Bagikan:

Ke belahan dunia mana pun kita pergi, lidah kita tetap tidak bisa dibohongi. Lidah Indonesia memang sudah terbiasa dengan makanan yang memiliki cita rasa tinggi dan kaya akan rempah. Tidak heran jika turis asing yang datang ke Indonesia langsung jatuh hati terhadap makanan lokal. Peluang usaha kuliner pun dapat Anda manfaatkan, mengingat 5 makanan Indonesia berikut ini selalu jadi favorit turis asing:

  1. Nasi Goreng, Makanan Indonesia dengan Bahan Sederhana

Kesedapan bumbu dan kesederhanaan bahan utamanya, membuat nasi goreng mudah disukai para turis asing. Sebenarnya nasi bukan merupakan makanan asing buat para turis. Namun, dengan diracik menggunakan bumbu dan rempah tradisional, cita rasa baru yang dimunculkan mampu menggugah rasa dan menggoda lidah para penikmatnya.

Dari Lee Min Ho hingga Obama telah menjadikan nasi goreng sebagai hidangan favorit mereka selama di Indonesia. Ditambah dengan telur ceplok dan kerupuk akan semakin menambah nafsu makan turis mana pun.

Kini, banyak usaha kuliner yang berinovasi dengan nasi goreng. Apalagi jika Anda tinggal di daerah wisata tempat para turis asing berdatangan. Mencoba usaha kuliner nasi goreng dengan resep keluarga pun dapat berpotensi mendatangkan keuntungan berlipat.

  1. Sate, Makanan Indonesia dengan Bumbu Istimewa

Potongan daging yang dibakar lalu dilumuri saus kacang, siapa yang tidak tergoda? Sate yang dijajakan di mana-mana membuat para bule mudah menemukan hidangan ini. Rasanya pun khas, aroma daging bakar dan saus kacang yang gurih manis. Semakin pas jika disajikan dengan nasi hangat.

Siapa sangka jika sate yang biasa kita temukan sehari-hari ini sudah tersebar ke berbagai negara. Dari benua Amerika, Eropa, hingga Afrika. Ya, di Afrika selatan juga ditemukan sate khas Indonesia, tapi dikenal dengan sebutan sasotai.

Baca juga  Tips Mengatasi Bisnis yang Stagnan

Bagi yang masih bingung memilih menu untuk usaha kulinernya, sate bisa jadi pertimbangan. Para turis pun yang sudah pernah ke Indonesia pasti ketagihan makanan yang satu ini.

  1. Soto, Makanan Indonesia Ikon Kuliner Nusantara

Soto menjadi pilihan makanan berkuah yang paling disukai. Berisi daging atau ayam dilengkapi sayuran seperti tomat dan kol. Kuahnya yang gurih bersantan, taburan bawang goreng, serta perasan jeruk nipis semakin menambah cita rasa soto.

Pada Oktober 2017 lalu, soto telah didaulat sebagai ikon kuliner Indonesia oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Diputuskan setelah melalui riset yang telah dilakukan, bahwa dalam semangkuk soto dengan keragaman bumbu dan isinya terdapat hasil akulturasi budaya Tiongkok, India, dan Nusantara.

Anda pun bisa memanfaatkan ikon kuliner Indonesia ini sebagai sarana promosi usaha soto yang akan dijalankan. Dengan kepopuleran soto di mata turis asing, bisa menjadi modal utama untuk menggaet pelanggan.

  1. Rendang, Makanan Indonesia Terlezat yang Diakui Dunia

Di Indonesia sendiri rendang selalu jadi primadona. Tak hanya di restoran Padang, rumah makan lain juga banyak menyajikan rendang sebagai menu utamanya. Kelezatan rendang yang tiada banding ini sudah disahkan di urutan pertama World’s 50 Delicious Food versi CNN International pada tahun 2011.

Turis asing pun menyukai rendang karena kekayaan rasa yang dihasilkan oleh rempah-rempah negeri sendiri. Wajar bila restoran Padang sering kita temukan di luar negeri. Saking enaknya, rendang sampai dinobatkan sebagai The Most Balanced Food yaitu makanan yang mempunyai komposisi rasa yang lengkap dalam sebuah acara Amerika berjudul LA Travel Show tahun 2012 lalu.

Tidak perlu jauh hingga ke luar negeri untuk menjual rendang. Tempat makan Anda sendirilah yang akan didatangi turis asing jika lokasinya memang dekat dengan daerah buruan para turis berwisata.

  1. Gado-Gado, Makanan Indonesia Pilihan Terbaik Vegetarian
Baca juga  5 Film tentang Bisnis yang Memotivasi

Makanan satu ini mengingatkan para turis asing dengan salad, karena bahan utama yang digunakan terdiri dari sayur-sayuran yang dicampur saus. Nah, sausnya spesial ini bukanlah mayones atau saus salad yang biasa digunakan, melainkan saus kacang hasil ulekan tangan.

Bagi turis vegetarian, gado-gado menjadi pilihan terbaik. Selain rasa saus kacangnya yang gurih, sayuran pun terasa lebih nikmat dan sehat karena dimasak dengan cara direbus atau dikukus—tanpa mengurangi kandungan gizi di dalamnya.

Membuka usaha kuliner dengan menu utama gado-gado pun dapat menjadi peluang bisnis Anda. Apalagi gado-gado termasuk makanan yang bisa dibuat dengan modal kecil.

Kreasikan pengetahuan Anda tentang kuliner Indonesia dan gapai peluang bisnis yang ada. Sama seperti bisnis yang lain, untuk memulai bisnis kuliner juga dibutuhkan modal. Jika kebetulan Anda memiliki kendaraan bermotor, tidak ada salahnya untuk menjadikan barang tersebut sebagai jaminan karena Pegadaian menawarkan kredit angsuran bulanan Kreasi. Di sini Anda bisa mendapatkan kredit mulai dari 1 juta sampai dengan 400 juta dengan jaminan BPKB kendaraan bermotor, dan fleksibel jangka waktu cicilannya sampai dengan 48 bulan.

Dari mana pun asal kita, makanan adalah salah satu cara untuk menyatukan perbedaan. Seperti sebuah ungkapan dari James Beard “Food is our common ground, a universal experience” yang berarti makanan adalah kesamaan kita, sebuah pengalaman universal. Berdasarkan kesamaan itulah, membuka usaha kuliner tidak akan pernah salah jika kita pandai dan jeli memanfaatkan peluang di sekeliling kita. Selamat mencoba!