mempersiapkan keuangan masa depan
Bagikan:

Mempersiapkan keuangan untuk masa depan bukanlah hal yang umumnya diajarkan dalam materi pembelajaran sekolah. Hanya segelintir anak muda memahami pengaturan keuangan yang baik agar nantinya tidak menyesal di masa depan.

Mahasiswa atau pelajar yang masih berusia muda seringkali tidak peduli dengan keadaan ekonomi. Hal ini disebabkan karena belum merasakan mencari uang sendiri dan masih meminta kepada orang tua. Berikut ini adalah tips untuk anak muda mempersiapkan keuangan masa depan.

1. Masuk ke perguruan tinggi serta jenjang yang lebih tinggi

Tidak semua orang memiliki kebutuhan untuk sekolah di perguruan tinggi maupun jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Namun persaingan yang semakin ketat mengharuskan Anda berpikir ulang bila hendak melepaskan mimpi meraih pendidikan tinggi.

Pekerjaan apapun akan sangat membutuhkan pengetahuan dan pengalaman yang Anda dapatkan di perguruan tinggi. Gelar sarjana atau master yang Anda miliki akan lebih memudahkan Anda dalam mendapatkan pekerjaan serta menghadapi masalah keuangan di masa depan. Maka dari itu jangan menyia-nyiakan kesempatan untuk menuntut ilmu setinggi mungkin. Manfaatkan beragam program beasiswa bila keuangan menjadi kendala Anda.

2. Cari tujuan hidup

Tujuan hidup sangat penting dimiliki oleh setiap orang. Tujuan hidup inilah yang akan menuntun serta memotivasi tiap langkah yang Anda jalani dalam kehidupan. Dalam hal keuangan, tujuan hidup yang pasti bisa membuat Anda bersemangat mendapatkan pemasukan tambahan agar tujuan hidup Anda bisa tercapai. Jika mengalami kesulitan mencari tahu apa yang ingin dilakukan dalam hidup, cobalah lihat ke dalam hati Anda. Adakah hal yang sangat Anda sukai dan ingin Anda lakukan? Anda pun bisa mencari tahu melalui bakat atau kemampuan yang Anda miliki.

Baca juga  Begini 6 Cara Mengatur Gaji Bulanan yang Efektif

Saat Anda tumbuh, karier dapat berubah seiring dengan keinginan. Menemukan tujuan hidup untuk anak muda, akan membantu mempersiapkan keuangan masa depan.

3. Siapkan dana pensiun

Tentu tidak ada orang yang ingin hidup kesusahan di hari tua. Maka dari itu, dikala tubuh masih kuat dan semangat anak muda masih membara, bekerjalah lebih keras untuk mempersiapkan keuangan masa depan dan hari tua.

Siapkanlah dana pensiun, hal ini akan menjadi investasi yang tak ternilai di hari tua. Terlebih lagi, Anda melakukannya semenjak masih muda. Semakin dini Anda mulai berinvestasi, maka akan semakin banyak dana yang tersimpan di hari tua Anda.

4. Pilih pasangan dengan bijaksana

Pilihlah pasangan yang dapat mengelola uang dengan baik, ataupun dapat mengeluarkan uang dengan bijaksana. Hal ini sangat dibutuhkan dalam membangun keutuhan rumah tangga dan Anda akan memiliki partner yang baik dalam menghadapi masalah keuangan.

 

5. Siapkan dana darurat

Anda harus mempersiapkan dana darurat sebesar 10 kali pengeluaran setiap bulan, untuk berjaga-jaga dari hal yang tidak diinginkan dan bersiap menghadapi masalah keuangan di masa depan.

 

6. Pelajari tentang investasi

Belajarlah investasi semenjak dini, hal ini akan menjadi sumber pendapatan di luar dari penghasilan Anda. Selain itu, akan membuat Anda dapat mempersiapkan keuangan masa depan. Salah satu bentuk investasi yang bisa Anda coba adalah investasi emas karena emas adalah produk investasi jangka panjang banyak diminati. Bagi anak muda yang masih belum memiliki banyak uang untuk berinvestasi, Anda dapat mencoba Tabungan Emas dari Pegadaian. Menabung emas bisa dimulai hanya dengan uang lima ribu rupiah saja.

 

Semoga tips ini bermanfaat bagi anak muda di Tanah Air!