Bagikan:

Setiap 17 Agustus, seluruh rakyat Indonesia akan merayakan sebuah momen bersejarah, yaitu hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Untuk memeriahkan perayaan tersebut, ada berbagai tradisi yang biasa dilakukan. Tujuannya tak lain adalah sebagai ucapan syukur, ungkapan kebahagiaan, serta simbol kebersamaan. Tradisi-tradisi ini sudah berlangsung sekian lama. Jangan baper, tidak afdal rasanya jika perayaan hari kemerdekaan dilangsungkan tanpa melakukannya.

Berikut 5 Tradisi Perayaan Hari Kermerdekaan di Indonesia:

1. Menghadiri Upacara Bendera

Ini adalah salah satu tradisi yang paling melekat dengan momen perayaan HUT RI. Biasanya, para siswa sekolah dan pegawai pemerintah akan berbondong-bondong mengikuti upacara bendera di instansi masing-masing. Tradisi ini sangat penting untuk menjaga rasa nasionalisme. Jadi, meskipun harus mengorbankan waktu libur, Anda sebaiknya tetap menyediakan waktu untuk melakukannya, ya. Nah, bagi yang tidak diwajibkan mengikuti upacara bendera, Anda juga dapat ikut meresapi detik-detik peringatan HUT RI melalui layar kaca. Oleh para Paskibraka terpilih, bendera Merah Putih akan dikibarkan di Istana Negara. Peristiwa ini biasanya disiarkan secara langsung di seluruh stasiun televisi Indonesia.

2. Menyemarakkan Suasana dengan Lomba 17-an

Siapa di antara Anda yang pernah mengikuti lomba balap karung atau lomba makan kerupuk? Lomba-lomba ini juga biasanya diadakan untuk memeriahkan acara peringatan HUT RI. Namun, bukan hanya sekadar untuk mencari hadiah, ternyata ada makna penting di balik pelaksanaan lomba 17-an. Misalnya, lomba makan kerupuk merupakan simbol keprihatinan masyarakat Indonesia pada zaman penjajahan. Begitu pula lomba balap karung yang dilakukan untuk mengenang kepedihan yang dialami rakyat Indonesia pada masa penjajahan Jepang. Pada saat itu, sebagian besar rakyat memang tidak memiliki cukup uang untuk membeli pakaian sehingga mereka menggunakan karung goni.

Baca juga  Makna Hari Pahlawan bagi Generasi Muda

3. Menjalankan Bisnis Musiman

Pernahkah Anda mengamati tiap Agustus tiba, deretan pedagang musiman berjejer di pinggir jalan menggelar aneka ornamen bernuansa merah putih? Mulai dari umbul-umbul, bendera, sampai bermacam-macam aksesori yang berhubungan dengan perayaan kemerdekaan. Tradisi ini secara tidak langsung turut menyemarakkan suasana di bulan Agustus. Bukan hanya itu, bisnis musiman ini juga dapat menguntungkan para penjualnya, bahkan bisa mendapatkan omset hingga jutaan rupiah per harinya.

Bagi orang yang pandai menangkap peluang, bisnis musiman ini cukup menguntungkan. Namun yang namanya musiman, tidak semua orang memiliki modal yang terencana ketika ingin menjalankannya. Jangan khawatir, Pegadaian menawarkan solusi bagi Anda yang tertarik untuk mendapatkan modal lewat produk-produknya. Seperti dua produk Krasida dan Kreasi yang memberikan kredit angsuran bulanan untuk berbagai macam keperluan, termasuk modal untuk bisnis musiman. Dengan jaminan yang beragam, emas untuk Krasida dan BKPB kendaraan bermotor untuk Kreasi, fasilitas kredit pun dapat diproses dengan cara yang cepat, mudah, dan murah. Selain itu, jika Anda mengajukan pinjaman mulai dari 3 juta rupiah untuk transaksi Krasida atau Kreasi dalam periode 15-31 Agustus 2017 bisa berkesempatan mendapatkan pulsa cuma-cuma sebesar 25 ribu lewat program Pegadaian BAPER (Bagi-Bagi Pulsa Merdeka) spesial di HUT RI ke-72. Tidak hanya untuk keperluan modal, promo BAPER ini juga bisa jadi sarana tepat untuk investasi emas dan kendaraan bermotor lewat produk Mulia maupun Amanah.

4. Mengibarkan Bendera di Depan Rumah
Tradisi lainnya yang jamak dilakukan adalah mengibarkan bendera Merah Putih di tiap rumah selama 2 minggu menjelang 17 Agustus. Bukan hanya di rumah, ada pula kendaraan yang memasang bendera kecil sebagai bentuk partisipasi dalam perayaan hari kemerdekaan. Sebenarnya, pengibaran bendera bukan sekadar spontanitas atau tradisi, tetapi merupakan aktivitas wajib yang telah diatur dalam undang-undang khusus. Nah, mumpung sebentar lagi 17 Agustus, apakah Anda sudah menyiapkan tiang serta bendera Merah Putih di rumah Anda?

Baca juga  Mau Mudik Aman dan Nyaman? Jangan Lupa 7 Tips Ini!

5. Malam Tirakatan

Di sebagian besar wilayah Indonesia, tradisi malam tirakatan menjelang peringatan HUT RI masih banyak dilakukan. Acara tirakatan yang biasanya dilakukan pada sore hingga malam hari ini merupakan salah satu bentuk ucapan syukur masyarakat atas kemerdekaan yang bisa dinikmati selama ini. Acara yang dilangsungkan di tiap-tiap kampung ini juga biasanya akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan ringan lainnya. Sembari berkumpul dan bercengkerama, para warga akan menikmati suguhan aneka makanan kecil. Manfaat lainnya, malam tirakatan pun dapat mempererat rasa persatuan dan kesatuan warga setempat.

Dari 5 tradisi perayaan hari kemerdekaan ini, mana yang masih banyak dilakukan di sekitar tempat tinggal Anda? Apakah Anda sudah berpartisipasi melakukan salah satu di antaranya? Nah, selamat menikmati dan mensyukuri kemerdekaan, ya!