Bagikan:

Menjadi seorang entrepreneur memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Diperlukan kegigihan dan kerja keras supaya bisnis yang digeluti tersebut dapat menghasilkan keuntungan serta mampu bersaing dengan usaha lainnya. Selain itu, entrepreneur pemula juga harus mau belajar bisnis supaya tahu cara menyusun strategi yang tepat.

Lantas, bagaimana cara yang mudah dan efektif untuk belajar bisnis? Berikut beberapa metode yang bisa Anda terapkan:

1. Banyak Membaca Buku

Buku adalah jendela dunia. Ada banyak pengetahuan yang bisa didapatkan melalui aktivitas membaca buku. Para praktisi di dunia bisnis atau pengamat ekonomi, misalnya, menuangkan aneka pengalaman dan ilmu mereka melalui buku. Salah satu di antaranya adalah Robert T. Kiyosaki, seorang pria asal Jepang yang menulis buku yang sangat populer berjudul Rich Dad Poor Dad. Ada banyak inspirasi yang disampaikan Kiyosaki untuk para entrepreneur pemula dalam bukunya tersebut. Salah satu kalimat menarik yang dituliskannya adalah:

Saya tidak dilahirkan sebagai entrepreneur alami. Saya harus berlatih.

Seperti diketahui, Kiyosaki adalah seorang investor dan pengusaha yang memulai usahanya dari nol.

Beragam bacaan tentang bisnis juga bisa Anda dapatkan di website Sahabat Pegadaian, salah satunya adalah ebook berjudul Entrepreneur Inspiratif. Segera download secara gratis untuk menambah wawasan Anda tentang bisnis dan entrepreneurship.

2. Banyak Bertukar Pikiran dengan Para Entrepreneur Lain

Selain membaca buku, cara lain untuk menimba ilmu pengetahuan bisnis adalah dengan rajin berdiskusi atau bertukar pikiran dengan para entrepreneur lainnya. Tentu saja, pengalaman orang lain sama berharganya dengan teori-teori yang tercantum di buku-buku bisnis. Bahkan, bisa jadi pengalaman tersebut lebih praktis untuk diaplikasikan dalam berbisnis. Supaya metode ini berhasil dengan maksimal, jauhkan sikap merasa sudah atau lebih tahu dari orang lain. Bagaimanapun, setiap orang atau entrepreneur memiliki pengalaman berharga yang bisa digali dan dijadikan pelajaran selama menjalankan bisnis. Selain itu, diskusi juga bermanfaat untuk merangsang munculnya ide-ide baru yang kreatif dan menarik.

Baca juga  Sebuah Tulisan Tentang Ibu dari Sudirman Said

3. Berani Memulai Bisnis yang Sederhana

Menurut Kiyosaki, salah satu langkah penting untuk memulai bisnis adalah menghidupkan jiwa kewirausahaan dalam diri. Caranya bisa dimulai dengan mengenali potensi yang dimiliki. Meskipun ada banyak usaha yang sama, Anda harus meyakinkan diri bahwa peluang masih ada. Untuk itu, Kiyosaki mengatakan bahwa ada beberapa ciri atau karakter yang perlu dimiliki seseorang yang ingin mencoba menjadi entrepreneur, yaitu mampu melihat peluang, menyukai tantangan, berani mengambil risiko, punya daya tahan tinggi, punya visi yang jauh ke depan, dan selalu berusaha memberikan yang terbaik.

Anda bisa memulai dengan bisnis yang paling sederhana dan dekat dengan lingkungan sekitar. Bisa dipastikan jika bisnis yang sederhana tidak memerlukan modal yang banyak. Jika dirasa bisnis tersebut sudah menemukan titik sukses, inilah saat yang tepat bagi Anda untuk mengembangkannya dengan modal yang lebih besar. Salah satunya dengan memanfaatkan pembiayaan Kreasi dari Pegadaian yang dikhususkan bagi pegiat UMKM. Lewat produk ini, Anda bisa mendapatkan kredit angsuran bulanan dengan jaminan BPKB kendaraan bermotor.

4. Belajar dari Kegagalan, Bukan Mengutuknya

Belajar bisnis tidak harus melalui bangku pendidikan formal. Dari sebuah kegagalan pun seseorang bisa menggali pelajaran berharga. Pada awalnya, bisnis biasanya akan mengalami banyak tantangan dan masalah. Pelajarilah cara menghadapinya dan carilah solusi yang paling efektif supaya masalah itu tidak terulang kembali. Sebagian orang melihat masalah dalam bisnis sebagai hal yang menakutkan dan kerap dihindari. Namun, jika Anda mencoba untuk mengamatinya dari sudut pandang yang berbeda, sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa diperoleh. Setidaknya, dengan berani menghadapi masalah, Anda akan lebih tahan banting dan berpengalaman.

Baca juga  Makna Hari Pahlawan bagi Generasi Muda

5. Manfaatkan Internet

Saat ini, masyarakat tengah berada pada era digital Internet dan segala kecanggihan teknologi bisa dimanfaatkan untuk membangun kehidupan yang lebih baik, termasuk untuk mengembangkan bisnis. Nah, Anda kini memiliki kesempatan yang lebih luas untuk belajar bisnis melalui internet, baik dari orang-orang yang menceritakan pengalamannya, maupun dari para pengamat tren bisnis. Anda juga dapat menganalisis situasi pasar melalui fenomena yang terjadi di dunia maya. Salah satu contohnya mengetahui kecenderungan masyarakat dalam memilih model pakaian atau tren yang sedang terjadi di antara anak-anak muda. Dengan mengetahui hal-hal ini, Anda dapat menjadi lebih ahli dalam memutuskan kebijakan terkait bisnis sehingga hasilnya optimal.

Semua orang yang memulai bisnis tentu sangat ingin sukses dan berhasil. Namun, tanpa niat untuk belajar, kesuksesan bisa jadi akan tertunda. Karena itu, bagi yang ingin sukses dalam berbisnis, pahamilah langkah-langkah mudah untuk belajar tentang bisnis. Dengan demikian, Anda pun semakin lama akan semakin ahli dan sempurna dalam menjalankan bisnis tersebut.