Bagikan:

Tidak bisa dipungkiri bahwa sejak dulu manusia bekerja untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya. Setiap orang akan bekerja atau memiliki sebuah usaha yang tak jarang dilakukan hingga lembur. Tidak sedikit juga orang yang memiliki usaha atau pekerjaan sampingan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya ini.

Indonesia memang masuk ke golongan negara berkembang dengan masih banyaknya masyarakat yang berada di kelas ekonomi menengah hingga ke bawah. Ketika sudah bekerja keras dan memiliki pekerjaan sampingan pun terkadang masih sulit untuk memiliki tabungan yang bisa digunakan di masa depan atau untuk keperluan tak terduga.

Meskipun demikian, di era digital ini setiap orang punya kebutuhan untuk mengikuti perkembangan teknologi dan informasi. Era digital tidak mengenal kelas sosial seseorang. Baik kelas ekonomi atas, menengah, hingga bawah, semuanya memahami apa yang sedang tren saat ini. Hal ini ditandai dengan maraknya penggunaan smartphone di semua kalangan. Anak-anak hingga orangtua sekalipun kini sangat akrab dengan gadget yang satu ini.

Smartphone terbilang sebagai barang berharga dengan banyaknya merek, jenis, dan model yang beredar di pasaran. Memiliki smartphone memudahkan seseorang untuk mendapatkan informasi dan berkomunikasi tanpa ada batasan jarak dan waktu.

Karena smartphone merupakan barang berharga yang umum digunakan masyarakat, tidak sedikit pula yang memilih untuk menggadaikan smartphone-nya guna mendapatkan sejumlah uang yang diperlukan. Gadai smartphone dipilih karena adanya lembaga keuangan yang menyediakan layanan pinjaman, salah satunya Pegadaian.

Bagaimana Cara Gadai HP di Pegadaian? KCA Jawabannya!

Menggadaikan HP atau smartphone di Pegadaian sama halnya dengan menggadaikan barang-barang lainnya, yaitu datang dengan membawa barang gadaian sebagai jaminan dan beberapa persyaratan lainnya yang dibutuhkan.

Baca juga  Segala Pinjaman Uang yang Ada di Pegadaian

Yang mungkin banyak ditanyakan oleh masyarakat terkait gadai HP ini adalah prosedur pengajuannya. Adakah syarat-syarat yang harus dipenuhi? Hal apa saja yang dilarang? Dan lain sebagainya. Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, berikut ini cara gadai HP di Pegadaian yang harus Anda dipahami.

Gadai HP di Pegadaian dengan KCA

KCA merupakan singkatan dari Kredit Cepat dan Aman. Produk Pegadaian ini bisa Anda jadikan solusi untuk mendapatkan pinjaman dana yang cepat tanpa bertele-tele. KCA merupakan salah satu produk dengan jenis agunan yang paling banyak dibandingkan dengan produk pembiayaan lainnya. Melalui KCA, barang yang bisa Anda jadikan agunan meliputi perhiasan emas, emas batangan, berlian, mobil, sepeda motor, laptop, barang elektronik, dan handphone.

Cara gadai HP di Pegadaian melalui produk KCA pun tidak rumit karena ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan, yaitu:

  1. Pinjaman dengan proses yang sangat cepat dan mudah, karena hanya dengan waktu 15 menit dana yang Anda pinjam sudah bisa Anda kantongi.
  2. Jangka waktu pinjaman maksimal 120 hari yang dapat diperpanjang berkali-kali. Untuk memperpanjang waktu pinjaman ini dengan cara membayar sewa modalnya saja atau mengangsur sebagian uang pinjaman.
  3. Pelunasan yang dapat dilakukan sewaktu-waktu.
  4. Nasabah menerima pinjaman dalam bentuk tunai maupun non-tunai.

Keuntungan lainnya yaitu, layanan KCA yang tersedia di lebih dari 4.000 outlet Pegadaian di seluruh Indonesia, sehingga bukan hal yang sulit bagi Anda untuk menemukan Pegadaian. Anda bisa mencari informasi mengenai cabang Pegadaian yang ada di sekitar rumah Anda, kemudian Anda bisa datang ke outlet tersebut untuk mengajukan pinjaman.

Persyaratan yang harus Anda penuhi untuk bisa mendapatkan pinjaman melalui KCA ini, yaitu dengan menyerahkan fotokopi kartu identitas resmi yang masih berlaku. Identitas ini bisa berupa KTP, SIM, atau paspor. Kemudian Anda menyerahkan barang jaminan berupa HP, dan setelah itu Anda menandatangani Surat Bukti Kredit (SBK). Untuk cara pembayaran Gadai KCA bisa Anda lakukan di mobile banking BRI, EDC BRI, Mandiri ATM, dan Mandiri online.

Hal-Hal Lain yang Harus Diperhatikan

Baca juga  Yuk, Jadi Cepat Kaya dengan Lima Prinsip Berikut!

Jenis dan Kondisi HP

Yang harus Anda perhatikan sebelum menggadaikan HP di Pegadaian yaitu pastikan HP Anda masih dalam kondisi baik, utuh dan tidak ada kerusakan apapun. Akan lebih baik jika HP yang Anda gadaikan tidak berusia terlalu lama dengan maksimum masa produksi satu tahun. Semakin baru produksi suatu HP maka akan jauh lebih tinggi juga purna jualnya.

Biaya

Untuk meminjam uang lewat pembiayaan KCA, ada biaya yang harus Anda keluarkan seperti biaya administrasi. Biaya administrasi ini tergantung dari nominal yang Anda ajukan.

KCA juga memiliki perhitungan sewa modal selama masa pinjaman. Tarif sewa modal ini berbeda setiap golongannya. Sebagai contoh HP yang termasuk dalam golongan A bisa mendapat pinjaman mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 500.000. Biaya administrasi pada golongan ini sebesar Rp 2.000 dengan tarif sewa modal sebesar 0.75% per 15 hari. Untuk besaran pinjaman terhadap taksiran dimulai dari 92% sampai dengan 95%.

Menggadaikan barang memang menjadi alternatif untuk mendapatkan uang tanpa perlu kehilangan barang yang Anda gadaikan. Ketika Anda sudah melunasi uang pinjaman, maka barang Anda pun akan kembali. Namun pastikan Anda meminjam uang sesuai dengan kebutuhan dan bayar cicilan secara konsisten sebelum jatuh tempo. Jika telah sampai jatuh tempo dan Anda tidak melakukan perpanjangan maka barang Anda akan dilelang oleh pihak Pegadaian.

Demikian ulasan mengenai cara gadai HP di Pegadaian. Semoga menjadi solusi atas permasalahan keuangan Anda!