskan. Gadget seperti laptop dan smartphone bisa Anda gadaikan untuk melakukan pinjaman di Pegadaian, salah satunya melalui produk Gadai Fleksi dengan biaya administrasi senilai 1% dari uang pinjaman dan dipungut pada saat pelunasan. Sama halnya dengan barang-barang sebelumnya, tidak semua jenis gadget bisa dijadikan barang gadaian, akan jauh lebih baik apabila smartphone yang Anda gadaikan tidak berusia terlalu lama. Karena semakin baru produksi smartphone tersebut, purna jualnya pun tinggi. Pastikan juga gadget yang Anda miliki masih utuh dan tidak mengalami kerusakan apa pun.

Baca juga  Butuh Uang Banyak? Berikut Lima Cara Kreatif yang Bisa Jadi Solusi Anda!

Kamera
Mungkin sebagian dari Anda masih asing dengan barang gadai yang satu ini. Selain barang-barang yang sudah dijelaskan di atas, ternyata kamera juga bisa menjadi barang jaminan karena merupakan barang yang bernilai. Jika Anda memiliki kamera, Anda bisa menggadaikan kamera tersebut untuk mendapatkan pinjaman dari Pegadaian. Kamera yang bisa digadaikan ini umumnya jenis kamera DSLR. Perlu diperhatikan bahwa kamera yang Anda gunakan masih berfungsi dengan baik dan tidak mengalami cacat sedikitpun. Biasanya, kamera yang bisa digadaikan dengan minimal masa produksi 1 tahun terakhir. Dan jangan lupa untuk membawa kwitansi pembelian kamera tersebut.

Menyerahkan barang yang kita miliki sebagai jaminan ketika hendak meminjam uang merupakan tanda bahwa kita akan mengembalikan uangnya. Namun, apabila peminjam tidak bisa mengembalikan uang pinjaman hingga jatuh waktu temponya, pihak pemberi pinjaman berhak untuk mengambil barang yang digadaikan tersebut untuk dilelang.

Jika Anda perhatikan, barang-barang yang bisa digadaikan di atas merupakan barang yang memiliki nilai dan barang yang tidak mudah mengalami penurunan harga yang sangat drastis di pasaran. Semakin tinggi nilai barang yang Anda gadaikan, akan semakin tinggi pula jumlah pinjaman yang akan didapatkan. Maka, perlu diperhatikan juga nilai jual dari barang tersebut sebelum Anda menggadaikannya.

Pegadaian bisa menjadi alternatif ketika Anda sedang membutuhkan dana yang sangat mendesak, dengan proses pencairan dana yang relatif cepat, perusahaan yang diakui negara ini juga aman dan terpercaya. Beberapa barang di atas merupakan barang yang bisa Anda gadaikan ketika ingin mengajukan pinjaman di Pegadaian.

Jadi, sudah tahu kan barang apa saja yang bisa digadaikan di Pegadaian? Pastikan juga Anda mempertimbangkan dengan cermat barang apa yang akan Anda gadaikan dan jangan ragu lagi memilih Pegadaian sebagai alternatif yang bisa memecahkan masalah keuangan Anda. Semoga bermanfaat!