Strategi-Lunasi-Hutang-Secara-Cepat
Bagikan:

Anda sedang menjalani bisnis, namun masih terikat hutang dimana-mana? Artikel ini akan bermanfaat bagi Anda.

Pasti setiap orang yang memiliki hutang ingin segera melunasinya secepat mungkin, apalagi bila hutang tersebut memiliki bunga yang cukup tinggi.

Bukan hal yang asing lagi, hutang atau pinjaman merupakan salah satu jalan keluar bagi seseorang yang mengalami permasalahan keuangan. Sebenarnya tujuan berhutang untuk modal itu baik, namun seringkali hutang menjadi bumerang bagi si peminjam karena mereka tidak dapat memanajemen hutangnya dengan baik.

Sebagian besar orang kesulitan melunasi hutang – hutang mereka dan juga tambahan bunga yang di bebankan dalam periode lamanya hutang. Dikutip dari cermati.com, berikut ini strategi cara agar anda dapat melunasi semua hutang – hutang anda.

1. Utamakan utang dengan bunga tinggi

Memilih berhutang dengan bunga yang tinggi bukanlah pilihan terbaik, namun terkadang proses peminjaman uang dengan bunga tinggi cenderung lebih mudah. Utang dengan bunga yang tinggi sudah pasti dapat membuat anda terasa mencekik. Oleh karenanya, pastikan anda memprioritaskan melunasi utang dengan bunga yang tinggi terlebih dulu.

Meskipun anda harus menempuh perjuangan ekstra seperti melakukan penghematan demi dapat melunasi hutang anda. Prioritas melunasi utang bunga tinggi bukan berarti anda harus mengabaikan utang yang lain. Jika anda punya dana yang masih cukup, lunasi juga utang anda yang lain.

2. Evaluasi pengeluaran dan pemasukan setiap bulan

Setiap bulan cek lah sejumlah tagihan yang harus anda bayar dengan penghasilan bulanan anda. Tidak hanya itu, perhatikan pula dengan rinci pengeluaran dari hal yang paling besar hingga hal terkecil, seperti contoh biaya makan di restoran, belanja, rekreasi, dan lain sebagainya.

Baca juga  Strategi Keuangan untuk Usaha Kecil dan UKM

Dengan ini mungkin akan kaget jika melihat satu atau beberapa anggaran kebutuhan yang anda sebenarnya tidak terlalu penting, namun cenderung mendapatkan porsi biaya yang jauh lebih besar ketimbang yang lain. Jika anda sudah menyadarinya, maka segera lakukan evaluasi dan jika memungkinkan hapus kebutuhan tersebut dari anggaran bulanan di periode bulan berikutnya.

3. Hati-hati dalam berbelanja

Jika anda ingin tetap konsisten untuk melunasi utang, maka wajib bagi anda untuk dapat berpikir lebih cerdas dalam membelanjakan uang. Misal ketika anda pergi ke kantor, biasakan untuk membeli makanan untuk sarapan dan makan siang dengan biaya sebesar Rp 20.000 per hari.

Sebenarnya anda bisa juga membawa makanan dari rumah saat akan pergi ke kantor. Jika di hitung – hitung dalam seminggu anda dapat menghemat sebesar Rp 100.000, dengan demikian maka setiap bulan akan anda akan menghasilkan uang sebesar Rp 440.000. Bukankah lumayan untuk membantu melunasi hutang anda.

4. Cari pekerjaan tambahan

Jika anda merasa dalam seminggu masih ada banyak waktu luang, kenapa tidak anda maksimalkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan? Namun pastikan anda juga tidak asal mengambil pekerjaan tambahan. Pekerjaan sampingan anda harus sesuai dengan skill dan hasilnya seperti yang anda harapkan.

Jika dirasa anda terlalu lelah untuk keluar rumah lagi, anda bisa kok mencoba menjadi seorang online freelancer dan anda bisa mengerjakan pekerjaan anda di rumah. Anda dapat mencoba memulai mencari situs freelancer di internet sesuai dengan minat anda.

5. Jangan tunda pembayaran

Ketika anda sudah punya cukup dana untuk melunasi hutang anda maka segera lah melakukan pembayaran. Tahukah anda bahwa menunda melunasi pembayaran dapat mengakibatkan hal yang fatal karena bisa saja anda tergiur untuk menggunakannya untuk keperluan lain yang cenderung tidak lebih penting dari melunasi hutang.

Baca juga  Tips Siap Finansial Sebelum Memulai Bisnis

Karena uang tersebut sebenarnya sudah tidak termasuk pengeluaran bulanan. Maka ketika dana sudah tersedia, maka anggaplah dana tersebut memang tidak pernah ada, sehingga anda tidak akan memiliki pikiran untuk menggunakannya. Selain itu, menunda pembayaran juga bisa menimbulkan denda.

Untuk menghindari lebih banyak hutang di masa depan, mulailah menabung dan berinvestasi untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang. Bagaimana dengan memulai untuk memiliki tabungan emas? Mulai dengan uang 5 ribu rupiah saja, Anda sudah dapat memiliki tabungan emas yang menguntungkan. Informasi lebih lanjut bisa Anda dapatkan disini.

Anda pun bisa mendapatkan keuntungan dengan sistem customer get customer yang ditawarkan oleh Sahabat Pegadaian. Hasilnya lumayan untuk menambah tabungan Anda. Download aplikasinya disini!