Bagikan:

Etika bisnis adalah cara yang paling ideal untuk mengatur dan mengelola bisnis dengan selalu mempertimbangkan norma dan nilai-nilai yang berlaku secara universal. Meskipun tidak tertulis dalam sebuah peraturan resmi, etika bisnis sebaiknya tetap dijalankan. Ini tidak bergantung pada posisi atau jabatan individu maupun organisasi.

Dalam mengembangkan bisnis, etika bisnis tidak lagi sekadar kewajiban yang secara terpaksa menjadi beban untuk dijalankan oleh sebuah perusahaan. Namun, dengan melakukan etika bisnis, perusahaan memiliki strategi yang sangat manjur untuk mengembangkan diri. Nah, berikut adalah manfaat penting etika bisnis jika dijalankan oleh sebuah perusahaan.

1. Memperoleh Kepercayaan Pelanggan

Menerapkan etika bisnis di perusahaan akan berdampak pada timbulnya kepercayaan dari pelanggan. Salah satu etika tersebut misalnya adalah selalu menerapkan kejujuran dalam bertransaksi dengan pelanggan. Banyak kasus terjadi, pebisnis tega membohongi pelanggan demi mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Kepercayaan adalah kualitas yang tidak mudah dicapai, juga akan sangat sulit didapatkan kembali jika telah hilang. Namun, perusahaan yang berhasil memperoleh kepercayaan pelanggan atau klien akan mendapatkan manfaat berupa loyalitas. Selain itu, pelanggan pun akan dengan senang hati merekomendasikan perusahaan tersebut kepada orang lain.

2. Membuat Pelanggan Baru Tertarik untuk Membeli Produk

Perusahaan yang menerapkan etika bisnis dalam menjalankan usaha dapat menarik pelanggan baru untuk membeli atau mengonsumsi produk tersebut. Hal ini tentu akan menyebabkan penjualan dan keuntungan akan bertambah banyak.

Etika bisnis yang dimaksud dapat diselipkan dalam visi dan misi sebuah perusahaan. Salah satu contohnya adalah perusahaan berkomitmen untuk menggunakan bahan-bahan yang tidak merusak lingkungan dalam proses produksi. Menjaga lingkungan adalah salah satu tanggung jawab bersama dalam kehidupan bermasyarakat.

Baca juga  Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Bisnis Pulsa

3. Membuat Karyawan Betah

Etika bisnis bukan hanya diterapkan terhadap pelanggan atau klien, tetapi juga kepada para karyawan. Manajemen yang selalu mengedepankan etika dalam menjalankan roda perusahaan pasti akan mengutamakan kesejahteraan dan kenyamanan karyawan terlebih dahulu.

Ketika perusahaan memiliki etika bisnis yang terpuji, loyalitas karyawan akan bertambah. Ini akan menyebabkan laju keluar masuk pekerja bisa dikurangi. Dampaknya adalah produktivitas yang meningkat serta berkurangnya biaya untuk merekrut karyawan baru. Sebaliknya, jika perusahaan tidak memiliki etika bisnis, secara tidak langsung hal ini akan sangat merugikan karyawan dan membuat suasana bekerja menjadi tidak nyaman.

Selain itu, di mata para calon karyawan, perusahaan ini akan menjadi prioritas utama. Dengan demikian, perusahaan memiliki peluang yang lebih besar untuk mempekerjakan karyawan yang paling berkualitas.

4. Menarik Perhatian Investor

Salah satu keuntungan yang akan didapatkan oleh perusahaan yang selalu memegang etika dalam berbisnis adalah lebih mudah memperoleh perhatian dari para calon investor. Cepat atau lambat, perusahaan yang beretika akan tampil dengan sendirinya karena nilai-nilai yang diyakini dan dipegangnya.

Mendapatkan perhatian investor sangat penting, khususnya bagi usaha yang baru saja dimulai dan ingin berkembang serta membutuhkan dana besar. Sementara itu, investor pasti memiliki banyak pertimbangan sebelum mengucurkan dana pada sebuah bisnis. Tak heran, berbekal etika bisnis yang dijalankan, perusahaan tersebut bisa memperoleh kesempatan pertama untuk diperhatikan.

Tahap lanjutan setelah mendapatkan investor adalah mengembangkan bisnis itu sendiri. Butuh dana yang tidak sedikit untuk ekspansi bisnis ke tingkat yang lebih tinggi. Maka dari itu, Pegadaian mencoba untuk menawarkan solusi bagi Anda yang membutuhkan modal usaha untuk menggapai peluang bisnis. Salah satunya lewat produk Gadai Bisnis, yang merupakan fitur Kredit Cepat dan Aman, untuk pendanaan bisnis dengan proses mudah, cepat, dan aman. Anda bisa mendapatkan pinjaman mulai dari 100 juta rupiah sampai lebih dari 1 miliar dengan jaminan berupa emas perhiasan dan emas batangan.

Baca juga  5 Cara Mengisi Waktu Luang yang Menghasilkan Uang

Praktisnya, berbisnis dengan perusahaan yang menjunjung tinggi etika bisnis akan membuat investor dan pihak ketiga lainnya merasa tenang dan aman untuk “menitipkan” uang mereka. Mereka tidak akan merasa takut dicurangi atau ditipu.

5. Menjadi Perusahaan yang Berintegritas

Bagi perusahaan, menerapkan etika dalam kegiatan berbisnis akan menciptakan nilai integritas. Dalam sebuah bisnis, maupun dalam kehidupan sehari-hari, integritas adalah kualitas yang sangat penting. Perusahaan atau seseorang yang dikenal berintegritas akan memperoleh peluang yang lebih besar, baik dalam mendapatkan pekerjaan, kepercayaan, dan sebagainya.

Oprah Winfrey mengatakan,

Integritas sejati adalah melakukan sesuatu ketika tidak ada seorang pun akan mengetahui apakah Anda melakukannya atau tidak.

Selain itu, Warren Buffet juga menambahkan,

Jika Anda mencari seseorang untuk dipekerjakan, carilah orang yang memiliki 3 kualitas ini, yaitu integritas, kecerdasan, dan energi. Dan jika mereka tidak memiliki yang pertama, dua lainnya akan berbahaya.

Jadi, etika bisnis sangat penting dan menjadi modal yang berharga bagi sebuah perusahaan untuk mengembangkan sayap lebih lebar di dunia bisnis. Apakah perusahaan Anda sudah menjalankannya?