paying-bills_rx29ij
Bagikan:

Tanggal gajian merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh setiap orang yang bekerja. Namun tidak demikian dengan mereka yang memiliki gundukan tagihan yang menanti untuk segera dibayar. Nah, jika Anda merupakan salah seorang yang kerap terbebani dengan berbagai tagihan setiap bulannya, coba deh ikuti cara mudah membayar tagihan berikut ini.

1. Atur Waktu Pembayaran

Jangan malas untuk mengecek apa saja tagihan yang Anda miliki. Buat daftarnya secara terperinci untuk melihat berapa besar total tagihannya. Hal ini penting untuk mengukur, apakah pendapatan Anda mencukupi untuk membayar tagihan tersebut atau tidak.

Dalam kondisi keuangan yang sehat, Anda bisa langsung menyisihkan sebagian gaji dan memisahkannya ke dalam amplop-amplop berbeda yang telah dituliskan nama tagihan, nominal, dan tanggal pembayarannya.

Lakukan segera pembayaran dan jangan sampai ditunda. Penundaan bisa menyebabkan Anda lupa dan mengakibatkan denda.  Atau lebih buruknya, bisa-bisa uang tersebut terpakai untuk keperluan lain.

Untuk memudahkan proses pembayaran, Anda dapat menggunakan layanan pembayaran online yang bisa diakses secara mandiri melalui internet. Cara praktis lainnya adalah dengan menggunakan aplikasi pembayaran autodebit yang dilakukan secara otomatis setiap bulannya.

2. Atur Anggaran agar Cukup  untuk Membayar Tagihan

Agar setiap bulannya tidak terbebani dengan berbagai macam tagihan, atur dan batasi keuangan Anda dengan menerapkan konsep 50-30-10-10, yaitu:

  • 50% untuk kebutuhan pokok
  • 30% untuk tagihan/utang
  • 10% untuk tabungan/investasi, dan
  • 10% untuk dana darurat

Artinya, agar keuangan selalu terkendali, usahakan agar jumlah tagihan bulanan tidak melebihi dari 30% total pendapatan Anda.

Pastikan tagihan yang ada hanya berkaitan dengan kebutuhan pokok sehari-hari seperti listrik, air, biaya sekolah anak, jaminan kesehatan, cicilan rumah, atau cicilan kendaraan untuk bekerja.

Ubah gaya hidup yang berpotensi menimbulkan tagihan tambahan, seperti penggunaan kartu kredit, TV kabel, atau pembelian barang-barang non primer yang dibayar secara mengangsur.

3. Strategi Membayar Tagihan Saat Keuangan Sedang Cekak

Adakalanya nanti Anda mengalami masa-masa sulit sehingga uang yang ada tidak cukup  untuk membayar tagihan bulanan. Jika hal itu terjadi, Anda bisa melakukan beberapa strategi keuangan sebagai berikut:

  • Mengambil pos keuangan lain untuk membayar tagihan, seperti misalnya tabungan atau pos belanja bulanan, dengan konsekuensi Anda harus sedikit mengencangkan ikat pinggang di bulan tersebut.
  • Buat daftar tagihan berdasarkan tingkat urgensinya. Prioritaskan pembayaran pada jenis tagihan yang memberikan efek langsung jika tidak dibayar, seperti misalnya:
    • Tagihan listrik & air
    • Cicilan KPR, atau
    • Angsuran kendaraan
  • Kurangi, ganti, atau hentikan konsumsi non primer yang masuk ke dalam agenda tagihan bulanan, seperti telepon pascabayar, internet, atau TV kabel.
  • Agendakan penundaan pembayaran pada beberapa pos tagihan dengan cara menegosiasikannya kepada pihak-pihak terkait, seperti misalnya iuran sekolah anak atau utang pribadi. Namun demikian, pastikan bahwa Anda tetap mengupayakan pemasukan tambahan untuk menyelesaikan pembayaran tersebut.
  • Khusus untuk tagihan kartu kredit, Anda bisa mengajukan penundaan pembayaran kepada pihak debitur dengan menghubungi dan membuat pengajuan secara resmi.

Atau sebagai alternatif, Anda juga bisa mengajukan skema transfer balance untuk memindahkan cicilan ke bank lain yang menawarkan bunga lebih kecil, atau perpanjangan masa tagihan dengan jumlah nominal yang lebih terjangkau.

4. Bayar Tagihan Secara Online Tanpa Rekening Bank

Membayar tagihan akan lebih mudah dikala Anda dapat melakukannya dengan praktis di tangan Anda. Tanpa harus memiliki rekening di bank, transaksi pembayaran tagihan online tetap bisa Anda lakukan. Pegadaian memiliki pelayanan Multi Pembayaran Online (MPO) yang melayani pembayaran berbagai tagihan seperti listrik, telepon/ pulsa ponsel, air minum, pembelian tiket kereta api, dan lain sebagainya secara online. Layanan MPO merupakan solusi pembayaran cepat yang memberikan kemudahan kepada nasabah dalam bertransaksi tanpa harus memiliki rekening di Bank. Anda cukup membawa dan menyerahkan nomor pelanggan untuk tagihan listrik, telepon, pulsa ponsel, PDAM, tiket kereta api, dan lain sebagainya untuk mendaftar di awal.

Demikian tadi beberapa cara agar Anda lebih mudah membayar tagihan.

Semoga bermanfaat.

Gadai Fleksi