Strategi Kredit Emas
Bagikan:
Aplikasi Sahabat Pegadaian

Pada zaman dahulu, para orang tua sering membeli emas sebagai salah satu bentuk investasi. Terkadang mereka membelinya dalam bentuk kalung, gelang, atau bahkan gigi. Menyimpan emas dinilai lebih efektif untuk menjaga nilai kekayaan dibandingkan dengan menabung dalam bentuk uang.

Ternyata, pelajaran dari orang tua di masa lalu tersebut masih relevan hingga kini. Emas bisa menjadi sarana investasi yang sangat menguntungkan karena harganya yang terus meningkat. Namun, sayangnya harga beli emas yang cukup tinggi membuat tidak semua orang mampu memilikinya.

Sebenarnya, ada cara mudah untuk bisa mendapatkan emas, yakni melalui kredit emas. Jika Anda belum begitu mengenal kredit emas, ada baiknya Anda menyimak beberapa strategi kredit emas yang menguntungkan berikut ini.

  • Rencanakan Keuangan Anda

Berdasarkan beratnya, emas memiliki harga yang berbeda. Semakin berat emas yang Anda beli, harga rata-rata per gram yang Anda dapatkan pun bisa lebih murah. Namun, tentu saja hal yang perlu Anda pertimbangkan adalah ketersediaan dana yang Anda miliki saat ini serta kemampuan untuk membayar cicilan selama beberapa bulan ke depan.

Pastikan dana awal sebagai uang muka dan perkiraan pembayaran cicilan bisa Anda penuhi hingga cicilan emas Anda bisa lunas tepat waktu.

  • Cek Harga Emas

Meskipun cenderung terus mengalami kenaikan, ada kalanya emas juga mengalami penurunan harga. Untuk mendapatkan harga beli yang lebih rendah, Anda perlu rajin-rajin mengecek harga emas melalui situs Pegadaian maupun Aplikasi Sahabat Pegadaian. Saat harga sudah tinggi, Anda mungkin bisa menjualnya. Jadi, untung lebih banyak, kan?

  • Pilih Jangka Waktu Kredit

Semakin panjang jangka waktu kredit, semakin besar pula biaya tambahan yang perlu Anda keluarkan. Nah, supaya tidak dikenai tambahan biaya lebih banyak lagi, sebaiknya Anda memilih kredit emas jangka pendek saja.

  • Kebutuhan Mendesak

Sebelum melunasi cicilan, emas Anda akan tersimpan dengan aman di Pegadaian atau bank tempat Anda mengajukan kredit emas. Nah, apabila sewaktu-waktu Anda membutuhkan dana karena ada kebutuhan yang mendesak, tetapi cicilan kredit emas Anda belum lunas, Anda bisa memanfaatkan dana sejumlah cicilan yang sudah Anda bayar. Dalam hal ini, emas tersebut berperan sebagai jaminan atas pinjaman Anda.

  • Setelah Lunas

Jika sudah berhasil melunasi kredit emas, itu berarti Anda sudah bisa memiliki emas tersebut sepenuhnya beserta sertifikatnya. Supaya emas tersebut aman, Anda bisa memanfaatkan jasa penitipan emas dengan biaya yang sangat terjangkau di Pegadaian.

Setelah itu, Anda bisa memulai kredit emas kembali. Akan tetapi, jika di tengah jalan kekurangan biaya untuk membayar cicilan, Anda bisa menggadaikan emas pertama yang Anda titipkan.

Setelah semua cicilan lunas dan emas yang tergadai terbayar, Anda bisa memulai kredit emas kembali. Dengan demikian, jumlah tabungan emas Anda bisa terus bertambah. Tentu saja, harga emas yang terus meningkat setiap tahun menjadi tanda bahwa nilai tambah investasi Anda juga turut membesar.

Akhirnya, selain bisa menjadi solusi mudah untuk mendapatkan emas, kredit emas juga menjadi jalan bagi Anda yang selama ini kesulitan untuk disiplin menabung atau menyisihkan dana investasi masa depan. Jadi, sudah siapkah Anda berinvestasi?