Bagikan:

Di dunia ini ada banyak sekali tokoh-tokoh hebat. Mulai dari pemimpin-pemimpin yang hebat, ilmuwan dengan segudang penelitiannya, tokoh sosial dan perannya dalam membantu masyarakat, hingga para pebisnis sukses. Sering kali, kita dibuat kagum dengan sepak terjang dan visi hidup yang mengantarkan mereka menuju kesuksesan. Namun, kita mengabaikan atau bahkan tidak mengetahui siapa sosok penting di balik kesuksesan yang mereka raih, yaitu sosok ibu. Ternyata, peran orang tua khususnya ibu menjadi kunci utama orang-orang hebat dalam meraih kesuksesan. Bahkan, Bapak B.J Habibie pernah berkata:

Di balik sukses seorang tokoh hebat, tersembunyi peran dua wanita yang sangat menentukan yaitu: ibu dan istri.

Sosok Ibu di Balik Setiap Kesuksesan

Ibu memang memiliki peran yang penting dalam keberhasilan seseorang. Bagaimana tidak? Di samping keistimewaannya sebagai sosok wanita yang mulia dan penuh kasih sayang, ibu juga memiliki kewajiban untuk mendidik dan menanamkan karakter yang baik kepada anak-anaknya.

Dari seorang ibu yang hebat, lahirlah sosok-sosok yang hebat pula. Sejarah telah mencatat ibu-ibu hebat yang melahirkan tokoh-tokoh besar dalam bidangnya, seperti Aminah binti Wahab, ibunda Rasulullah SAW; Nancy Mathew Edison, ibu Thomas Alva Edison; serta Dolores Aveiro, ibunda pesebak bola terkenal, Cristiano Ronaldo.

Para ibu tersebut pastinya memiliki visi, usaha, kerja keras, ditambah iringan doa yang mengantarkan anaknya menjadi orang hebat. Tanpa perannya yang begitu mulia, mustahil kita mengenal tokoh-tokoh hebat seperti yang kita kenal sekarang.

Sosok Ibu di Balik Para Entrepreneur Sukses

Para entrepreneur sukses dengan sepak terjangnya yang mengagumkan di dunia bisnis pun juga tidak lepas dari ibu yang hebat. Berikut ini adalah beberapa sosok ibu yang mengiringi keberhasilan para pebisnis sukses:

  1. Mary Maxwell, Sosok Ibu di Balik Kesuksesan Microsoft
    Kesuksesan Bill Gates dan Microsoft ternyata tidak lepas dari peran ibu Bill Gates, Mary Maxwell. Pada tahun 1983, ketika Mary menjadi direksi sebuah organisasi non-profit United Way wilayah King County Amerika, Mary banyak berkenalan dengan orang-orang besar sesama anggota, salah satunya John R. Opel, yang merupakan anggota komite petinggi IBM (International Business Machine). Dari situlah mulai terjalin relasi antara Microsoft, perusahaan bikinan anak Mary, dengan IBM. Berkat hal itu, Microsoft akhirnya mulai menanjak menjadi perusahaan software terbesar di dunia. Tanpa hubungan relasi dan negosiasi dari Mary, belum tentu Microsoft bisa terkenal seperti sekarang.
  2. Halimah, Ibunda Chairul Tanjung
    Kesuksesan Chairul Tanjung si Anak Singkong ternyata juga berkat dukungan sosok ibu yang hebat. Meskipun hanya tamatan Sekolah Menengah Pertama (SMP), ibu Chairul Tanjung tetap mengutamakan pendidikan bagi anak-anaknya. Berkat pengorbanan dan perjuangan tersebut, Chairul Tanjung akhirnya bisa terus melanjutkan pendidikan dan memutus rantai kemiskinan di keluarganya. Bahkan, kini dirinya telah menjadi seorang pebisnis sukses dengan sejumlah aset perusahaan.
  3. Hj. Suwun Lasminah, Ibunda Susi Pudjiastuti
    Selain dikenal sebagai Menteri Kelautan, Susi Pudjiastuti juga dikenal sebagai seorang entrepreneur sukses. Di balik kesuksesannya tersebut, ternyata beliau banyak belajar dari kisah hidup ibunya, Hj. Suwun Lasminah, bahwa meskipun seorang wanita memiliki keterbatasan, bukan berarti hal itu menjadi penghalang baginya dalam memperoleh kebebasan dan menentukan masa depannya.
Baca juga  Kisah Inspiratif dari Sosok Elon Musk

Itulah beberapa sosok ibu di balik tokoh sukses yang kita kenal kini. Semoga menjadi inspirasi.