Bagikan:

Bagi Anda yang memiliki dana lebih atau ingin meningkatkan nilai aset yang Anda miliki, investasi merupakan pilihan terbaik untuk rencana keuangan Anda. Dengan investasi, seseorang bisa mendapatkan keuntungan sesuai yang diharapkan di kemudian hari. Anda juga tidak perlu bingung mengenai instrumen investasi apa yang akan Anda pilih karena saat ini ada beragam instrumen yang tersedia, seperti saham, properti, emas, dan instrumen investasi lainnya dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Bagi Anda yang tertarik dengan investasi emas, Anda perlu mengetahui lebih jauh bahwa investasi emas sendiri saat ini menjadi investasi yang banyak digandrungi oleh masyarakat karena risiko kerugian yang tergolong kecil, salah satunya tahan terhadap laju inflasi. Sehingga bisa dikatakan bahwa investasi emas tergolong menjanjikan karena harga emas yang selalu naik.

Jadi, dengan menginvestasikan dana Anda kedalam bentuk emas, artinya harta Anda akan tetap. Dengan kata lain, harta Anda tidak akan pernah berkurang bahkan akan terus bertambah karena penurunan harga emas yang sangat kecil kemungkinannya.

Dalam menjalani kehidupan ini pun terkadang kita diberi kejutan yang tidak dapat diperkirakan sebelumnya. Anda kapan saja bisa memerlukan dana darurat karena kejadian yang tak terduga itu. Ketika hal tersebut terjadi, Anda pasti membutuhkan uang tunai dalam jumlah yang besar. Apabila Anda memiliki investasi emas, hal itu bisa menjadi penyelamat Anda karena investasi emas bisa dengan mudah dicairkan dalam bentuk uang dengan proses yang cepat.

Program Investasi Emas di Pegadaian

Bagi Anda yang ingin berinvestasi emas, Pegadaian merupakan salah satu tempat di mana Anda bisa berinvestasi. Pegadaian sebagai BUMN yang tidak hanya fokus pada unit usaha simpan pinjam, saat ini juga menyediakan berbagai produk investasi emas. Produk investasi yang tersedia ini pun bisa disesuaikan dengan keperluan dan kemampuan Anda.

Bagi Anda yang ingin mengetahui produk investasi emas apa saja yang ada di Pegadaian, berikut penjelasannya beserta panduan dalam pengajuannya:

Baca juga  Ini Dia Cara Investasi Emas yang Paling Mudah

Produk Investasi Emas Pegadaian bersama MULIA
Anda memiliki dana lebih dan ingin berinvestasi emas? Mulia Tunai dari Pegadaian bisa menjadi pilihan Anda. Melalui produk ini, Anda bisa investasi emas batangan secara tunai dengan cepat dan barang bisa Anda terima di waktu yang sama. Pegadaian melayani penjualan emas batangan kepada masyarakat dengan pilihan investasi mulai dari 1 gr hingga 1 kg beserta sertifikatnya.

Bagaimana jika dana anda terbatas padahal anda ingin berinvestasi emas? Jangan khawatir, di Pegadaian apa pun yang terlihat tidak mungkin bisa menjadi mungkin.

Produk Mulia ini tidak hanya melayani investasi emas dalam bentuk tunai, tetapi juga dalam bentuk Arisan dan Kolektif. Nah, dengan begini Anda bisa mengajak teman-teman arisan maupun grup Anda untuk bersama-sama berinvestasi emas di Pegadaian. Pembelian secara Kolektif dan Arisan sendiri merupakan pembagian modal antara beberapa orang dengan jumlah anggota minimal 6 orang. Untuk Mulia Arisan, uang muka yang harus Anda bayarkan yaitu mulai dari 10% dari harga jual. Sedangkan Mulia Kolektif, uang muka yang harus dibayarkan sebesar 20%.

Anda perlu tahu berbagai keuntungan yang Anda dapatkan dari produk Mulia ini, yaitu, cara pembayarannya yang bisa dilakukan secara online. Pembayaran angsuran ini bisa dilakukan secara online di seluruh outlet Pegadaian dan melalui ATM. Selain itu, pilihan waktu pembiayaan dari MULIA ini yaitu hingga 36 bulan.

Untuk mengikuti layanan Mulia ini, Anda tidak akan dibebankan dengan berbagai persyaratan yang rumit. Cukup dengan menyerahkan fotokopi identitas (KTP/SIM/Paspor) yang masih berlaku, Anda pun sudah bisa berinvestasi di Pegadaian. Bagaimana? Sudah tertarik?

Investasi Emas melalui Tabungan Emas Pegadaian
Sebagian dari Anda mungkin ingin berinvestasi emas, namun tidak menemukan rekan atau keluarga yang bisa diajak untuk investasi emas bersama melalui produk Mulia. Jangan takut, karena di Pegadaian, Anda bisa berinvestasi emas secara personal melalui Tabungan Emas Pegadaian.

Baca juga  Inggris Berpisah dari Uni Eropa (Brexit), Harga Emas pun Kian Naik

Tabungan Emas ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang memiliki dana minim tapi tetap ingin berinvestasi emas. Tapi, Anda harus tahu, Tabungan Emas untuk investasi ini bukan berarti Anda menyetorkan emas untuk ditabungkan di Pegadaian, tetapi Anda tetap menyetorkan sejumlah uang dan uang tersebut akan dikonversi ke dalam bentuk gram emas.

Anda juga tidak perlu cemas mengenai nominal yang harus Anda setorkan untuk bisa menabung emas, karena hanya dengan uang Rp 5.000, Anda sudah bisa menabung emas batangan yang setara dengan 0.01 gram. Namun, Anda baru bisa mencairkan saldo Tabungan Emas mulai dari saldo setara berat 1 gram.

Pegadaian selalu memberi kemudahan untuk Anda dan syarat untuk bisa menabung emas di Pegadaian ini juga cukup ringan, yaitu hanya dengan menyerahkan fotokopi kartu identitas resmi berupa KTP/SIM/Paspor yang masih berlaku.

Satu lagi yang menarik dari Tabungan Emas Pegadaian ini yaitu tersedianya layanan E-Channels yang disediakan untuk memberikan kemudahan bagi setiap nasabah untuk menabung emas di mana saja dan kapan saja. Failitas E-Channels yang tersedia ini meliputi ATM Bank, Internet Banking dan outlet Pegadaian.

Konsinyasi Emas
Sekarang, investasi emas bukan lagi mimpi karena memiliki emas yang menghasilkan juga bisa terjadi. Bagaimana caranya?

Jika Anda menginginkan perputaran modal dari pembelian emas ini, Anda bisa mewujudkannya melalui produk pegadaian lainnya yaitu, Konsinyasi Emas. Cara kerja Konsinyasi Emas Pegadaian ini memanfaatkan emas yang Anda miliki menjadi menghasilkan dengan cara titip jual.

Pada layanan ini, bila emas batangan yang Anda miliki dititipkan ke Pegadaian dan ada seseorang yang ingin membeli emas batangan, maka emas Anda akan dijual terlebih dahulu dan Anda akan mendapatkan bagi hasil keuntungan dari penjualan ini. Selain menghasilkan keuntungan yang kompetitif, emas yang Anda titip akan aman dan diasuransikan. Sangat menguntungkan sekali, kan?

Adapun salah satu syarat agar bisa mengikuti Konsinyasi Emas yaitu menyerahkan fotokopi identitas diri yang masih berlaku, mengisi dokumen pengajuan konsinyasi, dan kwitansi pembelian emas atau berita acara serah terima emas yang dibeli di Pegadaian. Dengan kata lain, emas yang Anda titipkan harus dibeli dari Pegadaian.

Baca juga  Cara Mendeteksi Emas Asli atau Palsu

Melihat Lebih Dekat Investasi Emas Pegadaian
Walaupun emas menjadi investasi yang banyak diminati para investor, kita tahu bahwa setiap jenis instrumen investasi memiliki keuntungan dan kerugiannya masing-masing, termasuk investasi emas ini.

Di balik investasi emas yang memiliki sejumlah keuntungan dan kerugian, ternyata lembaga di mana Anda berinvestasi emas itu juga memiliki keuntungan dan kerugiannya masing-masing, termasuk Pegadaian.

Pegadaian sendiri merupakan lembaga resmi yang dikenal memiliki kredibilitas baik. Sebagai BUMN, sejumlah keuntungan yang didapat apabila Anda berinvestasi emas di Pegadaian yaitu, adanya jaminan legalitas karena merupakan lembaga resmi dari negara dan Pegadaian menjamin keamanannya dengan dibuktikan tidak adanya pelanggaran hukum yang pernah terjadi selama ini.

Dari kelebihan yang Anda dapatkan dari investasi emas Pegadaian ini, Anda juga harus menilik lebih jauh mengenai kekurangannya. Anda perlu tahu bahwa pergerakkan kurs tidak hanya membawa keuntungan bagi para investor emas karena jumlah yang akan mereka dapatkan cukup banyak. Tapi, Anda juga harus mengetahui apabila harga emas sedang naik ketika investor menabung emas, besar kemungkinan jumlah yang akan didapatkan lebih kecil

Sebenarnya, investasi apapun yang Anda pilih menuntut Anda untuk memiliki bekal pengetahuan dan perkembangan mengenai instrumen investasi itu sendiri. Anda juga harus mengetahui sifat dari tempat Anda berinvestasi emas, termasuk Pegadaian. Kejelian Anda terhadap pergerakan harga emas sangat diperlukan agar Anda tahu kapan waktu yang tepat untuk menjual atau membeli emas di Pegadaian.

Demikianlah ulasan mengenai panduan investasi emas Pegadaian, mulai dari pilihan produk apa saja yang tersedia dan cara mengajukannya, serta ulasan tentang kelebihan dan kekurangan yang di dapatkan ketika berinvestasi di Pegadaian. Selamat berinvestasi emas!