Bagikan:

Setiap orang pasti tak lepas dari kegagalan. Layaknya roda yang berputar, ada kalanya Anda berada di puncak, tetapi bukan tidak mungkin Anda akan jatuh tersungkur hingga ke dasar. Memang, Anda perlu selalu mengingatkan diri bahwa tak semua yang diinginkan atau pun diimpikan akan tercapai dengan mudah dan cepat. Terkadang, perlu juga memikirkan bahwa kegagalan selalu berjalan bersisian dengan kesuksesan. Beberapa orang menganggap bahwa kegagalan adalah pertanda untuk berhenti. Salah. Justru, saat gagal, Anda hanya perlu tetap semangat untuk mencoba lagi. Motivasi diri itu penting sekali, agar Anda tak berputus asa saat kegagalan menerpa. Tidak sulit, cukup lakukan lima hal ini:

Terus Mencoba Lagi adalah Motivasi Diri Terbaik

Saat Anda menemui kegagalan, berhenti bukan menjadi sebuah kesalahan. Namun, yang harus Anda ingat, berhenti bukan untuk selamanya, tetapi hanya sejenak. Anda memiliki banyak saingan, tak mengapa jika kadang menjumpai kegagalan. Yakinlah bahwa ini hanyalah sebuah hambatan sementara yang seharusnya bisa menjadi motivasi diri terbaik untuk Anda mencoba lagi.

Dapatkan Motivasi Diri dengan Bercerita pada Orangtua atau Teman Dekat

Saat kegagalan menghampiri, jangan menutup diri dan menyimpan semua masalah rapat-rapat sendiri. Mengapa, karena Anda bisa didera stres yang berujung pada depresi. Tidak ada salahnya Anda menemui orangtua atau teman dekat untuk sekadar berbagi. Siapa tahu, Anda bisa mendapatkan motivasi diri dari saran yang mereka berikan. Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan untuk menghindari gejala depresi dini adalah dengan bercerita.

Bukan tidak mungkin Anda akan menerima kalimat hiburan seperti “Waktu akan mengobati semua kesedihan dan membuat kita lupa akan kegagalan.” Tidak salah, tetapi apakah Anda ingin terus menunggu hingga kesedihan dan keterpurukan Anda sembuh oleh waktu? Lalu, bagaimana jika ternyata Anda membutuhkan waktu yang lebih lama? Carilah semangat baru, dan bangkitlah kembali untuk memulai lagi.

Baca juga  5 Ciri-Ciri Wanita Sukses ala Kartini

Luangkan Waktu Sejenak untuk Koreksi dan Introspeksi untuk Mendapatkan Motivasi Diri

Anda tak harus segera menyerah saat tak berhasil menggapai apa yang dicita-citakan. Diamlah sejenak, luangkan waktu untuk mengoreksi dan introspeksi. Cari di mana letak kesalahannya yang menjadikan Anda menjumpai kegagalan. Anda boleh bersedih, tetapi kesedihan itu tak seharusnya menjadi hambatan untuk Anda mencoba kembali.

Koreksi ini tak melulu mencari kesalahan. Anda juga akan mengetahui mengapa kesalahan tersebut terjadi, dan solusi apa yang Anda miliki untuk mengatasinya. Dengan demikian, Anda tak akan mengulanginya lagi pada perjalanan akan datang.

Cobalah Motivasi Diri dengan Melakukan Hobi

Mencari pelarian agar tidak terlalu larut dalam kesedihan? Boleh saja, asalkan bukan ke arah yang negatif. Seringnya, kegagalan datang bersama rasa frustasi, terlebih jika Anda tak punya teman untuk berbagi. Tak jarang jika orang-orang ini akan memilih cara yang instan.

Setiap dari Anda pasti memiliki hobi, hal-hal yang Anda sukai. Ternyata, melakukan hobi tak hanya berguna untuk membunuh waktu dan mengusir bosan, hobi juga bisa menjadi salah satu motivasi diri yang paling baik. Mengapa, karena Anda bisa mendapatkan ide-ide baru dari melakukan hobi. Misalnya, Anda sedang kesulitan mendapatkan pekerjaan. Hobi Anda bisa menjadi alternatif lain untuk mendapatkan penghasilan. Jadi, tak hanya memiliki kesibukan, Anda pun bisa memperoleh uang.

Selalu Mengingat Tujuan dan Cita-Cita Awal Bisa Menjadi Motivasi Diri Terbaik

Memang benar adanya ungkapan “kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda”. Namun, ini tak seharusnya membuat Anda berhenti. Motivasi diri Anda dengan mengingat kembali apa yang menjadi tujuan dan cita-cita awal. Jika perlu, goreskan dalam sebuah kertas dengan ukuran besar. Tempelkan di tempat-tempat yang biasa Anda lalui dan terlihat, sehingga Anda bisa menoleh dan membacanya.

Baca juga  6 Gaya Hidup Orang Sukses yang Bisa Ditiru

Cara ini sederhana, tetapi terbukti efektif bagi Anda yang sedang ingin menyerah karena lelah. Anda akan selalu diingatkan bahwa ada cita-cita dan mimpi besar yang setia menunggu untuk digapai. Anda pun akan kembali bersemangat untuk memulai.

Jangan takut gagal, karena memang itu adalah satu hal yang tak bisa Anda prediksi kapan akan datang. Anda hanya perlu mempersiapkan diri dalam menghadapinya. Penuhi pikiran Anda dengan hal-hal positif, karena semua yang positif bisa membantu meningkatkan motivasi diri untuk membuat diri lebih bersemangat.