Bagikan:

Terbebas dari utang piutang adalah keinginan semua orang. Namun, tatkala pengeluaran muncul lebih besar dari pemasukan, “hutang” atau “utang” acapkali menjadi alternatif untuk memecahkan permasalahan tersebut. Namun sayangnya, menyelesaikan masalah dengan cara berutang, justru tidak akan membawa kita keluar dari masalah keuangan. Hal tersebut justru akan semakin menjerumuskan kita ke dalam belenggu utang, yang tentunya membebani hati dan pikiran.
Apakah Anda termasuk salah satu orang yang masih terbelenggu dalam jeratan utang? Jika iya, berikut beberapa cara terbebas dari utang yang bisa Anda terapkan, agar kondisi keuangan Anda lebih sehat dan Anda pun bisa hidup lebih tenang.

1. Membuat daftar utang

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mengurai masalah keuangan ini adalah dengan membuat daftar utang. Tulis semua catatan utang Anda mulai dari nominal terkecil hingga terbesar. Dengan membuat daftar seperti ini, Anda bisa menentukan skala prioritas, utang mana yang harus didahulukan pembayarannya.

2. Menetapkan skala prioritas pembayaran

Setelah membuat daftar utang, Anda bisa menentukan utang mana yang harus segera dilunasi. Jika semua utang Anda berbunga, maka segera lunasi utang yang berbunga tinggi, karena jika tidak, bunga tinggi tersebut akan semakin membuat utang Anda semakin besar.

3. Mencicil utang secara periodik

Salah satu cara terbebas dari utang adalah dengan bisa memecah utang Anda ke dalam skema pembayaran yang realistis. Cicillah utang tersebut di jangka waktu tertentu sesuai kemampuan Anda. Dengan begitu, keperluan sehari-hari Anda tidak akan terganggu dan utang pun bisa teratasi secara perlahan.

4. Jangan menutup utang dengan utang yang lainnya

Kesalahan fatal yang acapkali dilakukan seseorang ketika terlilit utang adalah gali ‘lubang tutup lubang’ atau melunasi utang yang lama dengan utang baru. Sebenarnya cara ini tidak akan membantu Anda keluar dari utang, namun malah akan membawa Anda terjerembap dalam pusaran utang yang tak berkesudahan.

Baca juga  5 Tips Menabung untuk Jadi Kaya di Masa Depan

5. Jangan Menggunakan Kartu Kredit agar terbebas dari utang

Agar Anda terbebas dari utang, cobalah untuk tidak mendekati utang, salah satunya dengan cara menghindari penggunaan kartu kredit. Di satu sisi kartu kredit memang bisa membantu di saat-saat darurat, namun jika Anda tidak cukup apik menggunakannya, maka tidak tertutup kemungkinan Anda akan terjebak dalam kubangan utang berbunga yang memberatkan.

6. Buat rencana anggaran dasar kebutuhan rumah tangga

Pada dasarnya, seseorang bisa terbelenggu oleh jeratan utang karena ketidakmampuannya mengendalikan keinginan, serta minimnya keahlian dalam pengelolaan keuangan. Jadi, solusi terbaik untuk mengurai masalah ini adalah dengan mengurangi pengeluaran dan meningkatkan penghasilan.

Anda bisa melakukannya dengan membuat rencana anggaran setiap bulannya. Bandingkan pengeluaran dan penghasilan Anda. Jika memang kebutuhan keluarga Anda tergolong besar, Anda bisa merampingkannya dengan mulai menerapkan pola hidup hemat. Atau jika memungkinkan Anda juga bisa menyiasatinya dengan mencari sumber penghasilan tambahan.

Nah, itu dia beberapa cara terbebas dari utang yang bisa Anda terapkan. Tunggu apalagi, yuk segera dicoba.

Agar terhindar dari hutang, Anda bisa mencoba perbanyak menabung. Bukan hanya menabung dalam bentuk uang, namun juga dalam bentuk emas. Tabungan emas akan sangat bermanfaat intuk investasi jangka panjang Anda. Dapatkan informasi tentang tabungan emas disini.