Bagikan:

Tahukah Anda, bahwa perbedaan antara orang sukses dengan yang tidak terletak pada kebiasaan yang dilakukan pada pagi hari? Tidak hanya bangun pagi, tapi bagaimana kita mengisi waktu setelahnya dengan aktivitas yang produktif dan bermanfaat juga tak kalah penting. Bill Gates, Michelle Obama, Tim Cooks, dan Steve Jobs sukses berkat kerja keras dan disiplin. Anda tentu ingin seperti mereka, kan? Nah, kira-kira apa saja sih kebiasaan pagi yang rutin dilakukan orang sukses?

1. Bangun Tidur Lebih Awal
Orang bijak bilang bahwa kunci pertama menuju kesuksesan adalah bangun tidur lebih awal. Jika orang lain bangun pagi pukul 6, orang sukses sudah terbiasa bangun tidur bahkan sebelum pukul.

Selain menghindari keterlambatan, bangun pagi juga memungkinkan kita untuk menyelesaikan lebih banyak pekerjaan. Tentunya hal-hal seperti ini tidak akan bisa dikejar jika kita bangun ketika matahari sudah tinggi.

2. Olahraga
Kesuksesan seseorang juga ikut ditentukan oleh rajin tidaknya mereka menjaga kesehatan, salah satunya dengan berolahraga. Jika melihat kebiasaan orang-orang sukses, mereka selalu menyempatkan diri untuk berolahraga ringan setiap pagi, paling tidak 15 menit.

Selain membuat tubuh lebih bugar, olahraga juga bisa menjadi media paling ampuh untuk melepas stres. Saat olahraga, hormon-hormon pemicu rasa senang pun turut dilepaskan. Nah, masih enggan berolahraga?

3. Bersyukur
Percayalah, banyak-banyak bersyukur akan membuat diri kita makin bahagia. Ketika mengungkapkan rasa terima kasih kepada Tuhan, seseorang pasti akan merasa lebih bahagia dan termotivasi untuk terus meningkatkan kualitas hidupnya.

Bersyukur bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya jika Anda seorang muslim, Anda bisa memanjatkan rasa syukur dengan melakukan salat malam. Suasana hening malam hari akan membuat hati dan pikiran lebih tenteram.

Baca juga  Memanfaatkan Media Sosial untuk Bisnis Rumahan

4. Meditasi
Meditasi hampir sama dengan ibadah salat bagi muslim. Saat melakukan meditasi, Anda akan mendapatkan ketenangan jiwa, sehingga pikiran dan hati akan terasa lebih jernih. Anda pun siap menghadapi berbagai rutinitas dengan penuh semangat.

5. Menghargai Diri Sendiri
Orang sukses adalah orang yang pandai menghargai diri mereka sendiri. Ya, menghargai diri terbukti mampu memaksimalkan potensi diri, memperbaiki hubungan dengan sesama, bahkan memunculkan perasaan hormat dari orang lain kepada Anda.

Bagaimana caranya? Terima diri Anda sepenuh hati, bangun rasa percaya diri, lakukan banyak kegiatan positif, percaya pada kemampuan diri sendiri, dan berhenti menganggap orang lain sebagai saingan.

6. Sarapan Pagi
Bagaimana Anda bisa maksimal menyelesaikan tugas dan pekerjaan kalau perut saja tidak diisi? Nah, mulai sekarang biasakan diri menyantap sarapan sebelum mulai melaksanakan kewajiban, ya.

Dari keenam kebiasaan pagi yang rutin dilakukan orang sukses di atas, mana saja yang sudah Anda jadikan kebiasaan?