Bagikan:

Banyak yang bilang bahwa kunci sukses mengatur keuangan rumah tangga ada di tangan istri sebagai ibu rumah tangga. Hal tersebut memang ada benarnya, sebab istri memiliki peran utama dalam mengatur arus keuangan rumah tangga. Itulah sebabnya seorang ibu rumah tangga harus piawai dan jeli dalam mengatur segala kebutuhan rumah tangga. Namun, ibu rumah tangga juga tidak harus selamanya menjadi sosok penjaga harta keluarga. Dari rumah, ibu rumah tangga pun dapat menghasilkan uang tambahan untuk menjaga dapur tetap mengepul.

Investasi untuk Ibu Rumah Tangga

Investasi merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan siapapun, tak terkecuali ibu rumah tangga. Nah, di momen hari ibu ini, yuk, ajak ratu rumah tangga di sekitar Anda untuk mulai berinvestasi. Lantas, apa saja sih investasi yang aman bagi ibu rumah tangga?

  1. Di Hari Ibu, Tidak Ada Salahnya untuk Mengenalkan Logam Mulia Sebagai Instrumen Investasi

Banyak ibu rumah tangga yang menganggap perhiasan emas sebagai jenis investasi yang tepat. Namun, pemahaman tersebut sebenarnya kurang tepat, sebab harga jual kembali perhiasan emas biasanya jauh lebih murah dari harga beli, terlebih jika kondisinya sudah tidak secantik dulu. Kini, saatnya beralih pada logam mulia yang memiliki sertifikat resmi dari PT ANTAM dan PT UBS, salah satunya yang disediakan oleh Pegadaian.

Selain dapat membeli logam mulia secara tunai, hal menarik lainnya yang ditawarkan oleh Pegadaian begitu cocok dengan ibu rumah tangga, yaitu memiliki logam mulia lewat cara arisan. Produk Mulia Arisan yang menawarkan investasi emas batangan secara arisan untuk kelompok arisan yang cocok untuk ibu-ibu rumah tangga. Di sini, para ibu bisa mengumpulkan minimal 6 orang untuk berpartisipasi dalam Mulia Arisan. Nilai investasi emasnya pun mulai dari besaran 1 gram sampai dengan 1 kilogram, yang bisa dibiayai hingga 36 bulan. Pegadaian pun melakukan penetapan harga di awal arisan, sehingga harga yang didapat menjadi pasti dan tidak dipengaruhi oleh fluktuasi harga emas.

  1. Reksa Dana, Jenis Investasi yang Menarik untuk Dikenalkan pada Hari Ibu
Baca juga  Manfaatkan THR Untuk Investasi Emas: Cara Investasi Emas Ternyata Mudah!

Sekilas, reksa dana mungkin akan tampak sulit bagi mereka yang masih awam. Namun, jenis investasi satu ini bisa jadi sangat cocok dilakukan ibu rumah tangga. Prinsip kerja reksa dana pun cukup sederhana, yakni hanya menitipkan uang yang kita punya pada manajer investasi. Manajer investasi inilah yang kemudian bertugas memantau pergerakan pasar modal dan mencari tahu saham mana yang patut dibeli oleh para investor. Untuk entry-level, ibu rumah tangga dapat memulai investasi reksa dana dengan modal Rp 100.000-Rp 200.000 saja. Menarik, bukan? Anda dapat membeli reksa dana baik melalui bank maupun perusahaan sekuritas.

  1. Properti, Jenis Investasi Favorit Sepanjang Masa

Meski perlu modal besar, investasi properti tampaknya masih menjadi favorit banyak orang, termasuk para wanita. Properti yang dimaksud di sini dapat berupa rumah, indekos, atau ruko. Untuk memulai investasi di bidang properti, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan seperti riset tempat yang strategis, target pembeli, serta biaya perawatan. Selain dapat menjadi kebanggaan, investasi dalam bentuk properti pun menjanjikan keuntungan jangka panjang yang menggiurkan.

  1. Ibu Rumah Tangga Juga Boleh Ikut Investasi Saham

Sebelum menginvestasikan modal untuk menabung saham, Anda pun wajib menginvestasikan waktu untuk belajar seluk-beluk pasar saham. Paling tidak, Anda harus memiliki pengetahuan mengenai iklim pasar saham, waktu yang tepat untuk membeli atau menjual saham, serta perusahaan mana saja yang sahamnya dapat dibeli oleh pemain saham pemula seperti Anda. Jika Anda tertarik untuk investasi saham, Anda perlu memantau pergerakan saham di tengah-tengah aktivitas rumah tangga. Jangan khawatir, Anda tidak perlu terlalu sering memantaunya lewat komputer sebab kini pergerakan saham pun dapat dipantau melalui ponsel pintar.

  1. Tas Mewah, Sumber Uang yang Bikin Anda Ikut Tampil Gaya
Baca juga  Investasi Usia Senja? Mengapa Tidak!

Investasi barang mewah seperti tas merek desainer ternama dunia ini memang memiliki ruang lingkup terbatas. Namun, tidak ada salahnya untuk dicoba, bukan? Coba tengok harga tas tangan Chanel yang mencapai Rp 53.000.000. Menurut pengamat mode, harga tas tersebut dapat mengalami kenaikan hingga 70 persen setiap tahunnya. Tertarik?

Itulah beberapa jenis investasi yang cocok untuk ibu rumah tangga. Sebelum memulai investasi, pastikan kondisi keuangan Anda cukup sehat dan dapat memenuhi kebutuhan keluarga dan rumah tangga. Cobalah untuk mulai investasi dengan modal kecil dan pilih instrumen investasi yang Anda kenal. Bagi Anda yang masih takut untuk mulai berinvestasi, ingat pesan Oprah Winfrey berikut:

Berpikirlah layaknya seorang ratu. Seorang ratu tidak pernah takut gagal. Kegagalan hanyalah batu loncatan menuju kesuksesan.

Selamat hari ibu!