Bagikan:

Memiliki tubuh yang sehat adalah impian semua orang. Ketika sedang sehat, aktivitas apa pun bisa dilakukan dengan baik. Sebaliknya, ketika sakit, untuk urusan makan atau tidur saja kadang kala terasa tidak nyaman. Pentingnya kesehatan memang perlu disadari sejak awal. Bagaimana pun, melakukan pencegahan lebih efektif dan bijak daripada harus berobat ke dokter.

Selain kehilangan waktu untuk melakukan berbagai hal, orang sakit juga biasanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi jika penyakit yang diderita bersifat kronis dan butuh perawatan jangka panjang. Nah, berikut beberapa motivasi hidup sehat yang akan membuat Anda lebih terpacu untuk menjaga kesehatan.

  1. Kesempatan untuk Menikmati Kebersamaan dengan Keluarga

Keluarga adalah harta yang paling berharga. Tanpa keluarga, hidup akan terasa sengsara dan tidak berguna. Hidup sehat bersama keluarga dalam jangka panjang adalah kekayaan yang tidak ternilai dengan uang. Tentu ada banyak hal yang bisa dinikmati bersama, yaitu pengalaman-pengalaman baru dan menyenangkan.

Seseorang yang telah menginjak usia lansia sangat rentan terhadap hal ini. Di saat hidup sudah mapan, anak-anak telah bekerja dan berumah tangga, tubuh justru tidak bisa diajak bekerja sama karena harus melawan penyakit. Ini merupakan hal yang menyedihkan. Oleh karena itu, sejak sekarang, mulailah menjaga kesehatan demi kebersamaan bersama keluarga pada masa depan.

  1. Kesempatan untuk Meraih Mimpi

Apa impian Anda saat ini? Apa yang membuat Anda antusias? Anda bukan hanya membutuhkan waktu, dana, dan tenaga, untuk mewujudkan semua itu. Anda juga memerlukan kesehatan. Tubuh yang tidak sehat akan menolak diajak bekerja sama. Ada lebih banyak kesulitan yang akan dihadapi jika tubuh sedang didera penyakit berkepanjangan.

Mimpi-mimpi memang tidak terbatas. Untuk mencapainya juga tidak mudah. Namun, Anda memiliki peluang yang lebih besar untuk mewujudkannya jika hidup sehat sejak saat ini.

  1. Kesempatan untuk Berhemat
Baca juga  5 Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan

Untuk mengobati penyakit, dibutuhkan biaya yang besar. Harta sebanyak apa pun bisa ludes jika digunakan untuk mengobati penyakit yang tak kunjung sembuh. Oleh karena itu, sadarilah sekarang bahwa tubuh yang sehat adalah investasi yang tak terhingga. Artinya, dengan hidup sehat, Anda tidak perlu membuang uang sepeser pun.

Lalu, apa keuntungannya? Selain bisa lebih hemat, Anda bisa mengalokasikan anggaran tersebut untuk tabungan atau usaha. Jika dihitung, biaya berobat di rumah sakit bisa dibilang tidak terhingga. Bayangkan jika biaya tersebut dimanfaatkan untuk menjalankan bisnis. Hasilnya pasti lumayan.

  1. Kesempatan untuk Menikmati Hasil Kerja Keras

Pernahkah Anda melihat orang-orang yang sibuk mengejar uang pada masa muda dan tidak menjaga kesehatan, kemudian pada masa tua sakit-sakitan? Ini tentu saja percuma. Meskipun memiliki banyak harta, jika tidak bisa dinikmati, apa gunanya?

Jadi, kedua hal ini, yaitu kerja keras dan menjaga kesehatan, harus berjalan dengan seimbang. Orang yang menjaga hidup tetap sehat adalah mereka yang sadar bahwa tubuh juga layak memperoleh apresiasi setelah seharian diajak bekerja keras. Nah, hasilnya bisa dinikmati ketika menginjak usia senja. Tubuh masih tetap bugar dan bisa melakukan aktivitas apa pun.

  1. Menjadi Inspirasi bagi Orang Lain

Anda juga bisa menjadikan hal ini sebagai motivasi untuk hidup sehat. Menjadi inspirasi bagi orang lain penting karena Anda menyediakan diri untuk diteladani. Bahkan, Anda mungkin berjasa besar membantu orang lain tanpa disadari.

Ketika Anda bercerita bahwa berjalan kaki setiap pagi dapat membuat badan lebih bugar (dan Anda membuktikannya sendiri), orang lain pun pasti akan terpacu untuk melakukan hal yang sama. Anda mungkin tidak pernah menyangka, inspirasi tersebut dapat mencegah orang lain mengalami diabetes akut, penyakit jantung, atau kanker. Secara tidak langsung, menjadi inspirasi berarti menyelamatkan nyawa orang lain, bukan?

Baca juga  5 Strategi Pengembangan UKM yang Kreatif Guna Meraih Peluang Pasar

Nah, demikian beberapa motivasi yang bisa direnungkan  terkait kesehatan. Mahatma Gandhi pernah mengatakan, “Kekayaan yang sebenarnya adalah kesehatan, bukan emas atau perak.” Nah, apakah Anda setuju? Jika ya, selamat menjaga kesehatan!