Bagikan:

Setiap orang memiliki waktu luang yang berbeda-beda. Ada yang luang setiap akhir pekan saja. Namun, ada juga yang luang sejak sore hingga malam. Waktu luang biasanya dimanfaatkan seseorang untuk bersantai atau beristirahat. Beberapa bahkan memilih untuk makan di luar atau sekadar main game untuk melepas kepenatan.

Sebenarnya waktu luang tidak melulu harus dihabiskan dengan sesuatu yang standar. Kalau kita jeli dan mau usaha, bisa kok waktu luang yang hanya beberapa jam saja itu bisa menghasilkan uang. Tidak percaya? Coba deh simak cara mengisi waktu luang yang menghasilkan di bawah ini.

  1. Mengelola Toko Online

Zaman sekarang sudah banyak platform untuk berjualan aneka barang yang menarik. Kalau Anda memiliki cukup banyak waktu luang, kenapa tidak digunakan untuk mengelola toko online saja. Yang perlu dilakukan hanyalah online dan menunggu pesanan masuk. Sesekali, Anda juga bisa melakukan promosi melalui media sosial atau chat.

Waktu luang yang ada bisa Anda gunakan untuk membalas pertanyaan dari calon pembeli atau mengurus pesanan. Kalau Anda mengelola toko online dengan sistem dropship malah lebih mudah lagi. Cukup beri tahu gudang kalau ada pesanan, Anda tidak perlu membungkus barang dan ribet melakukan apa pun. Cukup promosi dengan gencar.

  1. Desainer Lepas

Kalau kata Chris Grosser, “Opportunities don’t happen. You create them.” Kesempatan untuk menjadi desainer lepas tidak akan ada kalau Anda tidak membuatnya sendiri. Coba cari pekerjaan freelance di beberapa platform. Coba kerjakan beberapa proyek dari klien dengan baik dan benar. Kalau Anda bisa memberikan hasil terbaik, lambat laun rating yang dimiliki juga akan naik.

Kalau Anda sudah memiliki rating yang baik dalam hal desain, klien akan mencari sendiri. Anda bisa mengisi waktu luang dengan lebih bermanfaat. Bahkan, uang yang didapatkan dari pekerjaan desainer lepas ini justru lebih banyak dari pekerjaan utama. Jadi, jangan menyerah untuk mencoba. Kalau sudah ada bakat, jangan pernah sia-siakan.

  1. Mengisi Waktu Luang dengan Menjadi Penerjemah
Baca juga  Pentingnya Edukasi Bisnis untuk Anak Muda di Hari Pendidikan Nasional

Kalau Anda memiliki kemampuan menulis yang unggul, cobalah untuk mencari pekerjaan sampingan seperti penulis konten. Zaman sekarang ada banyak orang membutuhkan jasa penulis konten untuk mengisi blog atau untuk keperluan SEO yang mereka kejar.

Kalau kemampuan menulis Anda sudah dibekali dengan kemampuan menerjemahkan yang unggul, cobalah untuk menjadi penerjemah saja. Anda banyak pekerjaan untuk penerjemah lepas. Anda bisa menerjemahkan dokumen dari perusahaan, menerjemahkan tesis, hingga menerjemahkan buku yang nantinya akan dicetak.

Carilah platform yang mempertemukan antara penulis dan klien. Dari sana cari klien terbaik dan kerjakan dengan maksimal. Kalau Anda sudah punya nama, klien akan datang dengan sendirinya.

  1. Membuka Kursus

Daripada waktu luang yang Anda miliki terbuang dengan percuma, kenapa tidak digunakan untuk membuka kursus saja. Kalau Anda memiliki kemampuan di bidang tertentu, ajari orang lain untuk melakukannya. Misal Anda hobi dan lihai dalam memotret, bukalah kursus memotret singkat dengan durasi 1-2 jam saja satu pertemuannya.

Selain memotret, kalau Anda ahli dalam mata pelajaran tertentu bisa membuka les Matematika atau Bahasa Inggris. Terakhir, kalau Anda mahir bermain alat musik, kenapa tidak membuat les gitar, piano, atau alat musik lainnya. Manfaatkan setiap bakat untuk mendapatkan penghasilan lebih.

  1. Membuka Kedai Makanan

Katakanlah Anda mulai lowong dan tidak ada pekerjaan sejak sore hari. Mulai pukul 18.00-23.00 atau selama 5 jam saja, Anda bisa membuka kedai makanan atau kopi yang memiliki konsep unik. Dengan waktu buka yang hanya sebentar ini Anda tidak perlu ngoyo untuk melakukan promosi ke sana dan kemari, cukup lakukan dengan santai saja.

Selama konsep kafe yang Anda miliki disukai oleh orang lain atau tamu, mereka akan datang lagi. Yang paling penting adalah bagaimana membuat tamu jadi kerasan dan akhirnya jadi pengunjung loyal. Kalau mereka mengajak teman atau orang lain berkunjung lagi, Anda sedang mendapatkan jackpot.

Selain keahlian, beberapa ide bisnis untuk mengisi waktu luang tersebut juga membutuhkan modal. Sebut saja jika Anda ingin membuka kedai makanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman secara mudah, cepat, dan aman, tidak ada salahnya untuk menggadaikan barang-barang berharga seperti emas perhiasan, emas batangan, kendaraan bermotor, barang elektronik, dan lain sebagainya melalui Kredit Cepat dan Aman (KCA) dari Pegadaian. Jangan langsung gegabah untuk mengeluarkan modal yang banyak, mulai dari yang kecil dahulu. Apalagi KCA memberikan pinjaman mulai dari 50 ribu rupiah dengan jangka waktu pinjaman 4 bulan dan dapat diperpanjang berkali-kali.

Baca juga  3 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan Saat Butuh Uang dengan Cepat

Nah, itulah lima cara mengisi waktu luang yang menghasilkan uang dan bagaimana mendapatkan modal yang mudah, cepat, dan aman. Daripada waktu habis buat sesuatu yang tidak ada hasilnya, lebih baik mencari tambahan, benar kan?