Bagikan:

Dewasa ini, kendaraan bermotor, terutama motor roda dua, telah menjadi salah satu kebutuhan utama bagi masyarakat Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya jumlah motor yang ada di setiap jalan, khususnya kota-kota besar seperti Jakarta. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan. Pasalnya, mengendarai motor dinilai lebih efektif karena bisa menghemat waktu dalam bepergian karena bisa menembus kemacetan dengan mudah.

Karena harganya yang terbilang cukup mahal bagi sebagian kalangan, motor pun telah dianggap layaknya anak sendiri yang butuh perawatan dan perhatian khusus agar kondisinya tetap awet dan prima. Mengingat harga kendaraan yang mahal itu, kita tentunya juga tahu bahwa biaya perawatan motor tidak lah murah, terlebih jika kendaraan yang Anda miliki sudah tidak baru lagi dan rentan mengalami beberapa kerusakan.

Untuk mencegah hal tersebut, kita perlu mengetahui bagaimana cara merawat motor agar awet dan tidak mudah rusak. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merawat motor, yaitu:

1. Pemilihan Bahan Bakar
Penggunaan bahan bakar turut memengaruhi kinerja dari mesin motor. Sehingga, cara merawat motor agar tetap awet adalah dengan menggunakan bahan bakar beroktan di atas 90 untuk menyempurnakan pembakaran dalam mesin motor. Berbeda jika Anda menggunakan bahan bakar berkualitas rendah yang bisa meninggalkan kerak pada sistem injeksi dan mengakibatkan kerusakan pada komponen mesin.

2. Perhatikan Kondisi Aki
Memperhatikan kondisi aki juga sangat penting agar aki motor selalu terjaga terutama jika motor Anda menggunakan teknologi injeksi, karena aki merupakan sumber listrik untuk sistem penghidupan pembakaran. Jika air pada aki motor Anda berkurang, Anda bisa menambahkan dengan air aki yang banyak dijual di pasaran atau lebih baik jika Anda mengganti aki motor sebelum aki benar-benar rusak.

Baca juga  3 Inspirasi Hidup Sehat ala Pegadaian

3. Ganti Oli secara Teratur
Mengganti oli merupakan hal yang rutin dilakukan minimal 2 bulan sekali, terlebih jika motor Anda telah menempuh jarak 1.000 km. Jangan sampai motor Anda kekurangan pelumas sehingga bisa menimbulkan terganggunya kinerja mesin.

4. Periksa ECU
Cara merawat motor selanjunya ialah dengan memperhatikan ECU (Electronic Control Unit) agar kondisi dan kinerja pada sistem injektor pada motor Anda selalu bekerja dan berfungsi dengan baik. Tentunya Anda tidak ingin hal ini terjadi, bukan? Karena jika sistem ini terganggu, maka kinerja injektor pada motor Anda tidak akan berjalan dengan baik dan bisa mengakibatkan motor mogok.

5. Perawatan Busi
Busi merupakan pematik api yang sangat diperlukan dalam proses pembakan pada mesin. Jika terjadi kerusakan pada busi, maka proses pembakaran pada mesin tidak akan sempurna dan mengakibatkan mesin menjadi kurang bertenaga dan parahnya bisa membuat motor Anda tidak menyala. Jadi, jika busi motor Anda sudah tidak menghasilkan api yang maksimal, lebih baik Anda menggatinya dengan yang baru agar pembakaran pada ruang pembakaran menjadi lebih sempurna.

6. Periksa Bahan Bakar di Dalam Tangki
Jangan sampai bahan bakar pada tanggki motor Anda habis ketika sedang dikendarai. Selain bisa menyebabkan motor Anda mati, hal ini juga dapat merusak sistem injektor pada motor. Apabila tangki pada motor Anda kosong, maka kotoran yang terdapat pada tangki akan mudah terserap dan akan menghambat kinerja mesin motor.

7. Lakukan Service Secara Berkala
Melakukan service berkala pada motor sangat penting, setidaknya setiap 3 bulan sekali untuk mengecek kondisi motor Anda. Atau jika motor Anda sering digunakan, Anda bisa melakukan pengecekan satu bulan sekali agar kondisi motor tetap prima. Usahakan juga untuk melakukan service motor di tempat yang berkualitas sehingga kondisi motor menjadi semakin baik dan nyaman.

Baca juga  Ingin Pensiun Dini? Ini yang Harus Dilakukan!

Berkaitan dengan service motor secara berkala ini, Pegadaian melalui produk AMANAH tengah menyelenggarakan Pegadaian Amanah Merdeka (PAM) dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia.

Kita tahu bahwa Hari Kemerdekaan merupakan momen yang dinantikan oleh seluruh rakyat Indonesia dan selalu diperingati setiap tahunnya dengan berbagai kegiatan. Untuk menyambut momen ini pula, Pegadaian juga turut menebarkan kebahagiaan bagi pengendara motor untuk bisa melakukan pengecekan motornya secara gratis.

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 3 hari yang dimulai pada 24 sampai 26 Agustus 2017 di 72 kantor cabang Pegadaian terpilih yang tersebar di seluruh Indonesia mulai pukul 08.00 sampai dengan 16.00 (disesuaikan dengan kondisi setempat).

Siapa Saja yang Bisa Mendapatkan Gratis Service Motor?

Pertanyaan di atas mungkin terlintas setelah Anda mengetahui adanya program Pegadaian Amanah Merdeka yang akan diselenggarakan ini.

Perlu Anda ketahui, pengunjung yang bisa mendapatkan gratis service (tidak termasuk pembelian spare part dan oli jika diperlukan) khusus motor Honda adalah mereka yang tercatat sebagai nasabah Pegadaian dengan menunjukkan bukti pembiayaan pada produk-produk seperti Rahn, Arrum, Tabungan Emas, Amanah, KCA, Kreasi, Krasida, Mulia, dan Emasku.

Tetapi, bagi Anda yang belum tercatat sebagai nasabah Pegadaian, Anda tetap bisa mendapatkan layanan service motor secara gratis ini dengan membuka rekening Tabungan Emas minimal 0,01 gram atau membeli produk MPO (Multi Pembayaran Online) seperti melakukan pembayaran untuk tagihan listrik, telepon, pulsa ponsel, air minum, pembelian tiket dan lain sebagainya yang dilakukan secara online dengan minimal senilai Rp. 20.000,-

Keistimewaan lainnya yang bisa Anda dapatkan di periode ini ditujukan bagi pengunjung yang mengajukan pembiayaan Amanah yang tentunya telah memenuhi syarat yang telah ditetapkan, yaitu tercatat sebagai pegawai tetap di sebuah instansi pemerintah/swasta dan telah bekerja selama 2 tahun, fotokopi KTP suami/isteri, Kartu Keluarga, SK pengangkatan sebagai karyawan tetap, slip gaji 2 bulan terakhir, serta menandatangani form aplikasi Amanah dan akad Amanah.

Baca juga  Memanfaatkan Media Sosial untuk Bisnis Rumahan

Ada reward menarik bagi 30 aplikasi pembiayaan Amanahnya yang disetujui di tiap outlet Pegadaian tempat event PAM berlangsung, yaitu Tabungan Emas senilai Rp 100.000. Anda bisa mengisi form aplikasinya pada saat event dan ikuti prosedur pembiayaan Amanah.

Jadi, tunggu apa lagi! Ayo rayakan Kemerdekaan Indonesia bersama Pegadaian melalui Pegadaian Amanah Merdeka (PAM) dan Show Unit Honda. Kendaraan mulus tanpa membuat kantong tirus!