Bagikan:

Setiap kali melihat bisnis sukses dengan keuntungan miliaran rupiah, Anda mungkin mengira para pemilik bisnis tersebut berhasil menciptakan ide-ide spektakuler. Padahal, sebagian besar pebisnis ini sebenarnya hanya tahu cara melihat peluang usaha dari hal-hal kecil.

Walt Disney, misalnya, mendapat inspirasi untuk membuat Disneyland setelah berlibur ke Tivoli Gardens. Setelah mengagumi taman bermain kuno Eropa tersebut, Disney terdorong untuk membuat taman yang sama di Amerika, bahkan lebih hebat. Motonya? “Jika kau bisa memimpikannya, maka kau bisa membuatnya”.

Jangan sampai Anda melewatkan ide-ide bisnis menarik di sekitar! Berikut beberapa cara menemukan peluang bisnis dari kehidupan sehari-hari.

Cara Melihat Peluang Usaha dari Kehidupan Sendiri

Kehidupan pribadi Anda bisa jadi merupakan sumber inspirasi terbaik, asalkan tahu bagaimana menemukan potensi tersebut. Contohnya:

  • Ide dari Masalah yang Sering Dialami

Sering mengalami masalah dalam melakukan sesuatu? Saat Anda mencari solusinya, Anda mungkin juga sedang mencari ide bisnis. Misalnya, kesulitan dalam mengatur pengeluaran mungkin bisa menjadi inspirasi untuk membuat aplikasi pengatur uang harian khusus mahasiswa.

  • Ide dari Keahlian

Banyak orang mengubah keahlian khusus mereka menjadi peluang bisnis. Misalnya, jika Anda pandai mendesain dengan Photoshop dan perangkat lunak lain, gunakan keahlian tersebut untuk menciptakan desain kaus orisinal. Jika Anda pandai memasak dan paham tentang nutrisi, bukalah bisnis katering sehat.

  • Ide dari Hobi

Hobi adalah inspirasi bagus untuk memulai bisnis, dan sangat potensial untuk pengembangan bisnis. Penyuka cokelat, misalnya, bisa mencari ide untuk membuat makanan ringan cokelat unik. Anda suka kucing atau anjing, dan tinggal di perkotaan? Pertimbangkan membuka layanan mobile untuk memandikan serta merapikan bulu hewan (grooming).

Baca juga  5 Bisnis Online Terbaru yang Dapat Anda Coba

Pengalaman pribadi juga bisa mendatangkan inspirasi bisnis, sama seperti yang terjadi pada Walt Disney saat berlibur ke taman bermain di Eropa. Anda hanya harus lebih peka terhadap inspirasi yang mendadak muncul, dan tidak menganggap remeh ide terkecil sekalipun.

Cara Melihat Peluang Usaha dari Lingkungan Sekitar

Merasa tidak punya ide menarik dari pengalaman sendiri? Pasang “radar” Anda, dan lihatlah ke sekeliling. Lingkungan serta orang-orang di sekitar bisa menjadi inspirasi yang bagus untuk mencari ide usaha. Anda bahkan bisa mendapat keuntungan ekstra, yaitu melihat sendiri apa yang dibutuhkan orang lain, sehingga bisa mendapat basis pelanggan pertama secara langsung.

Beberapa cara menemukan ide dari lingkungan sekitar antara lain:

  • Bertemu dengan Banyak Orang

Hal ini terdengar sederhana, tetapi bertemu dengan orang dari berbagai komunitas dan latar belakang bisa mendatangkan inspirasi unik. Misalnya, jajan di pasar tradisional secara rutin mungkin bisa mendatangkan ide untuk membuka kedai jajanan tradisional dengan konsep modern, terutama jika ada makanan lokal yang belum banyak dikenal.

  • Lihat Bagaimana Pebisnis Lain Menemukan Ide

Mengolah ulang ide-ide bisnis bukan hal yang aneh. Jika Anda tidak yakin dengan ide milik sendiri, coba lihat kisah-kisah pengusaha atau wirausahawan yang berhasil mewujudkan impian dengan strategi serta produk khusus. Anda bisa mencari informasi tentang wirausahawan lokal yang memiliki ide mirip dengan minat Anda, agar lebih mudah mendapat gambaran.

  • Mengamati Problem Lingkungan

Problem lingkungan atau komunitas di sekitar Anda bisa menjadi inspirasi bisnis. Misalnya, jika warga di lingkungan Anda kesulitan menemukan toko yang lengkap tetapi jaraknya dekat, hal itu bisa menjad inspirasi untuk membuka toko kelontong. Kehadiran deretan rumah kos dan kontrakan karyawan juga bisa menjadi inspirasi untuk bisnis warung atau penatu.

Baca juga  5 Pengusaha Wanita Sukses dan Inspiratif

Ide bisnis mungkin bisa datang dari berbagai sumber, tetapi inspirasi terkadang hadir dalam bentuk ide-ide kecil. Jika tidak segera dicatat, ide yang bagus bisa hilang. Anda sebaiknya menyiapkan buku catatan khusus untuk mencatat ide-ide yang kebetulan lewat. Gunakan waktu luang untuk mengolah ide-ide tersebut menjadi inspirasi.

Melihat peluang bisnis sama halnya dengan kesempatan yang datang tidak dua kali. Maka dari itu, perlu jadikan situasi yang bisa segera dimanfaatkan untuk mendatangkan keuntungan bagi Anda. Segala ide yang terlintas pada pikiran Anda harus segera Anda catat agar diingat sekaligus bisa direalisasikan.

Untuk merealisasikan hal tersebut, spontanitas ide yang ada rasanya tidak terlepas dari permasalahan modal awal untuk mengembangkan peluang bisnis yang ingin Anda buat. Melalui Pegadaian dengan produk Gadai Bisnis, Anda bisa mendapatkan pinjaman modal usaha mulai dari 100 juta rupiah sampai lebih dari 1 miliar rupiah dengan proses yang mudah, cepat, dan aman. Sewa modal Gadai Bisnis hanya dikenakan mulai dari 0,65% per 15 hari. Untuk persyaratannya, Anda hanya perlu membayar biaya administrasi sebesar 100 ribu rupiah dan menyerahkan jaminan berupa emas perhiasan atau emas batangan.

Berbagai bisnis besar dimulai dari inspirasi kecil, seperti Walt Disney dengan Disneyland, atau Colonel Sanders dengan waralaba KFC-nya. Anda bisa mendapat ide dari pengalaman sendiri maupun orang lain, dan bahkan lingkungan. Dengan kreativitas, pengamatan yang baik, serta kemauan untuk maju, cara melihat peluang usaha sederhana bisa berkembang menjadi bisnis sukses yang bermanfaat.