Bagikan:

Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang. – R.A. Kartini.

Sukses adalah milik semua orang, tak terkecuali wanita. Zaman emansipasi kini membuat wanita lebih mudah untuk unjuk kebolehan, potensi, dan keahlian yang dimiliki. Terima kasih kepada Ibu Raden Ajeng Kartini, yang membuat Tanah Air tidak memandang wanita hanya dengan sebelah mata melalui peringatan Hari Kartini pada tanggal 21 April setiap tahunnya.

Bagi pria, mungkin sukses dicirikan dengan memiliki pekerjaan yang mapan dengan posisi yang menguntungkan. Adanya rumah dan kendaraan pribadi akan menjadi nilai tambah tersendiri. Lalu, bagaimana bisa wanita dikatakan sukses laiknya Ibu Kartini? Berikut ciri-cirinya:

Hari Kartini Mengajarkan Wanita untuk Lebih Berani

Faktanya, wanita memiliki hati yang lebih kuat dan pribadi yang lebih berani dibandingkan dengan pria saat menghadapi masalah dan tantangan hidup. Wanita mungkin terlihat lemah dan penakut, tetapi jika tekadnya amat kuat, mereka akan menjadi tak terkalahkan. Melarikan diri bukanlah suatu pilihan.

Berani di sini tak hanya sekadar menghadapi pelik dan kerasnya hidup, tetapi juga berani dalam melindungi orang-orang yang dikasihi. Inilah mengapa saat telah menjadi ibu, wanita akan sepenuh hati menjaga sang buah hati dari ancaman apa pun. Bahkan, mereka rela mengorbankan semua yang dimiliki untuk kebaikan anak-anak.

Menjadi Pribadi yang Mandiri

Selalu berjiwa besar dan tidak bergantung pada orang lain. Inilah pesan lain yang disampaikan oleh Ibu Kartini. Tidak percaya pada kemampuan sendiri hanya membuat wanita tampak lemah. Masalah akan selalu ada, tapi tidak untuk membuat wanita mudah menyerah.

Tak hanya dari sisi finansial, mandiri yang harus dimiliki oleh wanita Indonesia juga termasuk mental dan emosional. Jangan mudah terpuruk hanya karena hinaan orang lain. Justru, jadikan hal tersebut motivasi untuk membuktikan bahwa sebagai wanita, Anda bisa menjadi lebih kuat dan hebat. Inilah makna lainnya dari peringatan Hari Kartini.

Baca juga  5 Pekerjaan Santai Tapi Menghasilkan Banyak Uang

Menjadi Pribadi yang Pantang Menyerah dan Putus Asa

Dibalik fisiknya yang terlihat rapuh, ternyata wanita memiliki karakter yang kuat, pantang menyerah dan tidak pernah berputus asa saat kegagalan datang menyapa. Segala permasalahan yang ada akan dihadapi dengan hati yang tegar dan penuh kesabaran. Kelemahan sekali pun tak pernah ditunjukkan. Wanita yang kuat tidak ingin orang lain melihatnya sebagai sosok yang pantas dikasihani.

Inilah yang membawa wanita lebih mudah untuk meraih apa yang diimpikan dan menuju kesuksesan. Kepiawaiannya dalam menyesuaikan diri di segala kondisi dan lingkungan membuat wanita lebih mudah menjalin persahabatan dan hubungan baik dengan orang lain. Tak heran jika kini banyak wanita yang menjadi pemimpin.

Memiliki Sikap Tanggung Jawab dan Bijaksana

Sebagai wanita, Anda pasti memiliki tanggung jawab yang jauh lebih besar dibandingkan dengan pria, terlebih jika Anda adalah seorang wanita karir yang telah membina rumah tangga dan memiliki anak. Anda harus mampu membagi waktu antara keluarga dan pekerjaan. Sikap bijaksana pun mutlak dimiliki agar tidak bertindak gegabah ketika menghadapi suatu permasalahan.

Tak hanya itu, kewajiban yang harus Anda penuhi pun jauh lebih banyak. Di kantor, Anda akan dihadapkan pada pekerjaan yang menggunung dan segudang rapat. Sesampainya di rumah, Anda masih harus mengurus segala kebutuhan suami dan anak serta membereskan berbagai pekerjaan sebagai ibu rumah tangga. Lelah itu pasti, inilah mengapa bijaksana itu penting dalam menuntaskan semua pekerjaan.

Selalu Bersikap Ramah dan Sopan

Pesan lain yang ingin disampaikan Ibu Kartini melalui peringatan Hari Kartini adalah bahwa wanita harus selalu bersikap ramah dan sopan kepada siapa saja. Karakter pribadi yang kuat dan tegas bukan berarti Anda harus berlaku kasar atau kaku, terlebih saat berada dan membaur di lingkungan sosial.

Baca juga  5 Motivasi Diri untuk Anda yang Sedang Mengalami Kegagalan

Bagaimana pun juga, Anda dikaruniai kelembutan hati yang luar biasa oleh Tuhan, dan hal ini tidak boleh dihilangkan. Jadilah pribadi yang santun dan ramah di mana saja, karena dua hal inilah yang menjadi daya tarik utama wanita yang membuat pria akan berdecak kagum.

Peringatan Hari Kartini menunjukkan bahwa ada peran besar dari sosok Raden Ajeng Kartini dalam memperjuangkan hak-haknya sebagai wanita. Bukan hanya untuk dirinya, melainkan untuk semua wanita di Indonesia. Oleh karenanya, sudah sepantasnya kita mengenang jasanya dengan menjadi wanita sukses dengan karakter kuat laiknya Ibu Kartini.