Bagikan:

Sebagian besar orang selalu berpikir kalau mau sukses dalam bisnis, sekolah saja di kampus ternama. Setelah lulus dari sana, Anda akan tahu sendiri apa yang harus dilakukan untuk memulai bisnis.

Apa yang diyakini oleh sebagian besar orang ini sebenarnya tidak salah. Namun, untuk mendapatkan edukasi bisnis, Anda tidak perlu menunggu kuliah dahulu. Sejak masih anak-anak pun, bisnis bisa diajarkan.

Nah, untuk menyambut Hari Pendidikan Nasional, mari kita sedikit mengupas dan mengulik pentingnya edukasi bisnis untuk anak muda.

  1. Edukasi bisnis untuk kreativitas

Sejak kecil jangan mengajarkan anak muda untuk terobsesi masuk ke perusahaan tertentu atau menjadi abdi negara. Kalau obsesi mereka hanya soal itu saja, sekolah pun akan dijalani dengan biasa, tidak dengan semangat untuk menciptakan sebuah perubahan yang penting di masa depan.

Kalau kata Christ Grosser, “kalau kesempatan tidak terjadi, Anda yang membuatnya.”. Dengan pedoman ini anak muda akan terbiasa untuk menciptakan sesuatu yang baru. Bukan mengikuti orang lain terus-menerus.

Edukasi bisnis akan membuat anak mau berpikir out of the box. Tidak berpikir lurus-lurus saja. Ada kalanya mereka harus membuat gebrakan baru yang akan membuat kesuksesan datang menghampiri mereka, bukan mereka yang menghampiri kesuksesan.

  1. Pekerjaan tidak selalu ada

Setiap tahun ada puluhan lulusan sarjana diwisuda dan dilepas di masyarakat. Apa semuanya langsung disambut oleh lapangan pekerjaan? Jawabannya adalah tidak. Banyak sarjana muda ini akhirnya menganggur karena selera perusahaan terlalu tinggi. Selain itu, jumlah orang yang mendaftar ke perusahaan juga jauh lebih banyak dari yang diminta.

Dalam 10-20 tahun lagi, lapangan pekerjaan akan semakin susah dicari. Sekarang saja, banyak sarjana dengan prestasi bagus memilih untuk menjadi sopir angkutan online ketimbang menganggur.

Baca juga  Motivasi Hidup Sehat untuk Masa Depan

Kalau sejak dini mereka sudah diajarkan untuk memulai bisnis, hal seperti ini tidak akan terjadi. Jauh sebelum lulus dan kembali ke masyarakat, pemuda akan mulai memikirkan peluang usaha yang kemungkinan besar memberikan keuntungan dan belum banyak dilakukan oleh masyarakat.

  1. Tidak konsumtif

Edukasi bisnis akan membuat anak muda jadi lebih menghargai uang dan apa saja yang mereka miliki. Mereka juga tidak akan mudah membelikan sesuatu dan menjadi seorang yang konsumtif. Meski ada barang baru yang sedang tren, mereka akan menahannya dan menggunakan uang untuk keperluan lain.

Anak muda yang sudah terbiasa dengan bisnis tahu kalau uang dalam bisnis adalah segalanya Meski idenya cemerlang kalau tidak ada modal yang banyak, bisnis tidak akan bisa berjalan dengan lancar.

Jadi, ketimbang bisnis yang dijalankan terbengkalai, lebih baik berhemat. Menggunakan uang untuk keperluan lain agar bisnis tetap berjalan dan berkembang perlahan-lahan.

  1. Penghasilan mungkin lebih besar

Mendapatkan pekerjaan yang mapan memang impian semua orang. Dengan pekerjaan itu Anda bisa mendapatkan uang dengan lebih gampang. Namun, bekerja dengan orang lain tidak akan bisa membuat Anda bekerja dengan bebas. Tetap saja ada batasan karena perusahaan itu bukan milik Anda.

Kalau saja Anda memiliki usaha sendiri, tentu berbagai ide cerdas akan diluapkan begitu saja tanpa berpikir panjang. Anda akan bekerja ekstra dan perlu banyak bertanya. Kalau usaha yang dilakukan sukses besar, Anda sendiri yang akan mendapatkan keuntungannya.

Terakhir, karena Anda yang memiliki perusahaan, tentu penghasilan yang didapatkan jauh lebih besar. Dengan profit yang lebih besar ini Anda bisa mengembangkan usaha menjadi lebih maju dan menabung untuk kebutuhan di hari tua.

  1. Pekerja keras dan peka pada peluang
Baca juga  Manfaat Etika Bisnis Bagi Perusahaan

Seseorang yang mendapatkan edukasi bisnis sejak muda akan terbiasa untuk bekerja keras. Mereka akan tahu bagaimana harus bertindak kalau ada masalah dan bagaimana berjuang kalau usaha sedang sepi. Apa saja akan dilakukan anak muda untuk mempertahankan usaha.

Selain tahu bagaimana harus bekerja keras secara maksimal, anak muda yang terbiasa berbisnis akan tahu peluang. Jika ada sesuatu yang menarik dan memiliki peluang bisnis, dia akan langsung menyambar dan menganalisis apakah bisa dijadikan bisnis atau tidak.

Inilah pentingnya edukasi bisnis pada anak muda khususnya dalam menyambut Hari Pendidikan Nasional. Semoga uraian di atas bermanfaat untuk kita semua.