Bagikan:

Usaha rumahan meski modalnya kecil dan hanya dilakukan oleh beberapa orang saja, untung yang didapatkan bisa besar. Kalau usaha ini dijalankan dengan maksimal, bukan tidak mungkin pemasukan yang didapatkan jauh lebih besar lagi sehingga Anda tidak perlu bekerja untuk orang lain dan konsentrasi dengan usaha ini. Kalau Anda memiliki keinginan untuk membuat usaha rumahan modal kecil yang bisa berkembang menjadi besar, berikut ada beberapa inspirasi usaha rumahan yang bisa diambil ide dasarnya:

1. Membuka Kedai Makanan

Membuka kedai makanan adalah usaha rumahan yang paling mudah dilakukan. Kalau lokasi rumah Anda dekat dengan pusat perkantoran atau kampus, bisnis ini bisa berjalan dengan lancar dan untung yang didapatkan sangat besar.

Hal terpenting yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis kuliner adalah kualitas dari makanan. Kalau makanan yang disajikan tidak begitu enak, pembeli tidak akan kembali lagi. Namun kalau rasa yang ditawarkan sangat nikmat, mereka bisa menjadi pembeli loyal dan membawa temannya untuk datang.

Selain rasa yang harus nikmat, penampilan atau kreativitas dari kuliner juga harus diperhatikan. Kala kulinernya biasa saja tidak akan menarik banyak orang. Namun, kalau kulinernya menarik dan cocok untuk muncul di halaman Instagram konsumen, puluhan orang akan datang untuk makan dan mengambil foto makanannya.

2. Katering dan Kuliner Online

Konsep dari katering hampir sama dengan membuka kedai makanan. Hanya saja, olahan makanannya tidak dimakan di tempat. Anda hanya melayani pembuatan nasi kotak, tumpeng, atau aneka makanan atau kue lain untuk acara hajatan atau pertemuan.

Katering bisa dipasarkan melalui media sosial atau langsung ke masyarakat dengan memberi sampel masakan. Kalau rasanya nikmat dan harganya bersaing, setiap hari akan selalu ada orang yang datang untuk melakukan pemesanan.

Baca juga  Film-Film yang Membahas Lika-Liku Entrepreneur Dunia

Selanjutnya, kalau Anda tidak suka membuka kedai makanan, tapi tetap ingin berbisnis kuliner, bukalah bisnis kuliner online. Semua pesanan hanya akan dikirim oleh kurir sendiri atau bekerja sama dengan salah satu penyedia angkutan online.

3. Usaha Penatu

Di kota besar atau kawasan ramai, membuka usaha penatu atau penyucian baju akan laris manis. Beberapa masyarakat yang enggan atau tidak sempat mencuci bajunya akan memilih untuk menggunakan jasa yang sedang Anda buka ini.

Jadi, kalau lokasi tempat usaha yang akan Anda buka cukup strategis, coba buka usaha penatu. Untuk awal-awal berikan beberapa promo seperti diskon hingga 25% atau cuci 10 kali gratis cuci 1 kg. Anda bisa melakukan pengembangan program sesuai dengan keinginan.

Bisnis penatu tidak membutuhkan banyak modal. Namun, setiap harinya pemasukan akan terus datang. Anda bisa mendapatkan banyak untung dari usaha yang kelihatannya sepele, tapi sangat vital ini.

4. Kerajinan Tangan dan Suvenir

Tidak semua orang bisa membuat kerajinan tangan atau suvenir yang cantik dan memiliki nilai jual tinggi. Kalau Anda kebetulan memiliki kemampuan untuk membuat sesuatu entah itu dari bahan biasa atau barang bekas, bukalah usaha kerajinan tangan dan suvenir yang dipasarkan secara langsung atau via online.

Kerajinan yang dibuat bisa berupa aneka rajutan, gantungan kunci, sepatu, hingga tas yang dilukis layaknya kanvas. Ada banyak bidang dari kerajinan tangan yang bisa diaplikasikan untuk bisnis ini. Jadi, tentukan apa yang ingin Anda buat dan memiliki kemampuan menarik banyak orang untuk membelinya.

5. Online Shop
Bisnis online shop bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja termasuk di dalam rumah. Anda bisa memulai bisnis ini dengan menjual aneka kebutuhan yang dicari oleh banyak orang. Misal pakaian yang dipakai sehari-hari atau pakaian untuk acara tertentu seperti kerja atau jalan-jalan.

Baca juga  5 Penyebab Gaya Hidup Konsumtif

Selain pakaian, Anda juga bisa menjual aneka sepatu atau aksesori lain yang saat itu sedang tren. Aneka perlengkapan rumah tangga seperti untuk dapur juga sangat diminati sehingga permintaannya cukup tinggi.

Kalau Anda tidak memiliki modal cukup untuk ambil barang secara banyak, gunakan cara dropship. Jadi, Anda tidak perlu memiliki barang dahulu. Cukup lakukan promosi dan barang yang dijual akan dikirim dari gudang pemilik barang.

Demikianlah ragam usaha rumahan dengan modal kecil dan untungnya besar. Semakin besar untung yang didapat, maka semakin besar juga peluang Anda untuk melakukan ekspansi bisnis.

Jika Anda merasa terhalang modal, jangan khawatir karena Pegadaian memiliki solusi tepat untuk pendanaan bisnis Anda. Melalui Gadai Bisnis, Anda bisa melakukan pinjaman mulai dari 100 juta rupiah sampai lebih dari 1 miliar rupiah. Dengan biaya administrasi sebesar 100 ribu rupiah, Anda bisa mendapatkan pinjaman dengan menyerahkan barang jaminan berupa emas batangan atau latakan.
Semoga artikel ini bisa Anda gunakan sebagai inspirasi. Selamat mencoba!