Bagikan:

Emas adalah logam mulia yang dapat dijadikan modal investasi, baik berupa perhiasan emas maupun emas batangan. Perhiasan emas juga sangat digandrungi kaum Hawa sebagai aksesori untuk mempercantik diri. Nah, pasti akan menyebalkan jika emas yang Anda beli adalah emas yang kualitasnya rendah atau bahkan palsu. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan dijelaskan beberapa tips membeli perhiasan emas, di antaranya:

1. Ketahui Harga Emas Hari Ini

Harga emas selalu berfluktuasi setiap harinya. Belilah emas ketika harganya sedang turun. Anda bisa mengecek harga emas di logammulia.com, pegadaian.co.id atau harga-emas.com. Harga perhiasan emas terdiri dari harga emas per gramnya ditambah dengan ongkos pembuatannya. Ongkos pembuatan ini biasanya bisa ditawar.

2. Pilih Toko yang Memiliki Reputasi Baik

Harga emas dari PT. Antam, melalui situs logammulia.com, memang dijadikan patokan harga emas nasional. Namun, setiap toko emas masih memiliki kebebasan untuk memainkan harga. Hal ini disebabkan harga emas di Indonesia belum mengalami standardisasi. Oleh karena itu, pilihlah toko yang memiliki reputasi yang baik dan dapat dipercaya.

3. Perhatikan Kondisi Perhiasan Emas

Anda juga harus memerhatikan kondisi perhiasan emas yang akan Anda beli. Pastikan tidak ada cacat, seperti goresan, atau cuilan. Pada gelang atau kalung, sebaiknya Anda memilih kunci yang berbentuk S, karena kunci tersebut lebih tahan lama dibandingkan kunci yang ditekan.

Periksa juga apakah perhiasan emas tersebut masih meninggalkan noda-noda hijau atau tidak. Noda hijau berasal dari bahan kimia yang belum dicuci dengan bersih. Pada orang tertentu, noda ini bisa saja menyebabkan alergi.

Kondisi emas ini harus diperiksa dengan saksama karena nantinya akan memengaruhi harga jual emas. Jika memiliki kerabat yang ahli dalam menilai emas, sebaiknya Anda mengajaknya untuk memberi saran.
Selain kondisinya, Anda pun harus memerhatikan model perhiasan emas yang akan Anda beli. Ada baiknya membeli model emas yang trennya tidak akan berubah dalam beberapa tahun ke depan. Hal ini akan memudahkan Anda saat ingin menjual emas.

Baca juga  Manfaat Emas dalam Kehidupan Manusia Selain untuk Investasi

Menurut standar internasional, kadar kemurnian emas adalah sebagai berikut:
a. Komposisi emas 24 karat: emas murni (99.99%);
b. Komposisi emas 22 karat: 91.7% emas dicampur bahan lain 8.3% (biasanya perak);
c. Komposisi emas 20 karat: 83.3% emas;
d. Komposisi emas 18 karat: 75% emas;
e. Komposisi emas 16 karat: 66.6% emas;
f. Komposisi emas 14 karat: 58.5% emas;
g. Komposisi emas 9 karat: 37.5% emas.

4. Membeli Perhiasan Emas Bersertifikat dan Simpan Bukti Pembelian

Ada baiknya Anda membeli perhiasan emas yang memiliki sertifikat. Sertifikat ini membuat harga jualnya akan tetap tinggi. Selain itu, simpan juga bukti pembeliannya untuk memudahkan saat emas akan dijual kembali.

Setelah membeli perhiasan emas, simpanlah di tempat yang benar dan aman. Jika menyimpan di rumah, Anda bisa menyimpannya di dalam kotak perhiasan.