Bagikan:

Thomas C. Corley, penulis buku Rich Habits: The Daily Success Habits of Wealthy Individuals, mengatakan,

Unsuccessful people have bad habits.”

Artinya, orang-orang yang tidak sukses memiliki kebiasaan-kebiasaan buruk. Salah satu contohnya, mereka tidak mahir menabung dan memiliki pengeluaran yang sangat banyak.

Sebaliknya, orang-orang sukses memiliki dan membangun kebiasaan-kebiasaan baik selama mereka hidup. Menurut pengamatan Corley, ada beberapa gaya hidup orang sukses yang mengantarkan mereka menuju keberhasilan. Berikut 6 di antaranya:

1. Produktif

Salah satu gaya hidup orang sukses adalah produktif. Mereka menggunakan setiap detik yang dimiliki dengan sangat baik dan hati-hati dengan kegiatan yang bermanfaat. Corley mengatakan, “Orang-orang sukses terlalu sibuk untuk membiarkan diri mereka dimanjakan oleh rasa sedih atau depresi. Mereka justru melakukan aktivitas produktif, yang membuat pikiran mereka teralihkan dari kesedihan dan rasa depresi.”

Kesibukan menciptakan atau membangun sesuatu tersebut membuat mereka mampu mengatasi perasaan-perasaan negatif yang kadang kala mengganggu. Hasilnya, selain tidak mudah baper (bawa perasaan), mereka juga akhirnya mampu mencapai target-target maupun mimpi mereka.

2. Bisa Menabung

Ada orang yang pendapatannya sangat besar, tetapi selalu merasa kekurangan. Ada pula yang pendapatannya kecil, tetapi mampu mengelola dan mengatur jumlah tersebut sehingga mencukupi kebutuhannya. Bahkan, dari pendapatan tersebut, ia masih mampu menabung.

“Orang-orang yang tidak sukses tidak pandai berhemat dan mereka menanggung utang yang sangat besar,” kata Corley. Sebaliknya, orang-orang sukses adalah mereka yang mau menabung, meskipun jumlah pendapatannya tidak terlalu besar. Mereka tidak begitu saja menghambur-hamburkan uang untuk hal-hal yang tidak penting.

Tidak hanya menabung uang, menabung juga bisa dalam bentuk emas. Pegadaian menawarkan Tabungan Emas bagi Anda ingin punya emas dengan cara yang mudah. Mengapa demikian? Karena mulai dari Rp 5.000-an, Anda sudah bisa memiliki emas sebesar 0,01 gram. Syarat untuk bergabung dalam Tabungan Emas ini pun cukup mudah, Anda hanya perlu membawa identitas diri berupa KTP, SIM, atau paspor, serta membayar biaya administrasi dan biaya fasilitas titipan. Dimulai dari situ, Anda sudah bisa menabung emas!

Baca juga  5 Anak Indonesia Berprestasi di Tingkat Dunia

3. Positif, Antusias, dan Penuh Semangat

Gaya hidup orang sukses lainnya adalah positif, antusias, dan penuh semangat. Seperti ungkapan Corley, Orang-orang sukses itu positif, antusias, energik, bahagia, dan tenang.” Jadi, mereka tidak mudah menyerah dan selalu mengharapkan yang terbaik. Ketika dihadapkan pada tantangan, orang-orang ini akan mengatakan, “Saya pasti bisa!” Bukan justru mundur dan tidak berani mencoba.

Semangat dan antusiasme tersebut membuat mereka tidak mudah ragu. Ketika dilanda masalah apa pun, mereka selalu berusaha mencari sisi baiknya dan memanfaatkannya untuk membuat bisnis kembali bangkit.

4. Tak Berhenti Belajar

 “Orang-orang sukses mencurahkan waktu dan hari-hari mereka untuk mengembangkan diri.” Orang-orang sukses selalu mau belajar tentang apa pun, kepada siapa pun, dan kapan pun. Mereka tidak pernah merasa cukup tahu dan sudah pandai di segala hal. Faktanya, di dunia ini ada banyak sekali pengetahuan yang sangat menarik untuk ditelusuri.

Salah satu cara belajar adalah dengan membaca buku. Jadi, jangan heran jika mendapati rumah mereka penuh dengan buku. Mereka selalu memiliki waktu untuk membaca dan menggali informasi dari berbagai bahan yang tersedia. Cara lainnya adalah dengan berdiskusi dengan orang lain, khususnya kepada orang-orang sukses lainnya.

5. Memiliki Hubungan yang Baik dengan Orang Lain

Orang-orang sukses tidak mengabaikan hubungan yang baik dengan orang lain. Corley mengatakan, “Orang-orang sukses adalah murid dalam hal membangun hubungan. Mereka terus-menerus mencari cara untuk memperbaiki hubungan dengan orang lain.” Meskipun saat ini media sosial bisa mendekatkan jarak, mereka tetap mempertahankan kebiasaan untuk bertemu muka langsung dengan seseorang.

Hubungan yang baik bisa dibangun dengan bermacam-macam cara. Mulai dari mengadakan pertemuan rutin hingga selalu bersedia memberikan pertolongan ketika dibutuhkan. Pada saat-saat tertentu, hubungan baik ini bisa menyelamatkan bisnis mereka.

Baca juga  Tips Mengatasi Bisnis yang Stagnan

7. Menjaga Kesehatan

Ternyata, orang-orang sukses pun memiliki kebiasaan yang baik dalam hal menjaga kesehatan. Mereka tidak makan sembarangan atau melakukan kebiasaan-kebiasaan yang berdampak buruk pada kesehatan. Menurut penelitian Corley, 57% orang sukses setuju dengan kalimat, “Saya menghitung kalori setiap hari”.

Tubuh yang sehat akan mendukung setiap aktivitas yang dilakukan. Dalam kondisi yang sehat, mereka akan memiliki daya analisis yang lebih tajam dan akurat sehingga mampu mengambil keputusan terbaik.

Setiap orang pasti ingin menjadi sukses. Namun, tidak semua orang mau melakukan kebiasaan-kebiasaan baik untuk mendukung niat tersebut. Corley menambahkan, “Orang-orang sukses adalah mereka yang menjadi ‘budak’ dari gaya hidup yang baik setiap hari.” Artinya, mereka benar-benar patuh menjalankannya sehingga mendapatkan manfaat yang maksimal.

Nah, apakah Anda juga siap melakukannya untuk mencapai kesuksesan?