Bagikan:

Biaya hidup yang semakin tinggi setiap tahunnya tak jarang membuat sebagian masyarakat memutar otak untuk mencari cara agar semua kebutuhannya terpenuhi. Kebutuhan sehari-hari yang selalu naik, biaya pendidikan yang kian melambung, dan susahnya mencari modal usaha merupakan beberapa hal yang menyebabkan mereka dihadapkan pada masalah keuangan.

Seiring dengan kebutuhan hidup masyarakat yang semakin tinggi itu, Pegadaian hadir sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan mereka yang belum terpenuhi. Sebagai sebuah BUMN yang bergerak di sektor keuangan, Pegadaian mempunyai visi untuk melayani masyarakat guna mendapatkan pinjaman dengan sistem gadai.

Pegadaian secara resmi mempunyai izin untuk melaksanakan kegiatan berupa pembiayaan kepada masyarakat yang membutuhkan dana cepat, selain itu juga membantu masyarakat dalam membangun atau mengembangkan sebuah usaha dengan memenuhi syarat Pegadaian yang telah ditetapkan. Hal tersebut juga mendorong Pegadaian untuk melebarkan usahanya dengan menyebar ke seluruh Indonesia, baik di desa maupun kota, agar tujuannya dalam mensejahterakan masyarakat berhasil.

Syarat Pegadaian sesuai Jenis Pinjaman

Saat ini, Pegadaian telah memiliki berbagai jenis produk pinjaman yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Sesuai misinya pula, Pegadaian memberikan pembiayaan dengan proses yang cepat, aman, dan mudah. Jika Anda berencana untuk mengajukan pinjaman di Pegadaian, berikut beberapa syarat Pegadaian dan jenis pinjaman yang tersedia:

1. Pinjaman Pegadaian Melalui Kredit Cepat & Aman (KCA)
Ingin mendapatkan dana secara cepat dan terjamin aman? Tentu ini bukan hal mustahil karena Anda hanya perlu pergi ke luar rumah dan datang ke outlet Pegadaian terdekat untuk mengajukan pinjaman melalui produk Kredit Cepat & Aman (KCA). Dengan jumlah pinjaman mulai dari Rp 50.000, dana yang Anda ajukan langsung ada dalam genggaman dan cari dalam waktu hanya 15 menit saja,

Untuk mempermudah proses pinjaman, Anda juga harus menyerahkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Adapun persyaratan untuk bisa mendapatkan dana melalui KCA ini, Anda harus membawa fotokopi kartu identitas resmi yang masih berlaku (KTP, SIM, atau paspor) dan menyerahkan agunan atau barang jaminan berupa emas (emas perhiasan/batangan), kendaraan, handphone, laptop, dan barang elektronik lainnya. Bagi Anda yang menjadikan kendaraan bermotor sebagai jaminannya, maka wajib membawa BPKP dan STNK yang asli. Kemudian, nasabah akan menandatangai Surat Bukti Kredit (SBK).

Baca juga  Inilah Tips Jitu Mencari Uang Lewat Internet dan Sosial Media

Ingin melakukan pinjaman tapi takut tidak bisa membayar tepat waktu? Jangan khawatir karena di Pegadaian, jangka waktu peminjaman yang diberikan selama 4 bulan dan dapat Anda perpanjang berkali-kali. Sangat mudah, bukan?

2. Pinjaman melalui Pegadaian Rahn
Jika Anda membutuhkan dana cepat dengan prose yang berprinsip sesuai syariah, maka Pegadaian Rahn menjadi alternatif tepat terhadap solusi masalah Anda. Sama halnya dengan KCA, untuk bisa mengajukan pinjaman melalui pegadaian Rahn ini Anda harus menyerahkan agunan atau barang jaminan dan fotokopi kartu identitas diri yang masih berlaku. Anda bisa membawa agunan berupa emas (perhiasan atau batangan), berlian, smartphone, laptop, atau barang-barang elekrtonik lainnya, sampai sepeda motor, mobil atau barang bergerak lainnya.

Tidak perlu khawatir dengan barang yang Anda gadaikan, karena di Pegadaian semua barang Anda akan disimpan di tempat yang aman. Anda bisa mengajukan pinjaman (Marhun Bih) di layanan Rahn ini mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 500 juta atau lebih dengan jangka waktu 4 bulan dan tentunya bisa diperpanjang dengan hanya mengangsur sebagian uang pinjaman. Nantinya sebagai nasabah, pelunasan dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan menghitung Mu’nah selama masa pinjaman.

3. KRASIDA (Kredit Gadai Sistem Angsuran)
Biaya pernikahan, biaya masuk perguruan tinggi, dan renovasi rumah, merupakan beberapa contoh dari keperluan yang sudah pasti membutuhkan dana yang tidak sedikit. Tentu Anda tidak ingin momen-momen penting dalam hidup menjadi kurang spesial. Namun, jika sudah menyangkut dana, siapapun bisa dibuat kalah olehnya.

Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi, melalui produk KRASIDA (Kredit Gadai Sistem Angsuran), Anda bisa mengajukan pinjaman untuk keperluan tertentu baik, itu yang bersifat produktif atau konsumtif, dengan barang jaminan atau agunan berupa emas.

Untuk mengajukan pinjaman dana melalui KRASIDA ini, Anda bisa mendatangi outlet Pegadaian dengan membawa fotokopi KTP, kartu keluarga, dokumen sah lainnya serta agunan berupa emas. Yang spesial dari produk KRASIDA adalah Anda bisa mendapatkan pinjaman mencapai 95% dari nilai taksiran agunan dengan jangka waktu pinjaman dengan mulai dari 6, 12, 24, hingga 36 bulan. Pelunasan pun dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan pemberian diskon untuk sewa modal.

Baca juga  Manfaatkan THR Untuk Investasi Emas: Cara Investasi Emas Ternyata Mudah!

4. Kreasi
Persaingan bisnis saat ini berjalan cukup pesat. Untuk bisnis makanan saja, jenisnya sudah tak terhitung lagi. Belum lagi dengan saingan bisnis makanan yang serupa. Jika Anda tidak pandai mengelolanya, usaha Anda bisa jauh tertinggal dari saingan.

Bagi Anda yang memiliki usaha kecil, Anda bisa mengembangkannya melalui produk Pegadaian yaitu, Kreasi. Produk Kreasi ini memberikan pinjaman pada Anda dengan sistem Fidusia, yang mana barang yang dijadikan jaminan atau agunan hanya surat-surat kendaraan bermotor, yang meliputi BPKB asli, fotokopi STNK, dan faktur pembelian, sehingga kendaraan masih bisa digunakan untuk menunjang usaha Anda.

Untuk mengajukan pinjaman Kreasi, Anda harus memiliki usaha yang memenuhi kriteria kelayakan serta telah berjalan minimal selama satu tahun. Berkas atau dokumen yang harus Anda serahkan meliputi fotokopi KTP, kartu keluarga, dan surat nikah bagi Anda yang telah menikah, serta persyaratan utama yaitu agunan berupa dokumen kepemilikan kendaraan berupa BPKB asli, STNK, dan faktur pembelian atau Bukti Pemilik Hak Tempat Berjualan (BPHTB).

Dengan proses yang mudah dan cepat, pinjaman mulai dari Rp 1 juta sampai dengan Rp 200 juta bisa dalam genggaman untuk mengembangkan bisnis dan kendaraan tetap bisa Anda gunakan. Sungguh membantu, bukan?

5. Amanah
Memiliki kendaraan motor atau mobil pribadi bukanlah hal yang sulit di zaman sekarang ini. Di Indonesia, tawaran kendaraan dengan DP minim pun banyak kita temui. Namun, ada juga risiko yang harus ditanggung jika Anda tidak memenuhi perjanjian yang telah disepakati.

Pegadaian memiliki satu produk pembiayaan yaitu Amanah yang memberikan kesempatan bagi para pegawai negeri sipil, karyawan swasta, maupun pengusaha mikro untuk bisa memiliki motor atau mobil secara angsuran. Pastikan dulu Anda tercatat sebagai pegawai tetap suatu instansi pemerintah/swasta yang telah bekerja selama 2 tahun atau memiliki izin usaha.

Dengan uang muka terjangkau mulai dari 20%, biaya angsuran tetap dan administrasi yang murah, serta didukung dengan proses pengajuan yang cepat dan mudah, memiliki kendaraan impian bukan lagi mimpi di siang bolong. Anda juga bisa menyesuaikan pembiayaan Amanah ini sesuai dengan kemampuan Anda karena Anda bisa melakukan angsuran mulai dari 12, 18, 24, 36, 48, dan hingga 60 bulan.

Baca juga  5 Tips Menabung untuk Jadi Kaya di Masa Depan

Adapun persyaratan lain yang harus harus Anda penuhi untuk layanan Amanah ini yaitu fotokopi KTP dan kartu keluarga, surat nikah jika ada, SK pengangkatan sebagai karyawan tetap, kartu pengenal karyawan, slip gaji 2 bulan terakhir, dan mengisi serta menandatangani formulir aplikasi Amanah.

6. Arrum
Banyak orang yang memiliki sebuah usaha namun mengeluh bahwa usaha yang dijalankannya berjalan sangat lamban. Hal ini mungkin disebabkan oleh beberapa faktor, seperti tempat yang tidak strategis atau tempat yang sangat kecil sehingga membuat usaha menjadi seadanya. Anda tidak perlu khawatir lagi, karena dengan pembiayaan Arrum Anda bisa mengembangkan usaha menjadi lebih baik lagi, baik itu untuk modal bahan baku, sewa tempat, dan lain sebagainya.

Pembiayaan Arrum memudahkan para pengusaha kecil untuk mendapatkan modal usaha dengan jaminan BPKB. Kendaraan tetap pada pemiliknya sehingga dapat digunakan untuk mendukung usaha sehari-hari.

Bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman melalui pembiayaan Arrum, Anda harus memiliki usaha yang telah berjalan minimal 1 tahun atau lebih agar memenuhi kriteria kelayakan, fotokopi KTP dan Kartu Keluarga, serta menyerahkan dokumen kendaraan bermotor yaitu BPKB asli, STNK dan faktur pembelian.

Adapun proses Marhun Bih (pinjaman) pada pembiayaan Arrum selama 3 karena pihak Pegadaian harus melakukan survei tempat usaha dan mengecek fisik kendaraan. Kemudian, jangka waktu pinjaman mulai dari 12, 18, 24, hingga 36 bulan.

Meminjam uang menjadi salah satu solusi ketika kita sedang dihadapkan oleh berbagai masalah keuangan. Pegadaian hadir sebagai solusi mengatasi masalah tanpa masalah bagi banyak orang dengan tujuan agar bisa meningkatkan tingkat kesejahteraan hidup mereka.

Demikian penjelasan dari berbagai pinjaman yang ada di Pegadaian beserta syarat-syaratnya. Jika Anda sedang dalam masalah keuangan dan membutuhkan dana dengan segera, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Pegadaian. Dan pastikan bahwa jenis pinjaman yang akan Anda ajukan sesuai dengan tujuan Anda. Semoga bermanfaat!