Bagikan:

Sebagian dari kita pasti pernah dihadapkan oleh berbagai keperluan mendesak yang ternyata membutuhkan dana yang cukup banyak. Atau ketika Anda mempunyai bisnis dan ingin mengembangkannya, namun Anda tidak mempunyai dana yang cukup untuk dijadikan modal.

Mungkin Anda pernah berpikir bahwa menggadaikan barang menjadi salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut tanpa perlu merepotkan orang lain. Jika demikian, Anda tidak salah karena menggadaikan barang juga merupakan cara terbaik daripada Anda harus menjualnya. Jadi, ketika pinjaman yang Anda ajukan sudah dilunasi, Anda pun bisa mendapatkan barang kembali.

Kita tahu bahwa ada banyak barang yang bisa digadaikan, salah satunya BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) kendaraan, baik motor maupun mobil. Gadai BPKB motor dan mobil menjadi salah satu alternatif yang banyak dipilih orang karena nilai kepraktisannya. Selain itu, alasan lain banyak orang yang menggadaikan BPKB motor dan mobil karena saat ini hampir semua orang memiliki kendaraan pribadi.

Saat ini pun sudah banyak lembaga yang memberikan layanan pembiayaan dengan menjadikan BPKB kendaraan bermotor sebagai jaminannya. Namun, pastikan bahwa surat-surat yang Anda gadaikan bersifat resmi agar tidak menimbulkan konsekuensi yang tidak diinginkan. Selain itu, pahami juga aturannya, serta berapa lamanya proses peminjaman yang dilakukan.

Salah satunya Anda bisa menggadaikan barang untuk mendapat pinjaman di Pegadaian. PT Pegadaian (Persero) merupakan BUMN yang melayani jasa penyaluran kredit berdasarkan hukum gadai. Di Pegadaian, Anda bisa mengajukan pinjaman dengan proses yang cepat. Hanya dengan waktu 15 menit, pinjaman Anda bisa langsung cair, sehingga mengajukan pinjaman di Pegadaian bisa menjadi solusi ketika Anda membutuhkan dana darurat. Ditambah lagi, tersebarnya outlet Pegadaian di berbagai wilayah semakin memudahkan masyarakat yang ingin mengajukan pinjaman.

Baca juga  Ingin Menabung? Ini 4 Cara Berinvestasi yang Cocok Buat Anak Muda

Gadai BPKB Motor dan Mobil di Pegadaian

Sebagai lembaga yang memiliki izin untuk melaksanakan kegiatan lembaga keuangan berupa pembiayaan, Pegadaian memiliki berbagai macam produk pembiayaan. Jaminan/agunan yang disyaratkan oleh Pegadaian untuk bisa mengajukan pinjaman pun berbeda di tiap produknya.

Dengan kata lain, tidak semua produk pembiayaan Pegadaian bisa menerima BPKB motor dan mobil sebagai jaminan. Lalu, produk Pegadaian apa saja yang melayani gadai BPKB motor dan mobil? Berikut ulasan selengkapnya:

Gadai BPKB Motor dan Mobil melalui KCA
Kondisi keuangan yang berada di ujung tanduk tentunya membuat kepala Anda seperti mau pecah. Pastinya, Anda juga tidak ingin mengajukan pinjaman dana dengan proses yang rumit dan membutuhkan waktu lama.

Tidak perlu khawatir, dengan produk Kredit Cepat Aman (KCA) dari Pegadaian, Anda bisa mengajukan pinjaman untuk berbagai keperluan dengan prosedur yang sangat mudah dan cepat, mulai dari Rp. 50.000,- hingga Rp. 500.000.000,- atau lebih. Setelah sepakat, pinjaman KCA ini bisa Anda terima dalam bentuk tunai ataupun transfer melalui rekening Anda.

Anda tidak perlu khawatir mengenai jangka waktu pelunasan dari KCA ini, karena Pegadaian memberikan waktu selama 4 bulan. Apabila Anda merasa tidak bisa melunasi dalam jangka waktu yang telah ditetapkan, Anda bisa memperpanjangnya hingga berkali-kali.

Untuk mendapatkan pinjaman ini, persyaratan yang harus Anda penuhi pun sangat mudah. Anda hanya perlu menyerahkan fotokopi identitas resmi yang masih berlaku beserta agunannya. Untuk jaminan kendaraan bermotor, Anda bisa membawa BPKB dan STNK asli. Setelah itu proses pengumpulan dokumen selesai. Selanjutnya Anda akan mendapatkan Surat Bukti Kredit (SBK) dan tanpa menunggu lama, dana Anda pun langsung cair. Sama sekali tidak rumit, kan?

Baca juga  Cara Membayar Tagihan dengan Mudah

Gadai BPKB Motor dan Mobil melalui Produk RAHN
Ingin mengajukan pinjaman yang sesuai dengan syariah? Pembiayaan RAHN dari Pegadaian Syariah bisa menjadi solusi tepat untuk kebutuhan dana Anda. Selain BPKB, pembiayaan RAHN ini juga menerima barang jaminan lainnya seperti emas, barang elektronik dan barang lainnya.

Yang perlu Anda ketahui, pelayanan RAHN hanya tersedia di outlet Pegadaian Syariah. Adapun jumlah pinjaman yang bisa Anda ajukan mulai dari Rp 50.000,- hingga Rp 500.000.000,- atau lebih dengan jangka waktu pelunasan selama 4 bulan, dan tentunya bisa diperpanjang.

Persyaratan untuk mengajukan RAHN ini hampir sama dengan KCA, dengan membawa fotokopi identitas asli, dan untuk jaminan kendaraan bermotor Anda harus membawa BPKB dan STNK asli. Selanjutnya anda harus menandatangani Surat Bukti Rahn (SBR) sebelum akhirnya dana yang anda ajukan cair.

Gadai BPKB Motor dan Mobil melalui Produk KREASI
Persaingan bisnis yang sangat pesat membuat Anda harus memutar otak agar bisnis tidak jalan di tempat dan kalah bersaing. Anda pun harus membuat strategi baru untuk membedakan bisnis Anda dengan yang lainnya. Dari beberapa strategi yang digunakan, tentunya kebutuhan modal menjadi hal yang utama.

Melalui produk KREASI Pegadaian, Anda bisa mendapatkan dana untuk modal usaha kecil anda dengan sistem Fidusia, yang berarti agunan untuk pinjaman cukup dengan BPKB sehingga kendaraan masih bisa digunakan untuk usaha. Dengan pilihan produk KREASI Pegadaian, Anda bisa mengembangkan usaha sekaligus memanfaatkan kendaraan Anda untuk menunjang proses usaha.

Produk KREASI memberikan Anda pinjaman mulai dari Rp. 1.000.000,- hingga Rp. 200.000.000,-. Menariknya, jangka waktu pinjaman pada layanan ini bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda yaitu mulai dari 12, 18, 24, hingga 36 bulan.

Baca juga  Begini 5 Tips Mengatur Keuangan Bagi yang Baru Bekerja

Bagaimana dengan persyaratannya? Untuk bisa mengajukan pinjaman lewat produk KREASI, tentunya Anda harus memiliki UMKM. Selain itu, Anda juga harus menyerahkan fotokopi KTP dan kartu keluarga jika Anda sudah berkeluarga, menyerahkan agunan berupa BPKB kendaraan yang asli, fotokopi STNK, atau melampirkan Bukti Pemilik Hak Tempat Berjualan.

Pegadaian ARRUM
Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman untuk mengembangkan usaha dengan prinsip syariah, Anda bisa mengajukannya lewat produk Pegadaian ARRUM dengan salah satu jaminan berupa BPKB kendaraan. Sama halnya dengan Kreasi, kendaraan Anda tetap bisa digunakan untuk mendukung usaha sehari-hari.

Karena produk ini menerapkan sistem berprinsip syariah, maka proses transaksinya pun dilakukan sesuai dengan fatwa DSN-MUI. Pembiayaan Pegadaian ARRUM juga bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda dengan pilihan jangka waktu mulai dari 12, 18, 24, dan 36 bulan. Untuk mengajukan pinjaman ini, tentunya Anda harus memiliki usaha yang telah berjalan minimal 1 tahun, menyerahkan fotokopi KTP dan kartu keluarga, dokumen yang sah, dan surat-surat kendaraan berupa BPKB asli, fotokopi STNK, dan faktur pembelian.

Ketika sedang dihadapkan oleh berbagai keperluan mendesak yang membutuhkan biaya, salah satu alternatif yang bisa Anda pilih adalah menggadaikan barang yang Anda miliki untuk mendapatkan pinjaman dana. Agunan yang bisa diserahkan oleh peminjam umumnya barang-barang yang bernilai, salah satunya dengan gadai BPKB motor dan mobil.

Pastikan Anda mempertimbangkan dengan matang sebelum mengajukan pinjaman. Tidak lupa juga untuk memahami serta memelajari terlebih dahulu jenis pinjaman yang Anda pilih dan sesuai dengan kebutuhan anda. Jadilah peminjam yang bijak dengan meminjam dana sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat!