Bagikan:

Jelang tahun baru banyak orang beramai-ramai menyiapkan berbagai agenda. Ada yang menyiapkan liburan tahun baru di luar kota bersama keluarga, ada yang sibuk menyelesaikan pekerjaan yang tertunda agar dapat berlibur dengan tenang, ada pula yang mengumpulkan tekad untuk membuat resolusi tahun baru. Setiap awal tahun, resolusi dibuat, tapi terkadang di setiap tahun pula resolusi tersebut tidak dapat tercapai.

Hal ini dapat dikatakan sebagai permasalahan klasik. Ada banyak faktor yang membuat banyak orang tidak dapat mewujudkan resolusi tahun barunya, salah satunya adalah kurangnya komitmen. Nah, jika sampai saat ini Anda kesulitan untuk berkomitmen untuk mewujudkan resolusi tahun baru, ada baiknya Anda simak lima tips berikut:

1. Resolusi Tahun Baru Sebaiknya Tidak Muluk-muluk

Sebelum menuliskan target-target yang harus dicapai di tahun depan, ada baiknya Anda mengukur kemampuan terlebih dahulu. Misalnya, jika salah satu resolusi tahun baru Anda adalah memiliki emas, Anda tidak perlu langsung menggelontorkan uang banyak untuk membeli emas, tetapi bisa pelan-pelan menginvestasikannya. Salah satunya lewat Tabungan Emas dari Pegadaian karena Anda bisa memiliki emas hanya mulai dari Rp 5.000-an atau setara 0,01 gram.

Gegabah dalam berinvestasi, terutama jika Anda belum memiliki pengetahuan tentang investasi yang mendalam, justru akan meningkatkan risiko kerugian. Sebagai pemula, Anda diperbolehkan untuk bermain aman agar dapat belajar dan mengatur strategi selanjutnya.

2. Letakkan Catatan Resolusi Tahun Baru di Tempat-Tempat yang Sering Dilewati

Cara yang satu ini memang terkesan sepele, tapi memiliki efek yang luar biasa. Terkadang, agar mampu berkomitmen dengan tujuan, kita perlu terus-menerus diingatkan. Adanya catatan target resolusi tahun baru ini bisa menjadi penyemangat dan “tamparan” ketika semangat mulai menurun. Tulis resolusi tahun baru di sticky notes, dan tempelkan di titik-titik yang sering Anda tempati atau lewati, seperti meja belajar, meja kantor, pintu lemari es, dan papan jadwal di kamar.

Baca juga  6 Gaya Hidup Orang Sukses yang Bisa Ditiru

3. Bergaul dengan Orang yang Sukses Mencapai Resolusinya

Banyak bergaul atau berdiskusi dengan orang yang mampu mencapai target resolusi tahun baru bisa membuat Anda semakin semangat mewujudkannya. Misalnya, jika Anda bertekad untuk mulai berbisnis di tahun depan, Anda harus mulai banyak belajar dan berdiskusi dengan orang-orang dari latar belakang yang sama yang telah terlebih dahulu terjun di dunia bisnis.

Jika orang-orang di sekeliling tidak ada yang dapat diminta pendapat dan nasihatnya, Anda bisa mencari sosok inspiratif tersebut di forum-forum bisnis di internet. Intinya, cobalah belajar dari pengalaman orang-orang sukses terdahulu tentang bagaimana cara mereka konsisten dalam menjaga komitmen dan tujuan resolusinya.

4. Temukan Cara untuk Mengatasi Tantangan dan Godaan

Alasan utama banyak orang gagal mewujudkan resolusi tahun baru adalah kurangnya tekad untuk mengendalikan diri dari godaan dan tantangan. Sebelum mulai menjalankan resolusi tahun baru, ada baiknya Anda juga mengukur apa saja tantangan dan godaan yang kemungkinan harus dihadapi serta bagaimana cara mengatasinya.

Jika salah satu resolusi tahun baru Anda adalah rajin menabung, Anda harus berhati-hati terhadap godaan untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan. Pesta diskon di pusat perbelanjaan bisa jadi pemandangan yang menyiksa. Nah, saat godaan tersebut mulai datang, coba ingat kembali apa tujuan Anda menabung. Atau, bayangkan jika seandainya Anda atau salah satu anggota keluarga terkena musibah, sedangkan tabungan Anda sudah habis karena digunakan untuk hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu penting. Jangan sampai Anda menyesal karena tidak dapat konsisten dengan komitmen yang Anda buat sendiri.

5. Minta Seseorang untuk Mengevaluasi Perkembangan Pencapaian Resolusi Tahun Baru

Memiliki teman dengan resolusi tahun baru yang sama bisa membuat Anda lebih semangat untuk mewujudkannya. Adanya teman yang memiliki visi dan misi yang sama akan memudahkan Anda untuk mengukur seberapa jauh perkembangan yang dicapai dalam mewujudkan target resolusi tahun baru.

Baca juga  5 Keuntungan Servis Motor Secara Berkala

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Dominican University of California, lebih dari 70 persen responden yang mengirimkan laporan perkembangannya pada seseorang yang mereka percaya terbukti mampu mencapai resolusi tahun barunya.

Bagaimana dengan mereka yang tidak melakukan evaluasi perkembangannya dengan orang lain? Hasilnya, hanya 35 persen yang berhasil mewujudkan resolusi tahun barunya. Nah, jika Anda ingin sukses mewujudkan resolusi tahun baru, jangan ragu mengajak orang terdekat untuk turut mengevaluasi pencapaian Anda.

Seniman legendaris Pablo Picasso pernah berkata:

Tindakan adalah kunci pertama untuk semua kesuksesan.

Jadi, mau sampai kapan membiarkan cita-cita hanya sebatas resolusi? Yuk, bangun dan tunjukkan aksi sekarang juga. Selamat mengawali aksi mewujdukan impian dan cita-cita di tahun 2018!